Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan (kedua kiri) meninjau gerai di sela peresmian Borobudur sebagai destinasi pariwisata berkualitas dan berkelanjutan di kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (4/6/2022). Menkomarves jug | ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Ekonomi

06 Jun 2022, 08:42 WIB

Luhut Resmikan SPKLU Green Tourism PLN

SPKLU Candi Borobudur dan Prambanan, selain untuk mendukung kendaraan listrik juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang dibangun PT PLN (Persero) di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, dan Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta, pada Sabtu (4/6).

SPKLU Fast Charging yang berada di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) ini merupakan SPKLU Green Tourism pertama di Pulau Jawa. Green Tourism merupakan konsep wisata yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Luhut mengapresiasi langkah PLN dalam mendukung Kendaraan Listrik Berbasis Baterai (KLBB), khususnya di kawasan destinasi wisata. 

Dengan adanya SPKLU yang ada di Kawasan Candi Borobudur dan Candi Prambanan, selain untuk mendukung kendaraan operasional berbasis listrik juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. "Ini juga bisa menjadi bukti bahwa Indonesia serius dalam mengembangkan kendaraan listrik dan menciptakan energi bersih," kata Luhut saat peresmian. 

Luhut bahkan mendorong DPSP untuk mengganti semua kendaraan berbasis fosil atau yang menggunakan bahan bakar minyak menjadi kendaraan berbasis listrik. Hal ini sesuai dengan rencana pemerintah untuk mencipatakan Green Tourism sebagai wujud komitmen Indonesia terhadap energi bersih.

"Targetnya di akhir tahun ini semua DPSP bisa mulai menata. Jadi, di tahun depan operasional kendaraan bersih dari mobil fosil. Semua saya minta untuk pakai mobil, bus, ataupun motor listrik," ujar Luhut.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo diwakili Direktur Bisnis Regional Jawa Madura dan Bali Haryanto WS menjelaskan, kehadiran SPKLU Fast Charging dengan kapasitas 50 kilowatt (kW) tersebut diharapkan dapat mendukung operasional kendaraan listrik di kawasan Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Haryanto juga mengapresiasi langkah PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko yang mulai mengoperasikan kendaraan listrik sebagai moda transportasi yang menghubungkan titik-titik utama pariwisata, seperti bandara, hotel, dan atraksi wisata.

"Pengoperasian SPKLU ini merupakan bentuk keseriusan PLN dalam menekan emisi karbon dengan mempercepat transisi energi bersih di berbagai sektor, termasuk pariwisata," kata Haryanto.

photo
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan (kelima kiri) didampingi gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (keempat kiri) mengisi daya mobil listrik serangkaian dengan peresmian Borobudur sebagai destinasi pariwisata berkualitas dan berkelanjutan di kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (4/6/2022). Dalam kunjungan kerja tersebut Menkomarves juga meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sekaligus mencanangkan penggunaaan kendaraan listrik di kawasan wisata Borobudur. - (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

PLN akan terus mendukung penuh kebutuhan infrastruktur listrik, khususnya untuk destinasi pariwisata. Saat ini, PLN sudah membangun SPKLU di lima lokasi wisata, seperti Kawasan Candi Borobudur, Kawasan Candi Prambanan, Labuan Bajo, Lombok, dan Bali. "Pada Oktober ini kami akan selesaikan pemasangan SPKLU di DPSP Danau Toba, Likupang, dan Kawasan Pariwisata Mandalika," kata Haryanto.

Penggunaan kendaraan pariwisata berbasis listrik dan pengoperasian SPKLU di Kawasan Candi Borobodur dan Candi Prambanan merupakan salah satu upaya dalam mengembangkan ekosistem kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

"PLN siap mendukung kebutuhan segala pihak dari sisi infrastruktur kelistrikan untuk mempercepat masifnya kendaraan listrik sebagai upaya bersama mencapai target carbon neutral," kata Haryanto.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Luhut Binsar Pandjaitan (@luhut.pandjaitan)

';

Akomodasi di Madinah Siap 100 Persen

Jamaah diminta mewaspadai kemungkinan kriminalitas meski di Tanah Suci.

SELENGKAPNYA

Surjana Mencari Tempat Sujud di Tanah Suci

Sujud syukur menjadi salah satu bentuk rasa syukur Surjana atas rezeki dan nikmat dari Allah SWT.

SELENGKAPNYA

Kondisi Jamaah Haji Sehat

Jamaah diimbau memperbanyak minum tanpa menunggu haus.

SELENGKAPNYA
×