Sejumlah warga melihat dekorasi bertemakan Idul Fitri di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Selasa (26/4/2022). Dekorasi berbentuk masjid, ketupat dan bedug yang dihiasi oleh tanaman tersebut dalam rangka menyambut Idul Fitri 1433 Hijriah. Republika/Putra M. A | Republika/Putra M. Akbar

Khazanah

18 May 2022, 10:34 WIB

Pemerintah Buka Program Bantuan Masjid dan Mushala

Bantuan Masjid dan Mushala bertujuan untuk memakmurkan keduanya.

JAKARTA — Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Islam membuka program Bantuan Pembangunan dan Rehab Masjid dan Mushala Tahun 2022. Pendaftaran dibuka mulai 13-27 Mei 2022 secara daring melalui Sistem Informasi Masjid (Simas).

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Kemenag Prof Kamaruddin Amin menyampaikan, melalui program bantuan pembangunan dan rehab masjid dan mushala ini, pemerintah hadir untuk memberikan afirmasi terhadap masjid. Sebab, masjid adalah tempat yang sangat penting bagi umat dan sangat strategis untuk pembinaan umat.

"Oleh karena itu, kami dalam hal ini pemerintah hadir untuk memberikan bantuan kepada masjid," kata Kamaruddin saat dihubungi Republika, Selasa (17/5).

Ia menjelaskan, sebenarnya jenis bantuan untuk masjid cukup banyak. Bukan hanya memberikan bantuan untuk merehab bangunan masjid, melainkan juga ada bantuan untuk pembinaan takmir masjid, remaja masjid, imam masjid, dan bantuan sound system masjid.

“Untuk tahun ini sesuai dengan arahan menteri agama, Ditjen Bimas Islam sedang merencanakan untuk memberikan afirmasi terhadap masjid,” kata Kamaruddin.

Ia menerangkan, Ditjen Bimas Islam tentu melihat masjid dan mushala mana yang paling membutuhkan bantuan. Pihaknya juga membuat kriteria khusus bersifat administratif untuk dipenuhi agar masjid dan mushala bisa mendapat bantuan.

Terkait program ini, Kakanwil Kemenag Aceh, Iqbal mengajak masyarakat Aceh serta pengurus atau takmir masjid dan mushala untuk memanfaatkan kesempatan tersebut.

"Kita manfaatkan kesempatan ini dengan mendaftarkan mushala atau masjid di daerah masing-masing dengan ketentuan yang berlaku," kata dia.

Ia menjelaskan, besaran bantuan yang diberikan untuk masjid, yakni sebesar Rp 50 juta dan mushala Rp 35 juta. Bantuan ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian Kemenag terhadap pembangunan atau rehab masjid maupun mushala yang belum rampung pada masa pandemi Covid-19.

Sementara, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Imam Addaruquthni menyambut baik program bantuan pembangunan dan rehab masjid dan mushala. Menurut dia, program tersebut adalah kabar baik bagi masjid-masjid dan umat.

"Saya kira ini berita yang bagus. Mungkin kalau nanti bisa dikerjasamakan (programnya) dengan DMI, DMI saya kira siap," kata Imam kepada Republika, Selasa (17/5).

Ia mengatakan, DMI memang sudah memiliki program ke arah memberikan bantuan kepada masjid. Sebab, ada tuntutan dari masyarakat ke arah penguatan masjid, khususnya dalam fungsi-fungsi sosial yang lebih luas.

Ia menjelaskan, fungsi sosial yang bersifat program itu sangat dibutuhkan masjid dan masyarakat. Sedangkan pembangunan fisik masjid, masyarakat sudah melakukan penghimpunan dana sendiri walau di antara mereka tetap ada yang membutuhkan bantuan.

"DMI juga sering kali juga ikut mengambil bagian untuk membantu pembangunan fisik masjid walau tidak banyak karena DMI bukan lembaga bantuan keuangan," ujar Imam.

Beberapa daerah strategis perlu dipikirkan bagaimana menguatkan ekonomi mereka melalui masjid. Jadi, penguatan ekonomi berbasis masjid perlu diperhatikan.

Pihaknya, Imam menyatakan sangat siap jika Ditjen Bimas Islam Kemenag ingin mendiskusikan program ini. "DMI siap, biasanya dilakukan melalui FGD dulu membicarakan langkah-langkah strategisnya. Saya rasa pemerintah tidak terlalu mudah menjalankan program (bantuan masjid) itu tanpa ada kerja sama dengan lembaga sosial seperti ormas khususnya DMI,” katanya.


Malam Spesial Glasgow Rangers di Sevilla

Glasgow Rangers dan Eintracht Frankfurt akan berduel pada partai final Liga Europa.

SELENGKAPNYA

Pelatih Arsenal Arteta Tolak Menyerah

Peluang Arsenal lolos ke Liga Champions musim depan berubah mengecil.

SELENGKAPNYA

Adopsi Teknologi, Kunci Sukses Bisnis FnB

Dengan teknologi yang membantu efisiensi, pelaku usaha dapat berfokus kepada strategi pengembangan.

SELENGKAPNYA
×