Kepala Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta Finari Manan (kiri) bersama Kapolres Bandara Soekarno Hatta Kombes Pol Sigit Dany (kanan) melihat | ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Jakarta

24 May 2022, 21:42 WIB

Pembalap Formula E akan Gelar Konvoi di Monas

Kawasan wisata Ancol ditutup untuk umum saat pelaksanaan balapan Formula E.

JAKARTA — Pembalap Formula E akan mengikuti sesi foto bersama di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (2/6). Kegiatan itu sebagai upaya untuk mempromosikan ajang balap mobil listrik kepada masyarakat luas.

Acara itu bisa dihadiri masyarakat untuk mengenal lebih dekat pembalap Formula E. "Tanggal 2 Juni kami ada kegiatan untuk sesi foto," kata Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad Sahroni di Jakarta, Senin (23/5).

Menurut Sahroni, pembalap Formula E juga dijadwalkan mengelilingi Monas. Kegiatan konvoi sebentar itu dilakukan sebagai bentuk promosi balapan menggunakan mobil yang dianggap ramah lingkungan.

Monas sebelumnya menjadi lokasi pilihan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menghelat balapan Formula E. Sayangnya, keputusan itu tidak mendapatkan persetujuan dari pemerintah pusat. Dampaknya, Pemprov DKI mengalihkan pilihan untuk membuat Sirkuit Ancol, Jakarta Utara, sebagai lokasi balapan.

photo
Petugas cargo melakukan bongkar muat logistik Formula E setibanya di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (24/5/2022). ABB FIA Formula E World Championship seri kesembilan akan berlangsung di Sirkuit Formula E Ancol pada 4 Juni 2022. - ( ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Sahroni juga tidak menjelaskan alasan pemilihan Monas sebagai lokasi sesi foto. Bendahara DPP Partai Nasdem tersebut juga belum bisa membocorkan nama pembalap yang mengikuti kegiatan tersebut. Hanya, kata dia, seluruh pembalap dipastikan mendarat di Jakarta pada 28-29 Mei 2022. Adapun logistik para pembalap mulai tiba di Jakarta sejak Ahad (22/5) hingga Selasa (24/5).

Bodi mobil pun yang diangkut kargo dari Berlin, Jerman, bukan dikirim secara utuh, melainkan harus dirakit di Indonesia. "Mobil ini bukan utuh, masih peretelan, bodi sendiri, ban sendiri, dan jadinya dibelah-belah," kata sekjen Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) tersebut.

Menurut Sahroni, sebanyak 22 unit mobil milik 11 tim memang dikirim secara terpisah. Tim mekanik nanti baru merakit setelah semua barang yang dikirim tiba di Indonesia dan melalui pemeriksaan pihak berwenang. Dia juga menyinggung jika ajang balapan mobil listrik tidak ada fase latihan.

Pembalap langsung mengikuti balapan di Sirkuit Ancol pada Sabtu (4/6). "Nantinya mereka tidak tes lintasan. Mereka langsung main karena mereka sudah main di simulator," ujar Sahroni.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pemprov DKI Jakarta (dkijakarta)

Vice President Infrastructure and General Affairs OC Jakarta E-Prix 2022 Irawan Sucahyono membenarkan, petugas Bea Cukai Soekarno-Hatta mulai memeriksa paket berisi bagian mobil Formula E di tempat penyimpanan sementara kargo.

Tempat itu berlokasi di luar Jakarta International Stadium (JIS), yang tidak jauh dari Sirkuit Ancol. "Sudah mulai periksa," kata Irawan.

Saat ini, pembangunan sirkuit sepanjang 2,4 kilometer itu sudah 100 persen rampung. Panitia penyelenggara tinggal mendirikan fasilitas pendukung, seperti panggung penonton, garasi pembalap, hingga fasilitas penunjang lainnya yang ditargetkan selesai pada akhir Mei 2022.

photo
Pekerja melakukan bongkar muat kotak peti berisi bagian-bagain dari mobil Formula E saat tiba di komplek Jakarta International Stadium (JIS), Ahad (22/5/2022). Sebanyak 22 unit mobil Formula E dalam bentuk terpisah telah tiba di Jakarta International Stadium (JIS) yang nantinya akan dilakukan perakitan ulang di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Sementara perhelatan Formula E Jakarta akan digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Ancol, Jakarta Utara 4 Juni 2022 mendatang. Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

Ditutup sehari

Sementara, pengelola PT Taman Impian Jaya Ancol mengatakan, kawasan wisata di pesisir Jakarta tersebut tidak dibuka untuk umum pada hari berlangsungnya Formula E.

