Pasarina by Ranch Market | Dok Pasarina

Inovasi

24 Jun 2022, 15:31 WIB

Pengalaman Belanja Kini Lebih Berwarna

Kegiatan berbelanja saat ini sulit dipisahkan dari sentuhan teknologi. Tak hanya ketika berbelanja daring, ketika belanja secara langsung pun, saat ini para pelaku usaha usaha terus berlomba menghadirkan pengalaman yang berbeda.

Hal inilah yang dilakukan Ranch Market yang memperkenalkan jenama Pasarina pada Mei 2022. Untuk memberikan pengalaman belanja yang lebih menyenangkan, pada Rabu (22/6), Pasarina mengadaptasi konsep metaverse ke dalam gerainya yang berada di Sarinah, Jakarta Pusat.

Chief of Merchandising and Marketing Officer PT Supra Boga Lestari Tbk, Maria Suwarni menjelaskan, dengan diperkenalkan pengalaman berbelanja yang kental dengan sentuhan teknologi, Pasarina mengundang masyarakat merasakan pengalaman berbelanja yang lebih exciting. “Ada berbagai fitur, seperti Guidebot dan gamifikasi yang diharapkan akan dapat memberikan pengalaman belanja yang berbeda,” ujarnya.

Senada, Direktur Utama PT Sarinah, Fetty Kwartati menyampaikan, konsep supermarket metaverse pertama di Indonesia oleh Pasarina menguatkan kembali Sarinah sebagai pusat belanja modern pertama di Indonesia. "Ini sesuai dengan kontemporerisasi Sarinah sebagai destinasi yang adaptif terhadap perubahan jaman, namun juga tetap berkenan bagi lintas generasi," kata Fetty.

Sarinah, ia melanjutkan, dalam konsep transformasi bisnisnya juga merekatkan teknologi dalam ekosistem bisnis dan brandnya. Kami mengapresiasi inovasi tenant dan mitra Sarinah dalam mengembangkan usahanya dan terus menyempurnakan layanannya untuk para konsumen. 

Berbagai pengalaman virtual dalam berbelanja di Pasarina, bisa didapatkan konsumen yang datang ke Pasarina, dengan mengunduh aplikasi TrustLive. Kemudian, konsumen akan masuk ke dalam aplikasi dan bisa menemukan berbagai fitur yang dapat membantu kelancaran berbelanja.

photo
Fitur Guidebot yang ada di Pasarina, Sarinah untuk membantu pengunjung menemukan item belanjaan yang sedang dicari. - (Dok Pasarina)

Salah satunya, fitur Guidebot. Fitur ini adalah robot asisten virtual berkonsep augmented reality (AR) yang dapat membantu konsumen mencari sebuah item belanjaan tertentu. Cara mengaktifkan fitur ini, pelanggan bisa mengetik nama barang yang dicari, kemudian klik menu search.

Robot putih AR pun akan segera muncul dan membantu pelanggan menemukan item yang dicari. Caranya, dengan memberikan petunjuk, ada di lorong mana barang yang dicari, apakah kita perlu berbelok atau lurus, dan sebagainya.

Kemudian, untuk makin menambah nilai lebih dalam kegiatan belanja, pelanggan juga bisa bermain treasure hunt alias berburu promo tersembunyi. Promo ini bisa ditemukan, ketika konsumen mengarahkan kamera smartphone-nya ke dinding atau lorong tertentu di Pasarina. Kemudian, dinding yang apabila dilihat dengan mata telanjang, hanya kosong belaka, ketika dilihat dengan smartphone ternyata menyimpan promo tersembunyi yang dapat diklaim hadiahnya.

Maria mengungkapkan, Pasarina menargetkan berbagai fitur ini, dapat dinikmati oleh 500 ribu lebih member dari Ranch Market. “Kami juga akan terus mengomunikasikan dan memperkenalkan fitur-fitur baru ini kepada masyarakat melalui newsletter dan media sosial,” ujarnya.

Saat ini, aplikasi TrustLive untuk berbagai pengalaman belanja serba virtual ini, masih tersedia bagi para pemilik smartphone Android. Namun dalam waktu dekat, konsumen dengan smartphone bersistem operasi IoS pun akan dapat menyusul dan mendapatkan pengalaman serupa.

Berbagai fitur juga akan terus dikembangkan untuk makin menambah warna dalam pengalaman berbelanja. Salah satunya, penyempurnaan fitur tur virtual yang memungkinkan konsumen mencari berbagai produk. Misalnya, ketika kita mengaktifkan tur ‘Nasi Goreng’, maka kita akan diarahkan untuk membeli beras, dan bumbu untuk membuat nasi goreng secara lengkap. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pasarina by Ranch Market (@pasarina99id)

Pasarina by Ranch Market adalah supermarket yang menyediakan produk lokal unggul berupa hasil bumi segar dan boga bahari hasil kurasi terbaik dari segenap penjuru Nusantara. Kurasi produk dilakukan secara ketat berdasarkan hasil riset, serta masukan pengunjung dengan dukungan Departemen Perdagangan Republik Indonesia.

Pasarina mengusung konsep traditional meet modern, dimana produk lokal akan bersanding dengan produk impor pilihan. Beberapa contoh produk lokal yang ditampilkan adalah aneka teh daun, kecap, bumbu, dan jamu. Coklat asal Kupang, Nusa Tenggara Timur merupakan satu contoh distingtif bahwa belum banyak yang tahu Kupang menghasilkan coklat berkualitas dengan packaging menarik. Dengan ditampilkannya produk unggul dari seluruh pelosok Indonesia, Pasarina mengajak masyarakat untuk mengenal produk sekaligus mengetahui lebih dalam tentang daerah asal produk tersebut. 

 
Pasarina mengundang masyarakat merasakan pengalaman berbelanja yang lebih exciting.
MARIA SUWARNI, Chief of Merchandising and Marketing Officer PT Supra Boga Lestari Tbk
 
 


×