Suporter PSM Makassar. | ANTARA FOTO/Arnas Padda

Sepak Bola

PSM Butuh Dukungan Masyarakat Indonesia di Piala AFC

Kedah disebut tim yang kuat dan terbukti ketika lolos ke babak semifinal dengan status juara grup.

JAKARTA -- PSM Makassar akan menjamu perwakilan Malaysia, Kedah Darul Alam FC, di babak semifinal Piala AFC 2022 Zona ASEAN di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada Selasa (9/8) malam WIB. Laga hidup-mati ini menjadi penentu bagi kedua tim untuk melaju ke babak final AFC Cup Zona ASEAN. Ini merupakan pertemuan pertama bagi kedua tim.

Tim berjuluk Juku Eja lolos ke babak semifinal sebagai juara Group H dengan perolehan empat poin dari satu kemenangan dan sekali imbang. Begitu juga Kedah yang mempunyai julukan sang Kenari, mereka lolos sebagai juara Grup G dengan enam poin dari dua kemenangan dan satu kali imbang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PSM Makassar (@psm_makassar)

Pelatih PSM Bernardo Tavares memprediksi pertandingan akan berlangsung sengit karena kedua tim sama-sama ingin memastikan kemenangan demi melaju ke babak selanjutnya. Dia mengakui, Kedah punya waktu persiapan lebih banyak, tapi itu tidak akan mengurangi motivasi tim untuk menang.

"Mereka punya waktu lebih banyak untuk istirahat. Tapi, saya berharap ini tidak terlalu menimbulkan perbedaan yang besar dalam fisik pemain nantinya. Saya yakin pemain punya ambisi yang kuat untuk mendapatkan hasil yang baik di pertandingan besok," kata Tavares dalam konferensi pers Senin (8/8).

PSM hanya punya waktu empat hari sebelum bertanding lawan Kedah. Sebelumnya, Willem Jan Pluim dkk menjamu Persija Jakarta pada pekan ketiga BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion BJ Habibie, Parepare, Jumat (5/8), yang berakhir imbang dengan skor 1-1. Tapi, itu menjadi catatan bagus karena mereka mampu mempertahankan rekor tak terkalahkan sejak awal musim.

"Kuncinya ada pada pemain, jadi pemain yang mengeksekusi semuanya di lapangan. Saat pemain bahagia dan termotivasi, mereka akan melakukan semuanya," kata Tavares.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kedah Darul Aman Football Club (@kedahdarulamanfc)

Selain itu, Tavares juga sangat mengharapkan dukungan dari suporter Indonesia kepada PSM yang menjadi wakil mereka di kejuaraan ini. "Bulan Agustus juga merupakan hari kemerdekaan Indonesia, jadi akan sangat bagus jika semua orang datang untuk men-support pertandingan kami karena kami membawa nama Indonesia di kancah internasional," ujarnya.

Kedah FC bukan tim sembarangan. Mereka mengoleksi tiga trofi kasta teratas kompetisi sepak bola Malaysia, lima gelar Piala FA, lima gelar Piala Malaysia, serta tiga trofi Piala Sumbangsih. Musim lalu, mereka finis di peringkat kedua, terpaut 14 poin dari Johor Darul Ta'zim sang juara. Di musim ini, Kedah FC sedang berada di peringkat keenam klasemen sementara Liga Super Malaysia.

Gelandang PSM Makassar Muhammad Arfan mengakui, Kedah adalah salah satu tim yang kuat dan itu terbukti ketika sang Kenari lolos ke babak semifinal dengan status juara grup.

"Pertandingan besok takkan mudah, jadi kita harus bekerja keras mengeluarkan seluruh kemampuan yang kita bisa, terlebih bukan hanya nama Makassar yang kita bawa, tapi juga nama Indonesia," kata Arfan.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Bom Atom dan Kemerdekaan Indonesia

Bertekuk lututnya balatentara Jepang tak banyak diketahui bangsa Indonesia karena semua radio disegel.

SELENGKAPNYA