Pemain Napoli merayakan kemenangan 4-1 atas Liverpool saat penyisihan Grup A Liga Champions. | EPA-EFE/CIRO FUSCO

Sepak Bola

Liverpool Merana, Lewandowski Ukir Rekor 

Kekalahan kali ini menjadi yang terburuk bagi Liverpool dalam ajang Liga Champions. 

NAPOLI -- Wajah sendu para pemain Liverpool terhias usai dikalahkan Napoli 1-4 pada penyisihan Grup A Liga Champions di Stadion Diego Armando Maradona, Kamis (8/9) dini hari WIB. Kekalahan ini menjadi yang terburuk bagi the Reds pada ajang Si Kuping Besar sejak kali terakhir terjadi pada 1966 saat digilas Ajax Amsterdam 1-5.

Sebaliknya, wajah ceria terpancar dari Robert Lewandowski ketika gol hattrick yang disarangkannya ke gawang Viktoria Plzen membawa Barcelona menang 5-1. Penyerang asal Polandia itu menempatkan namanya sebagai pemain pertama yang mencetak hattrick di Liga Champions dengan tiga klub berbeda. Selain Barcelona, Lewandowski pernah mengukirnya bersama Borussia Dortmund dan Bayern Muenchen. 

Pelatih Liverpool Juergen Klopp mengakui penampilan timnya sangat buruk. Ia pun tidak menyangka akan menerima kekalahan sebesar ini dari wakil asal Italia tersebut. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Liverpool Football Club (@liverpoolfc)

"Sepertinya kami harus menemukan diri kami sendiri. Ada banyak hal yang kurang dan kami harus membenahi semuanya di tengah perjalanan kompetisi Liga Inggris dan Liga Champions. Kami harus menemukan kembali permainan terbaik kami dalam segala hal," kata Klopp menegaskan, dilansir laman resmi UEFA, Kamis (8/9).

Secara keseluruhan, hasil negatif kontra Napoli ini menjadi kekalahan kedua the Reds musim ini di semua ajang. Kekalahan pertama dialami saat berhadapan dengan dari rival abadinya, Manchester United (MU), di Liga Primer Inggris.

Dalam laga ini, Liverpool yang dibuat luluh lantak sejaki babak pertama usai dibobol Piotr Zielinski, Andre Zambo Anguissa, dan Giovanni Simeone. Selanjutnya, Zielinski kembali menorehkan namanya di papan skor pada interval kedua.

Sedangkan, gol semata wayang the Anfield Gank dicetak oleh penyerang sayap kiri, Luis Diaz, yang membuat skor berakhir dengan skor 1-4.

 
 
Hari ini ulang tahun istri saya, jadi gol itu untuknya. Fakta bahwa dia berada di stadion pada hari ulang tahunnya, itu sangat berarti. Sesuatu yang luar biasa bagi saya.
 
 

Pahlawan kemenangan Napoli, Piotr Zielinski, mengatakan, kemenangan yang dicapai timnya merupakan pertandingan sempurna. Baginya, Napoli bermain dengan intensitas tinggi dan setiap individu menunjukkan kerja keras agar bisa memberikan kemenangan berarti di hadapan pendukung sendiri.

"Hal yang membuat saya senang adalah kinerja tim yang kami lakukan dengan baik dan pantas untuk menang," kata pesepak bola asal Polandia.

Berkat hasil itu, Napoli sementara menduduki kursi kedua klasemen Grup A mengumpulkan nilai tiga sama dengan milik Ajax Amsterdam.

Di sisi lain, persaingan awal grup neraka alias Grup C Barcelona sukses menggagahi Viktoria Plzen dengan skor 5-1 di Estadio Camp Nou. Penyerang Robert Lewandowski mencatat hattrick pertamanya setelah resmi berkostum Los Azulgrana.

Dengan tambahan tiga gol, Lewandowski sudah mengemas delapan gol dari empat pertandingan terakhirnya untuk Barcelona. Ia juga mencatatkan rekor baru di Liga Champions sebagai pemain pertama yang mencetak hattrick di Liga Champions dengan tiga klub berbeda.

Setelah pertandingan, Lewandowski bersyukur. Ia mempersembahkan momen istimewa ini untuk pendamping hidupnya.

"Hari ini ulang tahun istri saya, jadi gol itu untuknya. Fakta bahwa dia berada di stadion pada hari ulang tahunnya, itu sangat berarti. Sesuatu yang luar biasa bagi saya," kata penyerang asal Polandia ini, dikutip dari laman UEFA.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by FC Barcelona (@fcbarcelona)

Sementara itu, Bayern Muenchen sukses mempermalukan Inter Milan 0-2 di Stadion Giuseppe Meazza. Dua gol kemenangan Bayern itu disumbangkan oleh Leroy Sane dan gol bunuh diri dari Danilo D'Ambrosio.  

