Tenaga kesehatan menyuntikan vaksin booster Covid-19 kepada warga di Polsek Jagakarsa, Jakarta, Jumat (17/6/2022).Sejumlah pakar kesehatan mengatakan bahwa vaksin Covid-19 yang beredar di masyarakat saat ini masih efektif untuk menekan laju penyebaran var | Republika/Thoudy Badai

Nasional

Subvarian Covid-19 Lebih Mudah Menular

Pemerintah meminta pelonggaran masker di tempat terbuka jangan disalahartikan.

JAKARTA - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof Zubairi Djoerban mengatakan, untuk saat ini situasi Indonesia masih lebih baik dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia atau Thailand. Meski begitu, Zubairi mengingatkan subvarian BA.4 dan BA.5 lebih mudah menular.

"(Saat ini) Indikasinya memang terjadi lonjakan. Sampai 16 Juni 2022 positivity rate Indonesia itu 5,3 persen. Kasus baru harian juga lebih dari 1.000. Perlu hati-hati. Namun situasi Indonesia masih lebih baik ketimbang negara tetangga seperti Malaysia atau Thailand," kata Zubairi, Jumat (17/6).

Dia memaparkan, subvarian BA.4 dan BA.5 lebih mudah menular dan dapat menembus kekebalan seseorang yang pernah terinfeksi Omicron sebelumnya. Namun, belum ada data yang menyebutkan BA.4 atau BA.5 menyebabkan penyakit yang lebih parah daripada subvarian Omicron yang beredar saat ini.

Dia menilai, BA.4 dan BA.5 mampu menyebabkan gelombang infeksi di berbagai negara, termasuk Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa. Bahkan ada peringatan tentang kemungkinan gelombang besar yang akan menyusul dalam beberapa minggu mendatang.

"BA.4 dan BA.5 bisa jadi penyebab gelombang berikutnya di Indonesia? Yang jelas puncaknya tidak akan setinggi Delta. Namun jangka waktu beredarnya mungkin lebih lama dibanding varian sebelumnya. Artinya puncaknya tidak akan terlalu tinggi dan dari kurvanya akan agak melebar," ujar dia.

Namun, sambung Zubairi, bila tidak ada upaya dan mitigasi yang signifikan, maka kasus baru tentu akan meningkat. "Semoga, dengan pengalaman yang kita punya, termasuk perilaku prokes yang baik, kita bisa melewatinya," kata dia.

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro meminta pelonggaran masker di tempat terbuka jangan disalahartikan untuk bebas tidak menggunakan masker dalam berbagai situasi. Reisa menegaskan, anjuran menggunakan masker saat ini masih berlaku bagi masyarakat di tempat tertutup dan transportasi publik.

"Harus kita pahami bersama pula, pelonggaran penggunaan masker di ruang terbuka tidak serta-merta berarti kemudian bebas tidak menggunakan masker dalam berbagai situasi, tidak berarti pula dilarang menggunakan masker," ujar Reisa, Jumat.

Reisa mengatakan, anjuran untuk tetap menggunakan masker terutama wajib bagi masyarakat yang termasuk golongan rentan seperti ibu hamil, lansia dan memiliki penyakit komorbid serta populasi yang belum dapat divaksinasi. Selain itu, kata Reisa, penggunaan masker juga tetap disarankan ketika beraktivitas di ruang tertutup, berinteraksi langsung dengan orang lain terutama kepada orang-orang yang tidak diketahui pasti kondisi kesehatannya.

Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia Dicky Budiman meminta peredaran omicron subvarian BA.4 dan BA.5 di Indonesia harus tetap diwaspadai. Alasannya karena sub varian ini jauh lebih fit dan lebih mudah menginfeksi karena mengambil mutasi varian delta.

Dicky menambahkan, subvarian ini juga mengandung mutasi delta tipe lainnya yang membuat subvarian ini sangat lincah menghindari respons imunitas atau antibodi di tubuh manusia. Kemudian, akhirnya menurunkan efikasi dalam menyiasati antibodi yang terbentuk, baik dari terinfeksi maupun vaksinasi.

photo
Tenaga kesehatan menyuntikan vaksin booster Covid-19 kepada warga di Polsek Jagakarsa, Jakarta, Jumat (17/6/2022). Sejumlah pakar kesehatan mengatakan bahwa vaksin Covid-19 yang beredar di masyarakat saat ini masih efektif untuk menekan laju penyebaran varian baru BA4 dan BA5. - (Republika/Thoudy Badai)

"Kombinasi inilah yang menyebabkan dia (subvarian BA.4 dan BA.5) mudah bersirkulasi di tengah-tengah negara yang memiliki modal imunitas lebih baik, dibandingkan ketika saat varian delta yang sebelumnya telah terjadi," ujar Dicky.

Berdasarkan data Satgas Covid-19, sebanyak 1.220 kasus baru pada Jumat. DKI Jakarta kembali menyumbang jumlah kasus terbanyak dengan total 686. Disusul oleh Jawa Barat dengan total 208 kasus, kemudian Banten dengan total 129 kasus.

Jumlah kasus aktif Covid-19 di Indonesia pada Jumat mencapai 7.326 kasus, bertambah 658 dari sehari sebelumnya. Untuk jumlah yang sembuh dari kasus Covid-19 bertambah 556 orang. Sedangkan jumlah orang yang meninggal akibat Covid-19 di Indonesia bertambah enam orang. 

photo
Pekerja berjalan saat jam pulang kerja melintasi Terowongan Kendal, Sudirman , Jakarta, Kamis (16/6/2022). Pemerintah mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap covid-19 varian baru BA4 dan BA5 yang diprediksi mengalami peningkatan jumlah kasus hingga akhir bulan Juli mendatang. - (Republika/Thoudy Badai)

Disiplin prokes

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengimbau masyarakat untuk disiplin menggunakan masker di tengah varian baru Covid-19 BA.4 dan BA.5 yang menyebar di Indonesia. Percepatan vaksinasi pun terus dilakukan untuk mencapai herd immunity di Kota Bandung.

"Kalau saya dari dulu menyampaikan Covid-19 penyebaran lewat droplet Insya  Allah kalau kita protokol kesehatan minimal masker Insya Allah dan kita lengkapi vaksin Insya Allah," ujar Yana, Jumat.

Dia mengatakan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit pun masih siap menampung pasien jika terjadi lonjakan kasus. Namun dia berharap agar kasus Covid-19 di Kota Bandung tidak naik.

Pihaknya juga akan melihat kembali kebijakan relaksasi di tengah penyebaran varian baru. Namun dipastikan relaksasi yang saat ini dilaksanakan yaitu masih dibatasi hingga 75 persen. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Amal Tersembunyi

Bagaimana dengan kita? Adakah amalan tersembunyi yang cukup hanya diri dan Allah yang tahu?

SELENGKAPNYA

Jokowi Penentu Pemimpin 2024

Jokowi menginginkan kontinuitas program yang tak bergantung pada figur semata.

SELENGKAPNYA

Anies, Ganjar, Andika Jadi Bakal Capres Nasdem

Tiga nama bakal capres usulan Nasdem adalah Anies Baswedan, Andika Perkasa, Ganjar Pranowo.

SELENGKAPNYA