Para pengurus Partai Gelora selepas mendaftarkan diri ke KPU, Ahad (7/8/2022). | twitter

Nasional

Partai Gelora Optimistis Raih Empat Persen Suara

Partai Gelora telah mendaftarkan 34 DPW dari semua provinsi yang ada di Indonesia.

JAKARTA -- Partai Gelombang Rakyat (Gelora) mendaftarkan diri sebagai peserta pemilihan umum (Pemilu) 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ahad (7/8). Ketua Umum Partai Gelora Muhammad Anis Matta mengaku yakin partainya dapat lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT) sebesar empat persen.

"Saya sadar betul bahwa kita harus bekerja secara realistis. Karena itu, target kami pada Pemilu 2024 adalah lolos threshold empat persen, InsyaAllah. Kami yakin, InsyaAllah, angka itu bisa kami  lewati pada Pemilu 2024 yang akan datang," ujar Anis di Kantor KPU, Jakarta.

Partai Gelora telah mendaftarkan 34 DPW dari semua provinsi yang ada di Indonesia. Kemudian, 434 dari 514 DPD kabupaten/kota atau 84,44 persen dan 4.173 DPC dari 7.266 kecamatan di seluruh Indonesia atau 57,43 persen.

Selanjutnya, ia mengatakan, keterwakilan perempuan di Partai Gelora sudah berada di atas 30 persen. Gelora juga mendaftarkan 243.118  orang yang sudah menjadi kader dan memiliki kartu tanda anggota (KTA) Partai Gelora.

"Mudah-mudahan tidak ada perbaikan lagi secara administrasi dan Partai Gelora dinyatakan lolos verifikasi administrasi selanjutnya," ujar Anis.

Ia menjelaskan, Partai Gelora lahir di tengah pandemi Covid-19, yang merupakan masa yang tidak mudah.  Kendati demikian, semangat dari para pendiri, kader, dan simpatisan berhasil membawa Partai Gelora hingga pada tahap ini.

Anis menambahkan, situasi pandemi dan kondisi global yang memunculkan ketidakdugaan yang membuat Partai Gelora tak terburu-buru dalam mengambil keputusan, khususnya terkait koalisi. “Kami fokus menyelesaikan verpol (verifikasi parpol) dulu,” kata dia.

Anis juga mendoakan anggaran KPU untuk menyelenggarakan tahapan pemilu segera turun. Ia mendoakan agar tahapan dan pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan sesuai rencana. 

"Ketiga, mudah-mudahan tidak ada lagi korban nyawa pada Pemilu 2024,” kata dia.

Hingga Jumat (5/8), ada 12 partai politik yang telah mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 di KPU RI. Sementara itu, selain Gelora, partai yang mendaftar pada akhir pekan lalu, yakni Partai Demokrasi Rakyat Indonesia (PDRI).

PDRI juga berambisi untuk menembus parlemen pada pemilu 2024 mendatang. "Ya kami ikut Pemilu. Kalau tercapai kita target memenuhi empat persen di DPR," kata Ketua Bidang Organisasi PDRI, Sudarsono saat mendaftarkan diri ke KPU, Sabtu (6/8). 

Saat ini, ia mengatakan, PDRI masih berupaya melengkapi keanggotaan di 514 kabupaten/kota. Sementara, keanggotan serta kepengurusan partai di 34 provinsi sudah lengkap.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat