Xavi Hernandez | EPA-EFE/Alejandro Garcia

Sepak Bola

Barcelona di Ujung Tanduk

Hanya kemenangan yang akan membuka harapan Blaugrana lolos dari grup maut ini.

BARCELONA -- Barcelona berada dalam tekanan wajib menang ketika menjamu Inter Milan pada pertandingan keempat penyisihan Grup C Liga Champions di Stadion Camp Nou, Kamis (13/10) dini hari WIB. Hanya kemenangan yang akan membuka harapan Blaugrana lolos dari grup maut ini. Seri apalagi kalah, akan jadi bencana.

Barcelona duduk di urutan ketiga klasemen Grup C dengan nilai tiga dari tiga pertandingan. Memulai turnamen dengan kemenangan 5-1 atas Viktoria Plzen, Barcelona kalah 0-2 dari Bayern Muenchen dan Inter Milan 1-0 pada dua laga berikutnya. Barcelona terpaut tiga angka di bawah Inter yang ada di posisi kedua dan enam poin dari pemuncak klasemen Muenchen.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by FC Barcelona (@fcbarcelona)

Dengan perhitungan Muenchen hampir pasti bisa memetik kemenangan atas Plzen, kalah dari Inter akan memastikan Barcelona tersingkir. Tim asal Katalunya itu jelas tak ingin mengulangi kejadian musim lalu ketika mereka harus tersingkir dalam babak penyisihan sehingga harus bermain di Liga Europa. Kemungkinan itu berpeluang terulang kali ini jika tak waspada.

Sergio Busquets dan kawan-kawan menyadari pentingnya kemenangan saat menyambut Nerazzurri. Catatan tak pernah kalah di semua kompetisi sejak Mei jika bermain di Camp Nou dapat menjadi modal bagi Barcelona mendulang tiga poin.

Penampilan Blaugrana di liga domestik luar biasa dengan mengemas tujuh kemenangan beruntun ketika mengalahkan Celta Vigo 1-0, akhir pekan kemarin. Mereka ada di puncak klasemen sementara La Liga, memiliki nilai sama dengan Real Madrid, yakni 22 poin, tapi unggul dalam perhitungan gol. Kebetulan, Barcelona akan menghadapi rival abadinya tersebut dalam duel bertajuk El Clasico, akhir pekan nanti.

Meski akan menghadapi pertandingan penuh gengsi melawan Madrid, fokus Barcelona dipastikan ke Inter. Pelatih Xavi Hernandez bakal menyiapkan tim terbaik untuk mengamankan kemenangan dari tamunya sebelum mengalihkan fokus ke El Clasico.

 
 
Sekarang saya sedang mempersiapkan diri untuk Inter.
 
 

Xavi mengakui tugas berat akan dihadapinya dalam dua pertandingan berikutnya usai menang atas Celta Vigo. Ia tak menampik bahwa El Clasico akan menjadi pertarungan sangat penting untuk menjaga posisi klasemen La Liga dari Madrid. Namun, ia menegaskan, laga kontra Inter lebih utama sekarang.

“Sekarang saya sedang mempersiapkan diri untuk Inter,” kata Xavi dikutip dari Football Espana, Selasa (11/10).

Dilansir dari Sportsmole, tuan rumah akan tanpa Franck Kessie, Andreas Christensen, Hictor Bellerin, Ronald Araujo, Memphis Depay, dan Jules Kounde. Adapun Frenkie de Jong telah kembali dari cedera. Xavi kemungkinan akan mengubah susunan pemain dengan Ousmane Dembele, Ansu Fati, Sergi Roberto, dan Eric Garcia dipasang menjadi starter.

Marcos Alonso dapat dimainkan sebagai bek kiri dan Gerard Pique akan bergabung dengan Garcia di bek tengah. Namun, mungkin ada perubahan di lini tengah, yakni Gavi, Pedri, dan Sergio Busquets akan menjadi starter. Sementara, di depan Robert Lewandowski diharapkan menemukan ketajamannya setelah melempem di kandang Inter.

 
 
Anda harus positif, terutama ketika tim menang. Cepat atau lambat gol akan datang dan saya harap itu segera terjadi di Camp Nou.
 
 

Di kubu Inter, kemenangan atas Barcelona tengah pekan lau dan keberhasilan mengalahkan Sassuolo di Seri A cukup memberikan kepercayaan diri saat bertandang ke Camp Nou. Kemenangan dalam dua laga tersebut sedikit menurunkan tekanan kepada pelatih Simone Inzaghi. Ia diperkirakan lebih tenang meracik strategi melawan salah satu tim terbaik dunia ini.

Langkah Inter di Liga Champions musim lalu hanya sampai babak 16 besar setelah disingkirkan Liverpool. Inter menelan kekalahan 2-1 saat terakhir kali bertandang ke Camp Nou pada penyisihan grup musim 2019/2020. Namun, masih ada celah mengalahkan lawan di kandangnya karena Barcelona kalah tiga kali dalam enam pertandingan Liga Champions terakhir di depan pendukungnya sendiri.

Striker Inter Milan Edin Dzeko ingin rekannya di lini depan, Lautaro Martinez, menemukan bentuk permainan terbaiknya melawan Barcelona. Martinez tengah paceklik gol dan mendapatkan sorotan penggemar. Namun, Dzeko yang memborong dua gol Inter saat menang atas Sassuolo meminta semuanya bersabar.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Inter (@inter)

“Hal-hal seperti ini terjadi pada kami sebagai striker. Anda harus positif, terutama ketika tim menang. Cepat atau lambat gol akan datang dan saya harap itu segera terjadi di Camp Nou,” kata Dzeko dikutip dari Sempreinter.

Di kubu Inter, Dalbert, Marcelo Brozovic, Alex Cordaz, Joaquin Correa, dan Gabriel Brazao tetap absen. Romelu Lukaku berpeluang dimainkan setelah pulih dari cedera otot meski tak dipertimbangkan sebagai starter. Dzeko dan Martinez diperkirakan akan menjadi andalan lini depan Inter. n ed: israr itah

Fakta Angka

  • 6 - Barcelona memenangkan enam pertandingan kandang terakhir melawan Inter Milan di semua kompetisi.
  • 2 - Barcelona setidaknya mencetak setidaknya dua gol dalam lima dari enam pertandingan kandang terakhir melawan Inter di semua kompetisi.

 

Prediksi Susunan Pemain Barcelona Vs Inter Milan

  • Barcelona (4-3-3): Marc-Andre Ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Eric Garcia, Marcos Alonso; Gavi, Sergio Busquets, Pedri; Ousmane Dembele,  Roberts Lewandowski, Ansu Fati. Pelatih: Xavi Hernandez
  • Inter Milan (3-5-2): Andre Onana; Milan Skriniar, Stefan De Vrij, Alessandro Bastoni; Denzel Dumfries, Nicolo Barella, Hakan Calhanoglu, Henrikh Mkhitaryan, Federico Dimarco; Lautaro Martinez, Edin Dzeko. Pelatih: Simone Inzaghi

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

TGIPF: PSSI Enggan Bertanggung Jawab

Beberapa korban masih ada yang mengalami luka-luka akibat efek semprotan gas air mata.

SELENGKAPNYA

Petani Tunda Menanam karena Cuaca Ekstrem

Cuaca ekstrem sepekan terakhir memicu bencana hidrometeorologi di sejumlah daerah.

SELENGKAPNYA

'Tak Ada Negara Kendalikan Inflasi Seperti Indonesia'

Jokowi menyebut sudah ada 28 negara yang mengantre untuk mendapatkan bantuan IMF.

SELENGKAPNYA