Sejumlah pedagang asongan pelabuhan berjalan menembus banjir limpasan air laut ke daratan atau rob yang merendam kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022). | ANTARA FOTO/Aji Styawan

Nusantara

25 May 2022, 03:45 WIB

Banjir Pasang Tertinggi Satu Dekade Terakhir

Tanggul darurat untuk menahan limpasan air laut dibangun di beberapa titik.

SEMARANG -- Banjir rob menggenangi permukiman serta kawasan berikat Lamicitra di Kelurahan Tanjung Mas, Kota Semarang. Selain karena air pasang, ditengarai juga akibat adanya tanggul penahan air laut yang jebol.

Sebelumnya, banjir rob atau air pasang yang melimpas ke daratan dengan ketinggian dua meter lebih melanda kawasan pesisir Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (23/5), khususnya kawasan Pelabuhan Tanjung Emas. Ribuan pekerja dari sejumlah pabrik yang berada di kawasan industri Pelabuhan Tanjung Emas menyelamatkan diri dari peristiwa tersebut.

Selain sepeda motor dan mobil, ribuan unit mesin jahit serta mesin produksi pada sejumlah pabrik juga terendam banjir rob. Puluhan kontainer atau peti kemas yang berada di Pelabuhan Tanjung Emas juga tampak terendam banjir rob yang terjadi bersamaan dengan gelombang tinggi, serta diperparah dengan jebolnya tanggul laut di kawasan pelabuhan.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, puncak pasang air laut pada tahun 2022 kali ini menjadi yang paling tinggi dalam 10 tahun terakhir. Sehingga saat terjadi pasang, air laut yang naik melebihi tanggul dan sebagian melimpas hingga ke pemukiman.

photo
Foto udara kondisi banjir limpasan air laut ke daratan atau rob yang merendam kawasan Terminal Petikemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022). Banjir rob dengan ketinggian bervariasi hingga mencapai 1,5 meter itu disebabkan oleh tingginya pasang air laut serta adanya tanggul yang jebol di kawasan tersebut, sementara itu personel dari Basarnas, TNI-Polri dan relawan diterjunkan untuk membantu evakuasi para pekerja maupun warga. - (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Dia mengatakan, berdasarkan rapat dengan Satker Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juwana terungkap puncak pasang pada tahun ini memang sangat tinggi di pesisir Kota Semarang. Puncak pasang tertinggi yang terjadi pada Juni 2020 lalu mencapai 1,8 meter.

Namun puncak pasang kali ini ketinggiannya mencapai 2,1 meter. "Artinya, ini menjadi yang tertinggi dalam satu dekade terakhir," kata Hendrar, Selasa (24/5).

Langkah-langkah darurat untuk mengantisipasi limpasan air laut dan banjir rob di kawasan pesisir ini telah dilakukan Pemerintah Kota Semarang. Misalnya dengan membuat tanggul darurat untuk menahan limpasan air laut di beberapa titik yakni di kawasan berikat Lamicitra, kompleks Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Selain itu, juga di wilayah RW 01 yang berbatasan dengan laut.

photo
Foto udara sejumlah kendaraan roda empat terendam banjir limpasan air laut ke daratan atau rob yang merendam kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022). - (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali- Juwana bakal melakukan peningkatan elevasi tanggul penahan air laut. Hal ini menyusul ketinggian pasang telah melampaui tanggul sheetpile yang ada saat ini.

Tim Satker BBWS terus memantau perkembangan pasang surut air laut guna melakukan assessment terhadap titik-titik tanggul yang terdampak limpasan pasang dan gelombang air laut. Termasuk berapa titik tanggul yang disebutkan jebol.

