Ariqah Alifia | IG Ariqah Alifia

Uswah

Berani Bergegas untuk Memulai

Ada banyak kendala yang dilalui untuk menggapai prestasi.

OLEH UMAR MUKHTAR

Ada sebuah ungkapan “theres is a will, there is a way”. Ada kemauan, pasti ada jalan. Kata-kata ini menjadi gambaran kala Ariqah melewati jalan berliku dalam meraih prestasi membanggakan pada kontes kecantikan wanita Muslimah.

Ariqah Alifia, nama lengkapnya. Berawal dari ketidaksengajaan saat scroll Instagram, dia berhasil meraih runner up 1 dalam ajang Miss Hijab DKI Jakarta 2022. Namun, prestasi ini sejatinya datang bukan karena tidak sengaja melihat info dibukanya ajang tersebut.

Jauh sebelum itu, saat masih mengenyam pendidikan SMA, menjadi duta adalah salah satu target yang perlu dicapai Ariqah pada masa kuliah. Benar saja, ketika menemukan informasi ajang Miss Hijab DKI Jakarta 2022 di Instagram, sontak dia menjadi sangat antusias.

"Ini salah satu target di masa kuliah yang sudah diincar ketika SMA, walaupun sempat terkubur karena beberapa hal. Sampai akhirnya saya daftar dan mengikuti seleksi pertama dengan model PD (percaya diri). Alhamdulillah, lolos dan masuk ke tahap grand final," kata mahasiswi berparas manis ini.

Kesempatan memang telah terbuka untuk Ariqah, kata bukan berarti tanpa rintangan. Dia mengakui, ada banyak kendala yang dilalui selama proses mengikuti ajang tersebut. Apalagi, ini merupakan pengalaman pertamanya. Berbeda dengan peserta lain yang setidaknya telah memiliki dasar dalam mengikuti kontes kecantikan.

 

 

Awali segalanya dengan niat baik dan harapan keberkahan

 

ARIQAH ALIFIA
 

 

Saat pra-event, mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini bahkan belum tahu ke mana harus mencari kostum yang sesuai ketentuan. Hingga dia mencari sponsor pribadi dan secara autodidak ia juga mempelajari berbagai hal yang terkait dengan kontes kecantikan. "Pada akhirnya, semua kembali, there is a will, there is a way," ujarnya.

Satu prinsip yang betul-betul Ariqah pegang, yaitu “Berani, gegaskan untuk mengawal!” Baginya, keberanian untuk memulai adalah motivasi yang menjadi penyokong untuk melangkah. Ketika kunci utama keberanian ini dibisukan, yang terjadi sekarang ataupun nanti tentu akan lain cerita.

Ariqah juga berpegang teguh pada niat baik dan harapan menggapai keberkahan. Melalui kontes kecantikan Miss Hijab DKI Jakarta 2022, dia hanya ingin menemukan pengalaman sebagai pijakan untuk langkah selanjutnya. Ia juga meyakini perjalanan dan pengalaman yang telah didapatkan dari kontes tersebut tidak bisa dinilai dengan sesuatu apa pun itu.

"Yang pasti, jangan lupa awali segalanya dengan niat baik dan harapan keberkahan. Keinginan saya untuk menambah pengalaman di masa muda ini, yang saya rasa kisah pengalaman ini nggak bisa saya beli atau ditukarkan dengan apa pun nantinya," katanya.

Menang atau kalah, itu urusan belakangan. Sebab, yang terpenting sebagaimana kata motivasinya: berani. "Entah menang atau kalah, itu menjadi kisah selanjutnya dalam ajang ini. Alhamdulillah diberi bonus, ditakdirkan untuk menjadi runner up 1 Miss Hijab DKI Jakarta. Ini sebuah prestasi dan amanah bagi saya," ujarnya.

Kiprah Ariqah di kontes kecantikan Muslimah tidak lepas dari kesenangannya dalam dunia komunikasi. Ini diawali ketika dia menempuh pendidikan SMA di pondok pesantren. Saat itu, ia sering diberi amanah untuk menjadi MC atau pembawa acara dalam berbagai acara pondok.

Bahkan, Ariqah juga ambil bagian dalam penyiaran asrama yang setiap harinya berhubungan dengan mikrofon. "Akhirnya tanpa disadari, ini menjadi passion yang saya sukai dan akhirnya kuliah pun mengambil jurusan komunikasi dan penyiaran Islam," ujarnya.

Ariqah juga percaya, apa yang diraihnya sekarang tentu berkat doa orang tua. "Saya disekolahkan di sekolah Islam, yang pada realitanya, kalau kita lihat, banyak sekolah umum yang lebih murah. Tetapi pasti harapannya yang terbaik dan karena bagi mereka, pendidikan merupakan sebuah investasi," katanya.

"Dalam bidang prestasi, saya ingin lulus kuliah dengan predikat cumlaude kelak. Dan bisa melanjutkan S-2 di luar negeri. Jika belum berhasil, setidaknya bisa jalan-jalan ke luar negeri nantinya," kata Ariqah, saat menyampaikan target yang ingin dicapainya di masa mendatang.

PROFIL SINGKAT

- Runner up 1 Miss Hijab DKI Jakarta 2022
- Public Speaker (Host, MC dan Presenter)
- Voice Over Talent
- Journalist
- Talent Management di DNK TV

 

Makna Esoteris Kumandang Azan (1)

Azan adalah panggilan sakral, kerinduan seorang manusia kepada Tuhannya.

SELENGKAPNYA

Masjid Agung Sumenep, Warisan Sejarah di Madura

Masjid Agung Sumenep yang berdiri sejak 1779 ini memadukan pelbagai gaya arsitektur.

SELENGKAPNYA

Sejarah di Rabiul Akhir

Dalam penanggalan Hijriyah, Rabiul Akhir merupakan bulan keempat.

SELENGKAPNYA