Tasos Bakasetas (Tengah) dari kesebelasan Yunani merayakan kemenangan bersama teman-temannya dalam sebuah pertandingan Liga Eropa. | EPA-EFE/MARK MARLOW

Olahraga

Menguji Dominasi Inggris atas Hungaria

Pelatih Inggris Gareth Southgate diragukan bisa menurunkan skuad terbaiknya melawan Hungaria.

BUDAPEST -- Timnas Inggris akan memulai pertandingan pembuka penyisihan Grup C3 UEFA Nations League melawan Hungaria di Stadion Puskas Arena Park, Budapest, Sabtu (4/6) malam WIB. Kemenangan pada laga perdana sangat penting bagi Inggris untuk memuluskan jalan ke depan karena di grup ini dihuni oleh Jerman dan Italia.

Masih lekat dalam ingatan ketika the Three Lions menang 4-0 atas Hungaria pada penyisihan grup Piala Dunia 2022 di Puskas Arena, September lalu. Waktu itu, Raheem Sterling, Harry Kane, dan Harry Maguire menjadi pencetak gol. Satu gol tambahan tercipta karena bunuh diri oleh Gulacsi yang salah mengantisipasi sepakan jarak jauh Declan Rice.

Kemenangan tersebut modal bagus bagi pasukan Inggris untuk mengulang kesuksesan sembilan bulan lalu. Mereka dapat memanfaatkan trauma kekalahan tuan rumah waktu itu untuk menekan mental mereka. Selain itu, berangkat ke Budapest, Inggris berbekal catatan bagus, yakni meraih empat kemenangan dalam empat pertandingan terakhir dalam semua turnamen dan 10 pertandingan berturut-turut tak terkalahkan.

Namun, pelatih Inggris Gareth Southgate diragukan bisa menurunkan skuad terbaiknya melawan Hungaria. Beberapa pemainnya ada yang cedera dan sebagian lagi diragukan kebugarannya. Bek tengah Arsenal Ben White masih bermasalah dengan ototnya. Adapun Tren Alexander-Arnold diragukan kebugarannya usai tampil di final Liga Champions yang menguras tenaga melawan Real Madrid.

Jordan Henderson dan Eric Dier dipastikan tak akan bersama Inggris melawan Hungaria. Pasalnya, keduanya tak dipanggil oleh Southgate ke dalam skuad Inggris. Alasannya untuk Henderson ditakutkan mengalami masalah dengan mentalnya karena berdekatan dengan final Liga Champions.

Namun, dalam laga nanti kesempatan bagi Jarrod Bowen dan James Justin untuk mencatatkan debut bersama Inggris. Kemudian, bek AC Milan Fikayo Tomori diperkirakan akan dipasang untuk memperkuat pertahanan bersama Harry Maguire. Adapun di lini depan Southgate akan tetap mengandalkan Kane, Sterling, dan Mason Mount.

Meskipun tuan rumah dihajar empat gol tanpa balas oleh Inggris pada September lalu, mereka juga punya modal bagus melawan Inggris ketika menahan imbang 1-1 di Wembley satu bulan setelah kekalahan tersebut. Mereka juga perlu optimistis meraih hasil positif dengan dukungan suporter tuan rumah yang diperkirakan mencapai 30 ribu orang.

Menyambut Inggris, Hungaria punya catatan negatif. Mereka hanya menang dua dari enam pertandingan kandang terakhir di semua kompetisi. Itu pun mereka menang atas tim kecil, yakni San Marino dan Andorra. Sementara, di grup ini mereka tergabung dengan tim top Eropa, yakni Inggris, Italia, dan Jerman.

Diperkirakan tak ada kejutan skuad yang akan diturunkan oleh pasukan Marco Rossi. Hanya pemain sayap Kevin Varga satu-satunya pemain yang tak masuk kedalam skuad UEFA Nations League. Dalam kesempatan ini, Rossi berharap penampilan mengesankan dari striker remajanya yang berusia 17 tahun, Zalan Vancsa.

Bek James Justin salah satu bagian dari skuad Inggris yang dipanggil. Ia bertekad menunjukkan performa terbaiknya selama UEFA Nations League untuk menarik perhatian Southgate agar masuk ke dalam skuad Piala Dunia 2022. Ia senang dapat panggilan timnas sekaligus membuka peluang debut melawan Hungaria.

“Saya hanya ingin menempatkan diri saya di depan manajemen dan staf dan mengatakan 'inilah siapa saya dan inilah yang akan saya lakukan untuk Anda'. Saya ingin memberikan diri saya kesempatan terbaik untuk naik pesawat ke Qatar. Itu adalah tujuan akhir bagi saya dan saya ingin mewakili negara saya,” kata Justin menjelang melawan Hungaria, dikutip dari laman resmi timnas Inggris.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Pertimbangkan Detail Investasi

Di saat memasuki masa endemi, risiko kesehatan tetap perlu diperhatikan. 

SELENGKAPNYA

Menangkap Peluang Ekonomi Digital 

BUMN sebagai sepertiga kekuatan ekonomi Indonesia memiliki tugas besar dalam memperkuat ekosistem digital. 

SELENGKAPNYA

Bahaya Mengabaikan Zikrullah

Tanpa zikirullah, hidup ini jadi penuh syahwat.

SELENGKAPNYA