"Untuk saat ini kami masih terus memastikan beberapa titik tanggul penahan gelombang yang terdampak," kata Kepala BBWS Pemali-Jiwana, M Adek Rizaldi, Selasa.

photo
Sejumlah petugas gabungan dari Kepolisian Brimob Batalyon B Pelopor Pekalongan, TNI Kodim 0710 Pekalongan, BPBD Kota Pekalongan dan relawan warga bergotong royong membawa tumpukan karung di Tirto Gang 12, Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (24/5/2022). Petugas gabungan bergotong royong membuat tanggul darurat dari tumpukan karung akibat sejumlah ruas tanggul Sungai Meduri jebol sepanjang sekitar 13 meter di sekitar Tirto Gang 12 yang berimbas meluapnya air dan tingginya air laut pasang. - (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)

Menurut Adek, tingginya genangan di wilayah Tanjung Mas dan sekitarnya dipengaruhi fenomena puncak pasang air laut yang meningkat luar biasa dan tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Pasang juga mengakibatkan air laut yang masuk ke daratan (rob) naik di beberapa lokasi, ditambah dengan gelombang laut yang juga tinggi, sehingga air laut yang melimpas di beberapa tempat juga mengakibatkan arus deras.

Adek Rizaldi juga menyampaikan, untuk jangka pendek penanganan limpasan air laut, dipasang tanggul darurat (biobag dan sandbag) di titik-titik yang dimungkinkan menjadi pusat masuknya limpasan air laut.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jawa Tengah Hadi Santoso meminta penanganan banjir rob di wilayah pantura Jateng menjadi prioritas pemerintah. "Sudah tidak bisa ditunda lagi, sabuk pantai Semarang-Demak sudah mendesak, jangan terlalu lama berdiskusi tentang administrasi status tanah atau lainnya," kata Hadi, Selasa.

photo
Sejumlah pekerja pelabuhan mendorong motor mereka yang mogok saat menerobos banjir limpasan air laut ke daratan atau rob yang merendam kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (24/5/2022). - (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Menurut dia, banjir rob air pasang laut yang melimpas ke daratan Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menjadi alarm bahaya bagi Jateng, terutama wilayah pantura. "Ini sudah membahayakan masyarakat lokal dan ekonomi nasional karena mengganggu sarana prasarana vital," ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera itu.

Akses terbatas

General Manager Terminal Petikemas (TPK) Semarang, I Nyoman Sudhiarta mengatakan jalan akses ke wilayah itu masih terbatas, Meski demikian, saat ini TPK Semarang sudah bersiap untuk melakukan kegiatan operasional di lapangan.

Sebelumnya, Puluhan kontainer atau peti kemas yang berada di Pelabuhan Tanjung Emas juga tampak terendam banjir rob. Belum diketahui pasti jumlah kerugian dari berbagai pihak akibat peristiwa banjir rob yang terjadi bersamaan dengan gelombang tinggi, serta diperparah dengan jebolnya tanggul laut di kawasan pelabuhan.

photo
Sejumlah petugas gabungan dari Kepolisian Brimob Batalyon B Pelopor Pekalongan, TNI Kodim 0710 Pekalongan, BPBD Kota Pekalongan dan relawan warga bergotong royong membawa tumpukan karung di Tirto Gang 12, Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (24/5/2022). - (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)

“Karena lapangan penumpukan di area TPK relatif kering, sehingga memungkinkan dilakukan kegiatan operasional," kata Sudhiarta, Selasa.

Ia mengatakan, saat ini ketinggian air di lokasi itu antara 40 sampai 100 sentimeter sepanjang jalan dari Pos 4 sampai pintu gerbang atau gate TPK Semarang, dan sebelumnya sempat mengalami listrik padam.

Namun, Tim TPK Semarang dan PLN telah selesai melakukan pengecekan terhadap panel listrik di area terminal, dan dinyatakan aman untuk aliran listrik, sehingga bisa dilakukan penyambungan alat bongkar muat utama ke dalam panel listrik.

Saat ini, kata dia, terdapat tiga kapal yang sedang dilayani TPK Semarang yakni MV SITC Shekou, MV Uni Premiere dan MV Intan Daya 8. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PEMKOT SEMARANG (@semarangpemkot)

Sumber : Antara


Memperkuat Dewan HAM

Sejak dibentuk, efektivitas Dewan HAM belum signifikan. Namun, cukup menjanjikan untuk mendorong pelaksanaan HAM lebih baik.

SELENGKAPNYA

Mitigasi Krisis Pangan

Beberapa negara berpotensi menghadapi kelaparan panjang jika ekspor Ukraina tak seperti semula.

SELENGKAPNYA

Gus Yahya Tunggu Bukti Klaim Cak Imin

Gus Yahya mengingatkan agar partai politik tak menggunakan identitas NU untuk kepentingan politik.

SELENGKAPNYA
×