Penjaga stan menata kain batik lasem saat pameran produk lokal Indonesia, di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (6/10). | ANTARA FOTO

Ekonomi

Republika Gelar Anugerah Cinta Indonesia 2022

Ajang Anugerah Cinta Indonesia 2022 akan dihadiri Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir.

JAKARTA -- Keberpihakan terhadap hasil karya bangsa pun tak luput dari perhatian Republika Group. Komitmen ini ditunjukkan lewat ajang Anugerah Cinta Indonesia 2022 yang mengambil tema #CintaIndonesia di Ballroom Four Season Hotel, Jakarta, Kamis (27/10).

Republika Group mendukung upaya pemerintah menguatkan struktur industri dalam negeri dan mengurangi ketergantungan pada produk impor.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi menyampaikan, komitmen untuk terus menambah kadar komponen dalam negeri sangat bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Republika berupaya terus supaya penggunaan kandungan lokal dalam industri nasional makin tinggi. Dengan demikian, diharapkan akan mengurangi ketergantungan terhadap impor.

Gelaran Anugerah Cinta Indonesia diharapkan bisa menjadi stimulan bagi industri nasional untuk berlomba-lomba menambah tingkat kandungan dalam negeri. "Ini adalah gelaran pertama yang rencananya akan kami langsungkan secara rutin setiap tahun," kata Irfan di Jakarta, Rabu (26/10).

Pemerintah menargetkan nilai tingkat komponen dalam negeri (TKDN) rata-rata 43,3 persen pada 2020 dan naik menjadi 50 persen pada 2024, seperti tertuang dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM) 2020-2024. Untuk mendorong terserapnya produk lokal, pemerintah mengeluarkan regulasi untuk optimalisasi penggunaan barang dengan standar TKDN.

Regulasi tertuang dalam UU Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian dan PP Nomor 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri. Program penggunaan produk dalam negeri wajib didukung berbagai instansi pemerintah, seperti kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, BUMN, serta BUMD yang melakukan pengadaan barang dan jasa melalui pembiayaan APBN, APBD, ataupun hibah.

 
 
Republika berharap pemenang Anugerah Cinta Indonesia 2022 menjadi contoh implementasi serapan TKDN dalam mendukung upaya membangun kemandirian bangsa.
 
 

Ajang Anugerah Cinta Indonesia 2022 akan dihadiri Menteri BUMN Erick Thohir, dan sejumlah direktur BUMN. Selain penganugerahan ke sejumlah BUMN, ajang ini menghadirkan pameran foto hingga atraksi seni dan penampilan musik yang dimeriahkan penyanyi Farel Prayoga.

"Republika berharap pemenang Anugerah Cinta Indonesia 2022 menjadi contoh implementasi serapan TKDN dalam mendukung upaya membangun kemandirian bangsa," kata Irfan.

Anggota Tim Juri Anugerah Cinta Indonesia 2022 Nur Hasan Murtiaji mengatakan, Anugerah Cinta Indonesia merupakan ajang untuk mengapresiasi ikhtiar BUMN dalam pemenuhan TKDN. Ada beberapa perusahaan BUMN yang masuk penilaian tim juri. "Mereka kami nilai telah melaksanakan kepatuhan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) minimal 25 persen," kata Nur Hasan.

Beberapa perusahaan BUMN yang masuk penilaian itu kemudian dibagi dalam sepuluh kategori. Pada masing-masing kategori, ada satu pemenang. Kategori tersebut adalah Industri Manufaktur, Sektor Pertambangan, Sektor Kesehatan, Sektor Jasa Keuangan, Jasa Infrastruktur, Industri Pertahanan, Jasa Telekomunikasi, Sektor Pertanian dan Perkebunan, serta Sektor Perhubungan dan Transportasi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republika Online (@republikaonline)

"Salah satu parameter penilaian dari analisis penerapan P3DN yang dilakukan. Mulai dari kebijakan, pembentukan tim, perencanaan, dan pengawasan di masing-masing perusahaan," kata dia.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

‘Hapus Syarat Vaksin Meningitis Jamaah Umrah’

Vaksin meningitis berbayar dan diwajibkan kepada calon jamaah umrah dengan bukti kartu kuning.

SELENGKAPNYA

GoTo Upayakan Stabilisasi Harga Saham

Bobot GoTo terhadap IHSG sangat berpengaruh.

SELENGKAPNYA

Telkom Diminta Tetap Fokus pada Ekosistem Digital

Telkom memiliki infrastruktur jaringan serat optik mencapai 171.654 km.

SELENGKAPNYA