Humas PT Taman Impian Jaya Ancol Ariyadi Eko Nugroho menjelaskan, kawasan Ancol dan semua unit rekreasi di dalamnya pada Sabtu (4/6) hanya bisa diakses pengunjung yang membeli tiket untuk menonton Formula E. "Yang bisa masuk Ancol hanya khusus pemilik tiket Jakarta E-Prix. Tiketnya hanya dijual melalui jakartaeprixofficial.com," kata Eko.

Menurut dia, penonton yang memiliki tiket Formula E bisa bisa menikmati semua unit rekreasi di Ancol. Dengan cukup membeli tiket termurah sebesar Rp 250 ribu, pengunjung bisa mendapatkan akses masuk ke Dunia Fantasi, Sea World Ancol, Ocean Dream Samudra, dan Atlantis Water Adventures. "Para pengunjung bisa menikmatinya sambil dapat melihat beberapa titik layar besar untuk nonton bareng Jakarta E-Prix 2022," ujar Eko.

Dia menegaskan, masyarakat umum bisa menikmati wisata Ancol pada Ahad (5/6). Eko mengatakan, kawasan Ancol hanya tertutup untuk umum pada hari pelaksanaan balapan demi memberi kenyamanan penonton Formula E. "Untuk tanggal 5 Juni dan seterusnya Ancol dan seluruh unit rekreasi di dalamnya sudah dibuka kembali," ujar Eko.

photo
Kepala Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta Finari Manan (kiri) bersama Kapolres Bandara Soekarno Hatta Kombes Pol Sigit Dany (tengah) dan OIC Cargo Alpera (kanan) melihat Medical Car saat memantau langsung bongkar muat logistik Formula E setibanya di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (24/5/2022). ABB FIA Formula E World Championship seri kesembilan akan berlangsung di Sirkuit Formula E Ancol pada 4 Juni 2022. - (ANTARA FOTANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Sementara, Direktur PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Gunung Kartiko menjelaskan, tiket VIP di lokasi Ombak Laut, Segara, dan Jimbaran yang dialokasikan sebanyak 1.050 kursi sudah tidak bersisa. "Untuk tiket VVIP berjumlah 1.500 juga sudah terjual 50 persen," kata Gunung.

Anggota Fraksi Gerindra DPRD DKI, Thopaz Nuhgraha Syamsul, menyatakan tertarik datang untuk menonton balap mobil listrik di Ancol. Dia menilai, perhelatan balapan itu bisa menjadi magnet promosi Jakarta karena mampu menarik jutaan pasang mata untuk ikut menonton dari layar televisi.

"Saya sangat mendukung agar acara tersebut lancar dan berminat merasakan langsung dampak positif Formula E untuk warga Jakarta," kata Thopaz.

Menurut Thopaz, soal minat menonton langsung atau dari rumah sebenarnya kembali lagi kepada masyarakat itu sendiri. Hal itu karena bisa saja masyarakat yang menonton dari televisi tetap mendukung kesuksesan acara itu dari rumah. Ada pula yang membeli tiket untuk menonton langsung di Ancol karena memiliki keinginan mendukung serta ikut menggerakkan roda perekonomian di Ibu Kota.

Sumber : Antara


Bank Muamalat Dorong Bisnis Wealth Management

Bank Muamalat Indonesia mulai mendorong pertumbuhan wealth management tahun ini.

SELENGKAPNYA

Menkeu Optimalisasi Surplus APBN

Kenaikan harga mi diperkirakan bakal terjadi pada tahun ini.

SELENGKAPNYA

BUMN Farmasi Susun Road Map Bisnis

Bio Farma berencana menjadikan sebagai Zimbabwe manufacturing hub di Afrika.

SELENGKAPNYA
×