Lalu, partai dramatis juga terjadi di ibu kota Spanyol saat Atletico Madrid memenangkan laga 2-1 melawan FC Porto. Tiga gol kedua tim tercipta pada menit injury time lewat Mario Hermoso, Mateus Uribe, dan Antoine Griezmann.

Adapun Tottenham Hotspur menjadi tim kedua asal Inggris selain Manchester City yang memetik kemenangan pada partai perdana fase grup usai meredam permainan tim tamu Olympique Marseille dengan skor 2-0.

 

Buangan Spurs yang Mengganas Bersama Sporting CP 

Nama Marcus Edwards terkenal di kalangan penggemar Sporting CP. Itu berdasarkan laporan dari laman BBC Sports. Pertanyaannya, siapakah Edwards ini? Rupanya sosok 23 tahun itu merupakan pesepak bola asal Inggris yang kini berpetualang di Portugal. Ia memperkuat Sporting Lisbon sejak Januari 2022.

Pada masa lalu, ia menimba ilmu di akademi Tottenham Hotspurs. Tepatnya dari 2006 hingga 2015. Kemudian, sejak 2015 sampai 2019, ia berada di tim utama Spurs.

 
 
Kualitasnya. Terlihat dari tubuhnya dan cara dia bermain sedikit mengingatkan saya pada Messi di awal kemunculan.
 
 

Sayangnya, Edwards tidak pernah diturunkan di Liga Primer Inggris. Situasi ini sangat kontras dengan pernyataan eks pelatih Tottenham, Mauricio Pochettino. Saat masih bertugas, Pochettino pernah membandingkan mantan pemainnya itu dengan kompatriotnya dari Argentina, Lionel Messi.

"Kualitasnya. Terlihat dari tubuhnya dan cara dia bermain sedikit mengingatkan saya pada Messi di awal kemunculan," kata Poche, dikutip dari BBC, beberapa waktu lalu.

Faktanya, ia enggan memaksimalkan potensi Edwards. Sang winger lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Norwich City dan Exelsior pernah menjadi pelabuhan pria kelahiran Enfield, London Utara, itu.

Berjalannya waktu, Edwards menemukan rumah baru. Pada 2019 hingga 2022, ia memperkuat Vitoria de Guimaraes. Teranyar, ia merapat ke kubu hijau putih.

Bersama Sporting, Edwards baru saja menampilkan performa luar biasa pada matchday perdana Grup D Liga Champions musim 2022/23. Ia membantu timnya mengalahkan tuan rumah Eintracht Frankfurt tiga gol tanpa balas di Deutsche Bank Park, Kamis (8/9) dini hari WIB. Sosok bernomor punggung 10 itu mencetak satu gol dan menyumbang sebiji assist dalam pertandingan tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tottenham Hotspur (@spursofficial)

Oleh tim teknis UEFA, ia terpilih sebagai man of the match. Ia dinilai menunjukkan ketenangan luar biasa saat beroperasi di kotak penalti lawan. Itu menjadi kunci kemenangan Raksasa Portugal di ranah Jerman.

"Kami melakukan lebih baik pada babak kedua. Tiga poin yang bagus untuk kami," ujar Edwards, setelah duel berlangsung, dikutip dari UEFA.com.

Dalam catatan Opta Joe, ia menjadi pemain Inggris kelima yang mencetak gol di Liga Champions untuk klub non-Inggris. Itu terhitung sejak musim 2018/19. Sebelumnya, ada Jadon Sancho (Borussia Dortmund), Jude Bellingham (Dortmund), Fikayo Tomori (AC Milan), serta Angel Gomes (Lille).

Pada pertengahan pekan depan, Sporting akan menjamu Tottenham di Estadio Jose Alvalade. Itu menjadi partai emosional untuk Edwards. Menarik dinantikan bagaimana aksinya saat menghadapi eks klubnya.

 

Hasil Lengkap Pertandingan Liga Champions, Kamis dini hari WIB:

  • Ajax Amsterdam 4-0 Glasgow Rangers 
  • Eintracht Frankfurt 0-3 Sporting
  • Napoli 4-1 Liverpool
  • Atletico Madrid 2-1 Porto
  • Club Bruges 1-0 Bayer Leverkusen
  • Barcelona 5-1 Viktoria Plzen
  • Inter Milan 0-2 Bayern Muenchen
  • Tottenham Hotspur 2-0 Marseille

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Persita Targetkan Poin Lawan Borneo

Tidak ada tim di Liga 1 yang punya kekuatan terlalu jauh dibandingkan tim-tim lainnya.

SELENGKAPNYA

Graham Potter Kandidat Terkuat Pelatih Chelsea

Negosiasi positif antara Chelsea dan Potter ini tentu membuat nama Zidane dan Pochettino dicoret.

SELENGKAPNYA

Solar untuk Nelayan Dimulai Pekan Depan

Setelah dimulai di Cilacap, program Solusi akan menjangkau enam titik lain.

SELENGKAPNYA