Sejumlah peserta menunggu waktu pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta, Selasa (17/5/2022). | Republika/Putra M. Akbar

Nasional

18 May 2022, 03:45 WIB

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN Berjalan Lancar

Lima individu berkebutuhan khusus mengikuti UTBK Universitas Jenderal Soedirman.

SOLO -- Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di sejumlah universitas negeri berjalan lancar. Sebanyak 26.408 orang orang mengikuti UTBK Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah (Jateng), pada 2022. 

Jumlah peserta UTBK UNS Surakarta pada tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu sebanyak 22.385 orang. "Peningkatannya 4.023 orang jika dibandingkan dengan tahun lalu," kata Rektor UNS Jamal Wiwoho usai peninjauan pelaksanaan UTBK di Kampus UNS Solo, Selasa (17/5).

Menurut Jamal, kenaikan jumlah peserta juga terjadi pada peserta UTBK secara nasional. "Kalau secara nasional naiknya 3,2 persen, dari 775.810 peserta pada tahun 2021, tahun 2022 ini menjadi 800.852 peserta," katanya.

photo
Sejumlah peserta menunggu waktu pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta, Selasa (17/5/2022). Sebanyak 29.120 peserta mengikuti UTBK SBMPTN 2022 di UNJ yang berlangsung dalam dua gelombang. Gelombang pertama digelar pada 17-23 Mei dan gelombang kedua 28 Mei-3 Juni 2022. - (Republika/Putra M. Akbar)

Ia mengatakan, pada pelaksanaan hari pertama UTBK UNS ini, jumlah peserta yang mengikuti ujian sebanyak 926 orang. Ia mengatakan ada 54 orang yang tidak hadir. "Kalau berdasarkan pengalaman lalu, ketidakhadiran terjadi karena ada perubahan pilihan prodi oleh peserta," katanya.

Sedangkan dari total peserta UTBK, ada dua yang merupakan penyandang disabilitas tuna netra. Ia mengatakan kedua peserta tersebut masuk ke program studi Pendidikan Luar Biasa (PLB) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS.

Ia mengatakan untuk peserta berkebutuhan khusus tersebut difasilitasi dengan menggunakan perangkat lunak khusus yang sudah disediakan oleh pihak penyelenggara. "Untuk pelaksanaannya akan dibantu oleh pendamping," katanya.

photo
Peserta memakai sarung tangan saat menunggu waktu pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta, Selasa (17/5/2022). - (Republika/Putra M. Akbar)

Di Purwokerto, Jateng, sebanyak lima individu berkebutuhan khusus atau disabilitas mengikuti UTBK Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed). "Secara keseluruhan, UTBK-SBMPTN 2022 di Unsoed diikuti 16.651 peserta ujian, lima orang di antaranya merupakan penyandang disabilitas," kata Koordinator Humas Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Unsoed Tahun 2022 Wisnu Widjanarko.

Khusus untuk peserta disabilitas, pelaksanaan ujiannya akan dipisahkan dengan peserta lainnya. Dia menambahkan, waktu pelaksanaan ujian terbagi menjadi dua gelombang, yakni gelombang pertama pada 17-23 Mei dan gelombang kedua pada 28 Mei-3 Juni 2022.

Sementara itu, sebanyak 19.487 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Brawijaya (UB), Malang. Sebanyak 16.624 peserta mengikuti UTBK Universitas Airlangga (Unair). 

photo
Petugas memberikan hand sanytizer kepada peserta yang akan melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta, Selasa (17/5/2022). - (Republika/Putra M. Akbar)

IPB University memfasilitasi 19.711 peserta UTBK 2022 terdiri atas 19.132 peserta kelompok ujian saintek/soshum dan 579 peserta campuran. UTBK SBMPTN di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin tahun ini diikuti 10.113 peserta.  yang terbagi dalam 4.378 peserta ujian saintek, 4.466 peserta ujian soshum dan 1.269 peserta ujian campuran.

"Alhamdulillah, dari laporan seluruh ruang ujian dan pantauan langsung kami, semuanya lancar mulai pukul 07.45 WITA sampai berakhir 11.30 WITA," kata Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Aminuddin Prahatama Putra. 

Sumber : antara


Wajib Masker Dilonggarkan

Pelonggaran wajib masker menjadi bagian program transisi dari pandemi menuju endemi Covid-19.

SELENGKAPNYA

Warung Pangan BUMN Sediakan Minyak Goreng Rakyat 

Lutfi berharap program itu dapat memperbanyak ketersediaan minyak goreng curah.

SELENGKAPNYA

Gereja Kutuk Arogansi Polisi Israel 

Rekaman kamera menunjukkan pasukan Israel menyerbu gedung tempat jenazah Abu Akleh disemayamkan.

SELENGKAPNYA
×