Ratu Elizabeth II membuka resmi plakat bertuliskan Elizabeth Line di stasiun Paddington, London, Inggris, Selasa (17/). | Andrew Matthews/Pool via AP

Kisah Mancanegara

19 May 2022, 03:45 WIB

Kejutan, Ratu Inggris Resmikan Elizabeth Line

Ratu berusia 96 tahun ini diketahui telah mengurangi sebagian besar keterlibatan dalam acara publik.

OLEH DWINA AGUSTIN

Ratu Elizabeth II melakukan kunjungan mendadak ke sebuah stasiun kereta api di pusat Kota London, Inggris, Selasa (17/5). Kunjungan tersebut untuk meninjau jalur kereta bawah tanah yang baru selesai dengan namanya yang tersemat sebagai tanda penghormatan.

Ratu berusia 96 tahun ini diketahui telah mengurangi sebagian besar keterlibatan dalam acara publik. Namun, dia muncul di Stasiun Paddington di London. Wajahnya berseri-seri ketika meluncurkan sebuah plakat yang menyatakan secara resmi membuka Elizabeth Line. Jalur kereta timur-barat ini baru akan dibuka untuk umum pada 24 Mei.

Sebelum acara, Istana Buckingham mengatakan, perhelatan itu sebagai hal yang menyenangkan.  Maka penyelenggara acara pun diberitahu tentang kemungkinan Ratu dapat hadir untuk meresmikan jalur baru itu.

photo
Ratu Elizabeth II membuka resmi plakat bertuliskan Elizabeth Line di stasiun Paddington, London, Inggris, Selasa (17/). - (Andrew Matthews/Pool via AP)

Ratu mengenakan pakaian kuning cerah dengan topi yang serasi, berjalan perlahan saat berkeliling stasiun dengan tongkat di tangan. Dia terlihat tersenyum ketika bertemu dengan pekerja kereta api.

Ratu juga diberi kartu Oyster dan diperlihatkan cara menggunakannya di mesin tiket. Dia bergabung dengan putra bungsunya, Pangeran Edward, dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson untuk kunjungan resmi tersebut.

"Kami semua sangat tersentuh, terharu, dan berterima kasih kepada Yang Mulia karena datang untuk membuka Elizabeth Line hari ini. Sangat luar biasa melihatnya," kata Johnson.

Kehadirannya kali ini adalah yang pertama kali dilakukan Ratu Elizabeth II di luar daerah Windsor. Terakhir, ia menghadiri upacara peringatan untuk mendiang suaminya, Pangeran Philip, di Westminster Abbey, pusat London, tujuh pekan lalu.

photo
Ratu Elizabeth II membuka resmi plakat bertuliskan Elizabeth Line di stasiun Paddington, London, Inggris, Selasa (17/). - (Andrew Matthews/Pool via AP)

Sedangkan, di Windsor, ia membuat penampilan publik pertamanya dalam Royal Windsor Horse Show pada Jumat (13/5) setelah absen selama beberapa pekan. Dalam acara tersebut, sang Ratu menyaksikan kuda kesayangannya tampil. Ratu tampak santai sebagai tamu kehormatan di acara berkuda di dekat Windsor yang dihadiri oleh selebritas, termasuk Tom Cruise dan Helen Mirren.

Publik terus menantikan penampilan sang ratu di hadapan umum. Apalagi, ratu Inggris itu kini bersiap untuk merayakan 70 tahun di atas takhta dengan empat hari perayaan Platinum Jubilee pada 2-5 Juni. Menurut istana, ia sempat kesulitan untuk beraktivitas dalam beberapa bulan terakhir.

 


Enam Anak Meninggal Diduga Hepatitis Akut

Enam pasien yang meninggal berusia di bawah delapan tahun.

SELENGKAPNYA

ASEAN Perkuat Kerja Sama Ekonomi 

Pertemuan itu membahas konsolidasi antarnegara untuk kembali memperkuat kerja sama ekonomi.

SELENGKAPNYA

PBB Luncurkan Rencana Energi Terbarukan

Guterres mendesak dunia beralih dari penggunaan subsidi bahan bakar fosil ke energi terbarukan.

SELENGKAPNYA
×