Petugas menata koper calon jamaah haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (8/6/2022). (ilustrasi) | Republika/Putra M. Akbar

Jurnal Haji

Bawa Zamzam, Dua Truk Koper Dipulangkan ke Hotel

Sebanyak 297 dari 360 koper jamaah berisi air zamzam.

OLEH A SYALABY ICHSAN dari Makkah

MAKKAH — Dua truk berisi koper jamaah haji Indonesia asal kloter Solo (SOC-4) dipulangkan ke Hotel Kiswah yang berada di kawasan Jarwal, Makkah, Arab Saudi, Kamis (14/7) malam WAS. Pengembalian koper tersebut dilakukan karena masih ditemukannya sebanyak 297 dari 360 koper dengan air zamzam.

Kepala Seksi Layanan Kedatangan dan Pemulangan (Yanpul) Bandara PPIH Arab Saudi, Edayanti Dasril menjelaskan, pada mulanya tak ada masalah terkait penimbangan yang dilakukan di hotel jamaah. Namun, saat pemeriksaan x-ray di Air Gate, ternyata ada air zamzam di ratusan koper tersebut.

“Hanya 63 koper zero zamzam,” ujar dia di Bandara King Abdul Aziz International Airport (KAIA), Jeddah, Arab Saudi, Kamis (14/7) malam WAS.

Menurut Edayanti, kebanyakan jamaah memasukkan air zamzam dalam botol kemasan jatah dari hotel yang diberikan selama menginap di pemondokan. Mereka membawa air zamzam dengan jumlah bermacam-macam. Ada yang membawa satu liter hingga lima liter. “Ada jamaah yang kopernya cuma berisi air zamzam,” jelas dia.

photo
Jamaah menerima air Zamzam sebagai ucapan selamat datang saat tiba di tendanya di Mina, Makkah, Arab Saudi, Kamis (7/7/2022). (AP Photo/Amr Nabil - (AP/Amr Nabil)

Dia menegaskan, pengembalian koper dilakukan untuk memberikan edukasi kepada jamaah jika pihaknya serius terhadap aturan. Adanya larangan air zamzam untuk disertakan dalam penerbangan penumpang merupakan ketentuan dari General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi. Aturan tersebut bukanlah imbauan karena wajib dijalankan.

Edayanti mengatakan, koper akan dibongkar sendiri oleh jamaah di hotel masing-masing. Petugas dari Air Gate dan PPIH akan mengawasi pembongkaran tersebut. Meski memakan waktu, dia menegaskan, pengembalian dan pembongkaran koper tidak mengganggu penerbangan. Masih ada waktu pengiriman koper dari hotel hingga pesawat diterbangkan.

“Kita tetap punya schedule supaya bagasi tersebut dikirim 12 jam sebelum jadwal terbang,” ujar dia.

Adanya temuan banyaknya koper dengan air zamzam di luar dugaan. Padahal, pihaknya sudah melakukan sosialisasi secara masif dengan beragam model, mulai dari flyer hingga video yang sempat viral.

 “Untuk SOC-4 ini kami sampaikan jika kami benar-benar serius dan konsisten,” ujar dia.

Salah satu jamaah SOC-4, Salam, harus membongkar kopernya karena terdapat air zamzam. Salam mengaku membawa lima liter air yang dipisahkan dalam botol kemasan kemudian dimasukkan ke satu koper. “Saya masuk-masukin ternyata ketahuan semuanya,“ ujar dia.

Jamaah lainnya yang berasal dari Grobogan, Maimunah, juga membongkar koper karena membawa air zamzam. Maimunah menjelaskan, air yang sudah dimasukkan dalam sepuluh botol kemasan seharusnya jadi oleh-oleh bagi anak dan cucunya di Tanah Air. “Saya kapok,” ujar dia.

 
Menag minta jamaah tidak perlu khawatir terkait air zamzam. Dia kembali menegaskan, jamaah akan mendapatkan setibanya di asrama haji. 
 
 

Sementara itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kembali mengingatkan jamaah haji Indonesia untuk tidak memasukkan air zamzam ke dalam tas dan bagasi. Menurut dia, hal tersebut tidak diperkenankan dan akan dikeluarkan.

Menag minta jamaah tidak perlu khawatir terkait air zamzam. Dia kembali menegaskan, jamaah akan mendapatkan setibanya di asrama haji. "Saya mendengar masih ada tas yang membawa zamzam di koper bagasi. Itu tidak boleh sehingga akan dikeluarkan petugas," tutur dia.

Bagi yang belum mendapatkan jatah air zamzam di debarkasi, Menag meminta jamaah tersebut untuk mendatangi kantor Kemenag setempat. "Insya Allah akan disiapkan,"ujar dia.

Kesehatan Jamaah Dipantau Pasca-Kepulangan 

Jamaah haji Indonesia yang dinyatakan sehat saat kepulangan ke Tanah Air tetap akan dipantau kesehatannya.

SELENGKAPNYA

Demi Air Zamzam

Jjamaah haji diperbolehkan membawa lima liter air zamzam saat kembali ke negaranya.

SELENGKAPNYA