Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr | AP/Andrew Harnik/AP Pool

Internasional

Presiden Filipina Ancam Pejabatnya yang Impor Gula

Ancaman pemecatan adalah langkah hukuman terberat yang dapat diambil oleh Macros jika terjadi kekacauan pada awal masa jabatan enam tahunnya.

 

MANILA -- Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. mengancam akan memecat pejabat tinggi pertanian. Juru bicara presiden Trixie Cruz-Angeles mengatakan pada Kamis (11/8), pemecatan dilakukan jika para pejabat terbukti mengimpor gula di tengah kekurangan gula tanpa seizin presiden.

Ancaman pemecatan adalah langkah hukuman terberat yang dapat diambil oleh Macros jika terjadi kekacauan pada awal masa jabatan enam tahunnya. Dia menjabat pada 30 Juni setelah kemenangan telak dalam pemilihan umum dan mewarisi masalah yang menakutkan.

Menurut Cruz-Angeles, ada resolusi yang mengizinkan impor 300.000 metrik ton gula oleh lembaga Sugar Regulatory Board yang dipimpin Marcos Jr. Marcos Jr memang sementara ini mengambil alih kepemimpinan di Departemen Pertanian. Ini ia lakukan karena krisis pangan yang mengancam dan meroketnya harga komoditas yang sebagian dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Sedangkan resolusi itu dimuat di laman resmi badan tersebut pada Rabu (10/8). Namun, Cruz-Angeles mengatakan, sang presiden tidak pernah menyetujui resolusi itu.

photo
Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. memeriksa pasukan dalam acara penyerahan jabatan panglima militer di Markas Militer Camp Aguinaldo Senin (8/8/2022). - (AP/Ezra Acayan/Pool Getty Images)

"Resolusi ini ilegal. Penyelidikan sedang berlangsung untuk menentukan untuk menemukan penyelewengan yang menyebabkan presiden kehilangan kepercayaan kepada para pejabatnya atau apakah ada niat jahat maupun kelalaian," ujar Cruz-Angeles.

Resolusi itu diketahui ditandatangani oleh wakil menteri pertanian dan pejabat lain yang sedang diselidiki. Kini dokumen itu dicopot dari laman Sugar Regulatory Board pada Kamis.

"Jika ada temuan tersebut, maka satu-satunya penentuan yang tersisa adalah berapa banyak pihak yang akan kehilangan pekerjaan,” kata Cruz-Angeles.

Kekurangan gula dan kenaikan harga yang cepat sebagian besar disebabkan oleh kerusakan akibat topan kuta pada  ladang tebu, pabrik penggilingan, dan penyulingan pada Desember lalu. Pejabat terkait telah memilih untuk mengamankan impor gula tambahan untuk meredakan krisis dan mencegah negara kehabisan pasokan.

 
Kekurangan gula dan kenaikan harga yang cepat sebagian besar disebabkan oleh kerusakan akibat topan kuta pada  ladang tebu, pabrik penggilingan, dan penyulingan pada Desember lalu.
 
 

Tapi Marcos Jr menolak proposal tersebut. Cruz-Angeles menyatakan, keputusan untuk mengimpor gula harus dipelajari untuk mencapai keseimbangan antara melindungi konsumen dari kenaikan harga sambil memastikan tidak menghancurkan industri lokal. Terlebih lagi musim panen juga akan segera datang.

Marcos Jr mewarisi ekonomi yang masih dipengaruhi pandemi. Saat ini ancaman virus korona yang masih ada, kemiskinan yang parah, pemberontakan selama beberapa dekade, dan masalah hukum serta ketertiban.

Masalah baru muncul ketika terjadi perpecahan politik yang dikobarkan oleh pemilihan umum baru-baru ini yang mengantarkannya ke posisi sekarang. Sesuai peraturan, presiden Filipina yang terpilih hanya boleh menjabat sekali untuk masa jabatan enam tahun. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat