Direktur Layanan dan Niaga Garuda Indonesia Ade R Susardi (kiri) berbincang dengan Direktur Layanan & Jaringan BNI Ronny Venir pada pembukaan program Garuda Indonesia Online Travel Fair (GOTF) 2022 di Tangerang, Banten, Kamis (31/3/2022). Kegiatan ini mer | ANTARA FOTO/Fauzan

Ekonomi

Garuda Kembali Layani Penerbangan Umrah dari Makassar

Penerbangan Garuda Indonesia untuk umrah dari Makassar tersebut dilayani tiga kali selama Mei 2022.

JAKARTA — Maskapai Garuda Indonesia kembali melayani penerbangan umrah dari Makassar, Sulawesi Selatan, mulai Selasa (3/5). Layanan itu bertepatan dengan kembalinya layanan penerbangan luar negeri di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar.

Pada penerbangan perdana umrah sejak pandemi tersebut, Garuda Indonesia mengangkut 259 calon jamaah melalui penerbangan langsung tanpa transit rute Makassar-Madinah.

"Layanan penerbangan umrah langsung Makassar-Madinah ini menjadi komitmen berkelanjutan Garuda Indonesia dalam memastikan hadirnya konektivitas penerbangan langsung bagi calon jamaah umrah dari wilayah asal," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (3/5) malam.

Dia menjelaskan, penerbangan umrah dari Makassar tersebut dilayani tiga kali selama Mei 2022. Penerbangan menggunakan armada Airbus A330-900 Neo dengan kapasitas 22 penumpang kelas bisnis dan 277 penumpang kelas ekonomi. 

Irfan mengatakan, adanya penerbangan tersebut diharapkan dapat memberikan pilihan yang lebih beragam bagi calon jamaah umrah, khususnya untuk berangkat ke Tanah Suci tanpa melalui transit di Jakarta. Dia memastikan Garuda Indonesia akan terus memaksimalkan peluang pengembangan jaringan penerbangan langsung untuk layanan umrah dari berbagai wilayah keberangkatan lainnya. 

"Sehingga aksesibilitas layanan penerbangan umrah akan semakin seamless melalui penerbangan tanpa transit menuju Tanah Suci,” ujar Irfan.

Irfan mengatakan, pengoperasian kembali penerbangan umrah dari Makassar tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen Garuda Indonesia sebagai maskapai nasional untuk berpartisipasi aktif menjembatani kebutuhan masyarakat. Dia menilai layanan penerbangan umrah dari Makassar juga mendukung upaya optimalisasi pasar penerbangan umrah melalui perluasan jaringan di berbagai kota besar di Indonesia.

Irfan menyampaikan, antusiasme dan kerinduan masyarakat untuk kembali melaksanakan perjalanan ibadah ke Tanah Suci sangat tinggi karena sebelumnya telah tertunda selama lebih dari dua tahun. Irfan memastikan, Garuda akan terus memantau perkembangan dan menjalin koordinasi intensif dengan berbagai pemangku kepentingan untuk memastikan kelancaran perjalanan ibadah umrah bagi seluruh calon jamaah.

Saat ini, Garuda Indonesia mengoperasikan sembilan penerbangan ke Tanah Suci. Penerbangan tersebut dilayani melalui tiga kota besar, yaitu Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, pembukaan rute penerbangan langsung umrah tersebut akan memberikan dampak ekonomi terhadap wilayahnya. Andi pun menantikan adanya penerbangan langsung bagi jamaah haji di Sulawesi Selatan.

Dia menilai Makassar dapat menjadi titik temu calon jamaah yang berasal dari Indonesia timur, seperti Palu, Kendari, Ambon, dan Papua. Dengan adanya kunjungan tersebut, dia berharap akan ada suntikan konsumsi yang kemudian menggerakkan perekonomian masyarakat. Dia juga berharap akan adanya layanan kargo langsung guna mendukung pemulihan ekonomi.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Tiga Pasien Meninggal tak Punya Riwayat Hepatitis

Didorong upaya masif pelacakan hepatitis akut bergejala berat di setiap daerah.

SELENGKAPNYA

Israel Siapkan Mikromanajemen Warga Palestina

Aturan itu menyebutkan, warga asing yang hendak menikah atau bertunangan dengan warga Palestina harus melapor ke militer Israel 30 hari sebelum acara dilakukan.

SELENGKAPNYA

WHO: Ada Dua Subvarian Baru Omikron

Menteri Luar Negeri AS dinyatakan positif Covid-19 dengan gejala ringan.

SELENGKAPNYA