Real Madrid | AP Photo/Bernat Armangue

Olahraga

14 May 2022, 18:47 WIB

Karim Benzema, Wak Haji yang Makin Bertaji

Tanpa Benzema, Madrid dianggap kesulitan untuk mencetak gol.

 Karim Benzema memang sudah tidak lagi muda sebagai seorang striker. Tapi, kariernya justru makin melejit bersama Real Madrid. Wak Haji, julukan Benzema, kini sudah menyamai rekor gol legenda Los Blancos, Raul Gonzalez.

Sundulannya pada babak pertama usai memanfaatkan umpan Vinicius Jr, membuat pemain berusia 34 tahun itu sudah mengoleksi 323 gol.

Namun hebatnya, Benzema mencetak 323 dengan 141 pertandingan lebih sedikit dari Raul. Artinya, ia hanya tertinggal dari Cristiano Ronaldo yang mencetak 450 gol untuk klub asal ibu kota Spanyol tersebut.

Musim ini, Benzema telah mencetak 42 gol di La Liga dan Liga Champions. Total di semua kompetisi, Wak Haji sudah mencetak 44 gol dari 44 pertandingan yang ia mainkan. Benzema memimpin daftar pencetak gol terbanyak untuk La Liga Pichichi.

Benzema telah bersama Real Madrid sejak 2009 ketika ia bergabung dari Olympique Lyon. Pemain asal Prancis itu selalu menjadi bagian penting dari tim. Tapi, level permainannya sudah jauh berkembang selama beberapa musim terakhir.

Ia berkontribusi membawa Real Madrid menjuarai La Liga Spanyol dan Piala Super Spanyol. Ia juga menjadi aktor utama dalam membawa Los Blancos ke final Liga Champions di mana mereka akan menghadapi Liverpool, akhir bulan ini.

Meski usianya sudah 34 tahun pada Desember lalu, Benzema, yang baru diterima kembali di tim nasional Prancis, tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. Ia bahkan telah memainkan sepak bola terbaiknya bersama Real Madrid.

''Saya tidak tahu dia telah menyamakan rekor gol Raul. Dia mencetak banyak gol dan melakukan banyak hal lain untuk tim,'' kata penyerang Real Madrid, Vinicius Jr, dikutip dari BBC, Jumat (13/5).

Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, bahkan tidak ingin menyebut Benzema sebagai seorang penyerang tengah semata. Ia mengakui, Benzema merupakan pemain yang fantastis sebagai seorang penyerang.

Sebab, Benzema bukan hanya pencetak gol terbanyak, melainkan juga rajin memberikan assist untuk rekan setimnya. Selain itu, Ancelotti menambahkan, Benzema juga ikut ambil bagian dalam pengembangan permainan.

Walaupun sudah tidak lagi muda, pelatih asal Italia itu menyatakan kalau Benzema masih punya semangat bermain dan profesionalisme untuk selalu berada di puncak.

''Dia pemain yang lengkap dan bagi kami dia sangat penting. Karena, dia mencetak begitu banyak gol. Dia pemain top dan saya pikir dia yang terbaik saat ini,'' ujar Ancelotti menjelaskan, dikutip dari Football-espana.

Sejak Ronaldo pergi, Ancelotti menyatakan kalau Benzema mengambil alih kepemimpinan di dalam tim. Ronaldo merupakan pemain yang bisa mencetak sekitar 50 gol dalam satu musim.

Tanpa dia, Madrid dianggap kesulitan untuk mencetak gol. ''Karim mengambil tanggung jawab ini dan menjadi lebih penting bagi tim. Tapi, skuad ini memiliki banyak pemimpin,'' ujar dia.


×