Presiden Joko Widodo (tengah) menghadiri Silaturahmi Nasional (Silatnas) Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD) di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/8/2022). | ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Nasional

06 Aug 2022, 03:45 WIB

Jokowi Janji Bahas Kenaikan Tunjangan Purnawirawan TNI

Permintaan para purnawirawan kepada Presiden agar pemerintah menambah tunjangan..

BOGOR -- Presiden Joko Widodo berjanji akan membahas bersama Menteri Keuangan terkait kenaikan tunjangan pensiun bagi para purnawirawan TNI. Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka silaturahim nasional Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD) 2022 di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/8).

Jokowi awalnya mengaku, pemerintah saat ini tidak bisa menjanjikan penambahan tunjangan pensiun bagi para purnawirawan. Sebab, kondisi APBN saat ini sedang sulit di tengah berbagai krisis yang dihadapi.

“Tetapi pulang dari sini saya akan panggil Menteri Keuangan (Sri Mulyani). Akan saya ajak hitung-hitungan. Kalau nanti hitung-hitungannya sudah final akan saya sampaikan kepada Bapak Ibu saudara-saudara sekalian,” ujar Jokowi, Jumat.

Presiden mengaku mengetahui besaran tunjangan pensiun bagi para purnawirawan. Yakni bagi pensiun purnawirawan tamtama Rp 2,6 juta, purnawirawan bintara Rp 3,5 juta, dan purnawirawan perwira pertama Rp 4,1 juta. Ia pun menyebut, jumlah tunjangan pensiun tersebut masih kurang untuk memenuhi kebutuhan, apalagi bagi yang tinggal di Jabodetabek.

Namun, kata dia, pemerintah juga telah memberikan THR dan gaji ke-13 sebagai tambahan. “Tapi saya juga tahu itu tetap masih kurang,” tambahnya.

Dalam sambutannya di depan purnawirawan TNI, Jokowi menyampaikan dunia saat ini sedang dalam posisi yang sangat sulit. Ia menceritakan soal pertemuannya dengan Sekjen PBB Antonio Guterres dan lembaga-lembaga internasional, serta kepala negara G-7.

Saat itu, Jokowi menanyakan terkait kondisi dunia saat ini. “Beliau-beliau menyampaikan ‘Presiden Jokowi tahun ini kita akan sangat sulit. Tahun ini kita akan sulit’. Terus kemudian seperti apa. Tahun depan akan gelap. Ini bukan Indonesia, ini dunia,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, Sekjen PBB hingga IMF pun menyampaikan bahwa akan ada 60 negara yang ekonominya bakal ambruk. Saat ini, satu per satu negara itu pun sudah mulai menunjukkan jatuhnya perekonomian mereka. “Angkanya adalah 9 terlebih dahulu, kemudian 25, kemudian 42. Mereka sudah secara detail mengkalkulasi. Apa yang dikhawatirkan itu betul-betul kita lihat,” tambah dia.

Ketua Umum PPAD Letjen (Purn) Doni Monardo menyampaikan permintaan para purnawirawan kepada Presiden Jokowi agar pemerintah memberikan tambahan tunjangan untuk para pensiun.

“Bapak Presiden, mohon maaf kami harus menyampaikan pesan sponsor dari para senior termasuk dari para Tamtama dan Bintara purnawirawan. Mudah-mudahan pemerintah dan negara memiliki anggaran yang cukup mohon kiranya berkenan untuk menambah tunjangan pensiun bagi para purnawirawan,” kata Doni.

photo
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) mengamati produk yang dipamerkan pada Silaturahmi Nasional (Silatnas) Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD) di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/8/2022). - (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Ia mengatakan, pengabdian seorang bhayangkari negara tidak mengenal batas, ruang, dan waktu. Karena itu, program utama PPAD yakni meningkatkan kesejahteraan para purnawirawan. “Karena sebagian besar purnawirawan masih perlu mendapatkan di bidang kesejahteraan,” tambah dia.

PPAD pun ingin mencetak purnawirawan menjadi seorang pengusaha, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga. Dalam acara ini, dihadiri oleh sekitar delapan ribu purnawirawan dari semua tingkatan dan juga digelar secara daring. 


Trayektori Karier Konate

Klopp optimistis Konate bisa disertakan kala melawat ke markas Fulham.

SELENGKAPNYA

Cina Tembakkan Rudal di Selat Taiwan

Taiwan sejauh ini memilih menahan diri dan tidak menginginkan adanya eskalasi.

SELENGKAPNYA
×