Warga berjalan-jalan saat berwisata di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Senin (16/5/2022). | Wihdan Hidayat / Republika

Nusantara

Pengunjung Borobudur Dibatasi

Harga tinggi diyakini dapat menyeleksi wisatawan yang naik ke atas candi.

JAKARTA -- Pemerintah akan membatasi jumlah pengunjung di kawasan wisata Candi Borobudur, Jawa Tengah, menjadi sebanyak 1.200 orang per hari. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan, pembatasan diiringi kebijakan tarif baru tiket masuk, yakni 100 dolar AS (Rp 1,4 juta) untuk wisatawan mancanegara dan Rp 750 ribu untuk wisatawan domestik.

"Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya Rp 5.000 saja," kata Luhut saat meresmikan kawasan Candi Borobudur sebagai destinasi wisata ramah lingkungan berkelanjutan di kompleks Candi Borobudur, Sabtu (4/6).

Luhut menuturkan, langkah tersebut demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara. Semua turis juga nantinya harus menggunakan pemandu wisata (tour guide) dari warga lokal sekitar kawasan Borobudur.

"Ini kami lakukan demi menyerap lapangan kerja baru sekaligus menumbuhkan sense of belonging terhadap kawasan ini sehingga rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan salah satu situs sejarah nusantara ini bisa terus tumbuh dalam sanubari generasi muda pada masa mendatang," ujar dia.

photo
Wisatawan berfoto saat berwisata di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Senin (16/5/2022). - (Wihdan Hidayat / Republika)

Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero), Edy Setijono, menjelaskan, tiket Rp 750 ribu per orang bagi turis lokal hanya untuk menaiki Candi Borobudur. Sementara, harga tiket masuk kawasan candi masih tetap Rp 50 ribu per orang untuk wisatawan lokal.

"Untuk wisman 25 dolar. Hanya tiket untuk ini berlaku cuma sampai pelataran candi saja," kata Edy dikonfirmasi pada Ahad (5/6).

Edy membenarkan alasan harga tiket tersebut tinggi dikarenakan adanya sistem kuota per hari bagi yang diperbolehkan naik ke atas Candi Borobudur. Penetapan kuota tersebut bertujuan melindungi bangunan Candi Borobudur atau konservasi demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara.

Edy mengungkapkan, bangunan Candi Borobudur mulai mengalami penurunan dan pengikisan yang diduga diakibatkan oleh adanya beban berlebih akibat kunjungan wisatawan. Sebelum pandemi Covid-19, wisatawan yang menaiki bangunan Candi Borobudur rata-rata sekitar 10 ribu orang per harinya. Dengan harga yang tinggi, 1.200 orang yang akan naik candi diyakini adalah orang yang bersungguh-sungguh dan berkepentingan.

photo
Senja sebelum malam penerbangan lampion perdamaian saat perayaan Waisak 2566 BE di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Senin (16/5/2022). - (Wihdan Hidayat / Republika)

"Kalau orang mau foto-foto enggak usah naik ke candi, di bawah saja. Jadi, itulah tujuannya. Jadi, orang naik ke candi karena dia sudah membayar mahal, saya kira dia akan sungguh-sungguh, dia akan belajar, dia akan mempelajari. Tapi, kalau cuma foto-foto rugi kan bayar Rp 750 ribu, di bawah saja. Karena ada aspek konservasi tadi," katanya.

Pihak pengelola juga sudah menyiapkan pemandu wisata di atas candi yang akan menjelaskan mengenai sejarah pembangunan sejak tahun 770 Masehi tersebut. Mereka juga akan menerangkan mengenai relief di tiap dinding candi.

Selain itu, pengelola memberikan akses khusus bagi pelajar yang ingin mempelajari Candi Borobudur dengan penetapan tarif Rp 5.000 saja per siswa untuk naik ke atas candi. "Sebagai wujud keberpihakan kita pada dunia pendidikan, untuk pelajar hanya ditetapkan Rp 5.000. Inilah jawaban kenapa kok mahal, seolah-olah jadi komersial. Tidak," ujar Edy. Akses khusus pelajar ini dipatok 20-25 persen dari total kuota 1.200 orang per hari.

photo
Umat Budha bersembahyang saat perayaan Tri Suci Waisak 2566 BE/2022 di pelataran Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Senin (16/5/2022). - (Wihdan Hidayat / Republika)

Cagar budaya

Menurut Luhut, pemerintah saat ini tengah bergotong royong mengembangkan konsep Candi Borobudur sebagai laboratorium konservasi cagar budaya bertaraf internasional. Untuk mencapai itu, pemerintah telah menggelontorkan anggaran hingga Rp 6,8 triliun.

Luhut memastikan, prinsip ekonomi biru, hijau, dan sirkular mulai diterapkan. Pada Sabtu, dilaksanakan juga uji coba penggunaan bus listrik sebagai shuttle bus kendaraan pariwisata di kawasan Borobudur. Rute perjalanan shuttle bus meliputi Borobudur-Jalan Malioboro-Candi Prambanan.

photo
Penerbangan lampion perdamaian saat perayaan Waisak 2566 BE di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Senin (16/5/2022). - (Wihdan Hidayat / Republika)

Luhut didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sempat menjajal bus listrik produksi INKA itu mengelilingi kompleks Candi Borobudur. Ganjar mengatakan, pihaknya siap mendukung penuh program pemerintah pusat.

Ganjar menargetkan, tahun depan semua kendaraan yang masuk ke kawasan Borobudur adalah kendaraan listrik. "Kalau kita semangat, pasti bisa. Mungkin yang belum listrik di area luar, sementara yang di dalam sudah pakai kendaraan listrik," katanya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Perhatikan Gizi Anak

Balita stunting berdampak terhadap penurunan kemampuan IQ.

SELENGKAPNYA

Dinamika Wisata di Gunung Bromo

Saat kasus Covid-19 melandai, para pelaku usaha di Kawasan Bromo mulai aktif kembali. 

SELENGKAPNYA

Menangkap Peluang Ekonomi Digital 

BUMN sebagai sepertiga kekuatan ekonomi Indonesia memiliki tugas besar dalam memperkuat ekosistem digital. 

SELENGKAPNYA