Pedayung Dewi Purwanti (kiri), Maslin Efrilia (kedua kiri), Annisa Meilani Yahya (kanan), dan Putri Agni Anugrah (kedua kanan) berpose usai finis kedua dalam nomor quadruple sculls putri (W4X) dayung SEA Games 2021 di Thuy Nguyen Hai Pong Aquatic Center, | ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Olahraga

17 May 2022, 01:01 WIB

Timnas Indonesia Memburu Tiket Final Sea Games

Timnas Indonesia berupaya menunjukkan performa terbaik di Sea Games Vietnam

 

JAKARTA – Tim nasional Indonesia mengamankan satu tempat di babak semifinal cabang olahraga sepak bola putra SEA Games Vietnam. Kemenangan 3-1 atas Myanmar pada laga pamungkas penyisihan Grup A di Stadion Viet Tri, Ahad (15/5), membawa tim besutan Shin Tae-yong mengakhiri klasemen di peringkat kedua. Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Marselino Ferdinan masing-masing menyumbangkan satu gol dalam kemenangan tersebut.

Indonesia mengumpulkan sembilan poin hasil dari tiga kemenangan dan satu kali kalah dari empat laga Grup A. Skuad Garuda hanya terpaut satu poin dari Vietnam yang melaju ke babak semifinal dengan status juara grup.

Indonesia pun menjaga harapan bisa segera mengakhiri puasa emas sepak bola di SEA Games setelah terakhir kali meraihnya pada 1991 silam. Namun, tantangan yang akan dihadapi  Witan dan kawan-kawan bertambah besar. Pada babak empat besar, Indonesia bakal menghadapi lawan tangguh, kemungkinan bentrok dengan Thailand. Sebab, Malaysia yang dijagokan keluar sebagai juara Grup B, di luar dugaan ditahan imbang Kamboja, 2-2, pada laga terakhir, Senin (16/5) sore. Jika Thailand mengalahkan Laos, tim Gajah Perang akan lolos sebagai juara Grup B dengan nilai sembilan, unggul satu angka dari Malaysia.

Siapa pun lawan Indonesia, pelatih Shin Tae-yong menegaskan kesiapan pasukannya. Sebab, Indonesia tak bisa memilih lawan. Malaysia dan Thailand dinilai sama tangguhnya. "Kami akan bersiap semaksimal mungkin. Namun, saya tak bisa pastikan Elkan (Baggott) dan Saddil (Ramdani) bisa bermain pada laga berikutnya,'' ujar Shin Tae-yong, seperti dilansir Zing, Senin (16/5).

Sikap optimistis digaungkan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Sosok yang kerap disapa Iwan Bule itu percaya timnas Indonesia bisa menyingkirkan lawannya di babak semifinal dan melaju ke laga perebutan medali emas SEA Games.

"Siapa pun lawannya di babak semifinal, harus dikalahkan. Kalau melihat grafik penampilan tim yang terus meningkat, saya yakin Indonesia bisa melaju ke babak final," tutur Iriawan, seperti dilansir laman resmi PSSI.

Indonesia menunjukkan tren peningkatan performa. Setelah dibekap Vietnam, 0-3, pada laga pembuka, Indonesia mampu bangkit mengumpulkan kemenangan dalam tiga laga terakhir. Tidak tanggung-tanggung, Witan dan kawan-kawan mencetak 11 gol dan hanya kebobolan dua dari tiga laga itu. Kemenangan 4-1 atas Timor Leste diikuti dengan keberhasilan mencukur Filipina, 4-0, pada laga berikutnya. Terakhir, Garuda Muda membungkam Myanmar, 3-1.

Perlahan, timnas Indonesia mulai memperlihatkan kekompakan dan kesepahaman permainan di atas lapangan, aspek yang tidak terlihat di laga pembuka. Ini yang harus ditingkatkan saat Indonesia berlaga pada semifinal di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Kamis (19/5) ini.

Negara Emas Perak Perunggu Total

Vietnam 80 50 53 183

Thailand 34 33 50 117

Filipina 27 32 42 101

Indonesia 23 35 27 85

Singapura 18 23 24 65 ';

×