Pesepak bola Timnas Indonesia Witan Sulaeman (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Myanmar Aung Wunna Soe (kanan) dalam laga lanjutan Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Minggu (15/5/2022). Indonesia me | ANTARA FOTO/Zabur Karuru/YU

Olahraga

UPI Bandung Disiapkan Jadi Pusat Latihan Timnas Sepak Bola

PSSI bisa menggunakan fasilitas UPI kapan saja untuk meningkatkan kemampuan timnas sepak bola.

BANDUNG -- Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan, pemerintah menyiapkan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung sebagai tempat pusat latihan untuk tim nasional Indonesia. 

"Pemerintah ingin membantu PSSI. Ini sebagai solusi jangka pendek. Kenapa kami memilih di sana? Karena lingkungannya sangat cocok," kata Zainudin di sela Kongres Biasa PSSI 2022 di Bandung, Senin (30/5).

Zainudin menyebutkan, sebagai perguruan tinggi pendidikan yang memiliki spesialisasi keolahragaan, UPI mempunyai infrastruktur yang lengkap untuk skuad Garuda, seperti memiliki lapangan sepak bola, pusat kesehatan olahraga, dan fasilitas sains olahraga. Selain itu, situasi lingkungan kampus nyaman untuk berlatih.

Para pemain timnas pun nantinya bisa tinggal di hotel yang berada di sekitar UPI. "Ini penting untuk sepak bola Indonesia. Timnas bisa berlatih 24 jam, tidak perlu menyesuaikan waktu tertentu seperti kalau menumpang tempat lain," kata Zainudin.

Dia memastikan PSSI bisa menggunakan fasilitas UPI kapan saja sampai federasi merasa cukup. Zainudin secara pribadi menjamin hal tersebut dan mengatakan Rektor UPI Solehudin sudah menyepakati hal itu.

"Pak Rektor sudah oke. Kami menyiapkan semuanya sampai PSSI merasa tidak perlu lagi karena sudah mendapatkan tempat lain yang bagus. Selama PSSI mau menggunakan UPI, saya menjamin bisa dipakai," kata pria asal Gorontalo itu.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berterima kasih atas perhatian pemerintah kepada tim nasional. Ia memastikan pihaknya akan segera berkomunikasi dengan para pelatih timnas mengenai penunjukan UPI sebagai tempat pusat latihan skuad Garuda.

"Kami akan berkomunikasi dengan pelatih. Kami menunggu beberapa perbaikan di sana," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Kongres Biasa PSSI 2022 dimulai pukul 14.00 WIB di Bandung dan dibuka oleh Menpora Zainudin Amali dan dihadiri pula wakil-wakil KONI, KOI, FIFA, AFC, dan AFF. PSSI dan 87 pemilik suara (voters) membicarakan beberapa hal, seperti laporan kegiatan dan keuangan tahun sebelumnya serta rencana kegiatan dan anggaran tahun 2022.

Enam agenda pun dibicarakan selama kongres Keenamnya adalah laporan kegiatan PSSI tahun 2021; laporan hasil audit keuangan PSSI tahun 2019, 2020, dan laporan keuangan tahun 2021; rencana program PSSI tahun 2022; rencana anggaran PSSI tahun 2022; pengesahan auditor independen keuangan tahun 2022; serta penerimaan, pemberhentian, dan perubahan anggota PSSI.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Biaya Haji Membengkak

Komisi VIII DPR menyayangkan penambahan anggaran yang mendadak.

SELENGKAPNYA

Presiden Minta Kampanye Pemilu Dipersingkat

KPU periode sebelumnya sempat mengusulkan masa kampanye Pemilu 2024 selama 120 hari.

SELENGKAPNYA

Cina Gagal 'Ikat' 10 Negara Pasifik

Mikronesia mengingatkan, kehadiran Cina di Pasifik dapat meningkatkan ketegangan geopolitik dan mengancam stabilitas.

SELENGKAPNYA