Sejumlah calon penumpang pesawat mengantre di loket lapor diri Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (19/4/2022). PT Angkasa Pura II Cabang Soekarno Hatta mencatat jumlah pergerakan penumpang di Bandara tersebut pada minggu ketiga b | ANTARA FOTO/Fauzan/nym.

Ekonomi

Angkasa Pura I dan II Layani Jutaan Pemudik

Angkasa Pura II melayani 2,13 juta orang dengan pergerakan pesawat 17.477 penerbangan di 20 bandara.

JAKARTA — PT Angkasa Pura I dan II (Persero) melayani jutaan pemudik pada periode mudik Lebaran terhitung Senin (25/4) hingga Selasa (3/5). AP I melayani sekitar 1,3 juta pemudik lewat 15 bandara yang dikelolanya.

“AP I melayani kurang lebih 1,3 juta penumpang. Angka tersebut baru sekitar 59 persen jika dibandingkan pada periode yang sama 2019 atau sebelum pandemi Covid-19 yang melayani sekitar 2,2 juta penumpang,” kata VP Corporate Secretary AP I Handy Heryudhitiawan kepada Republika di Jakarta, Rabu (4/5). 

Terkait trafik penerbangan, Handy menyebutkan, yang dilayani AP I pada periode mudik Lebaran mencapai 11.895 pergerakan pesawat. Angka tersebut baru sekitar 63 persen jika dibandingkan periode yang sama pada 2019 yang melayani 19.163 pergerakan pesawat.

“Ada tiga bandara AP I yang melayani penumpang dan pesawat tertinggi pada periode 25 April hingga 3 Mei 2022. Pertama adalah Bandara Juanda yang melayani 282.798 penumpang dengan trafik penerbangan mencapai 2.194 pergerakan pesawat,” ujar Handy. 

Kedua, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yang melayani 260.015 penumpang dengan trafik penerbangan mencapai 2.113 pergerakan pesawat. Ketiga, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang melayani 252.063 penumpang dengan trafik penerbangan mencapai 1.891 pergerakan pesawat.

AP I Cabang Bandara Internasional Pattimura Ambon memprediksi puncak arus balik pada H+5 pascaperayaan Idul Fitri 1443 Hijriyah. “Prediksi kenaikan pergerakan penumpang dan pesawat antara 10 persen hingga 20 persen pada April dan Mei jika dibandingkan Maret 2022,” kata Legal Compliance and Stakeholder Relation Manager AP I Cabang Bandara Pattimura Ambon Aditya Narendra.

photo
Sejumlah calon penumpang pesawat berjalan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (5/5/2022). PT Angkasa Pura II memprediksi puncak arus mudik lebaran Idul Fitri 1443 H di Bandara Soekarno Hatta terjadi pada 7-8 Mei 2022. - (ANTARA FOTO/FAUZAN)

 

Aditya mengatakan, peningkatan jumlah penumpang mudik Lebaran sejak H-7  yang mencapai 4.000-an orang datang ataupun berangkat bisa terlayani dan terpantau dengan baik. Namun, pergerakan penumpang dan pesawat akan kembali mengalami lonjakan setelah usai perayaan Idul Ftiri.

Sementara itu, Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menyebutkan, jumlah penumpang di 20 bandara yang dikelola sepanjang Jumat (22/4) hingga Selasa (3/5) tembus melebihi dua juta orang. Ia memastikan, penyelenggaraan angkutan Lebaran 2022 di seluruh bandara AP II berjalan lancar.

“Jumlah pergerakan penumpang di 20 bandara AP II secara kumulatif mencapai 2,13 juta orang dengan pergerakan pesawat sebanyak 17.477 penerbangan,” ujar Awaluddin. 

Awaluddin menambahkan, khusus pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta pada periode tersebut jumlahnya sudah mencapai 90 persen dari angkutan Lebaran 2019. AP II mencatat jumlah pergerakan penumpang periode tersebut di Bandara Soekarno-Hatta tercatat 1,36 juta orang dengan pergerakan pesawat mencapai 10.989 penerbangan.

“Lima besar destinasi dari Bandara Soekarno-Hatta pada 22 April hingga 4 Mei adalah ke Denpasar, Medan, Makassar, Surabaya, dan Pontianak,” kata Awaluddin. 

photo
Sejumlah calon penumpang pesawat berjalan di dekat papan informasi penerbangan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (5/5/2022). PT Angkasa Pura II memprediksi puncak arus mudik lebaran Idul Fitri 1443 H di Bandara Soekarno Hatta terjadi pada 7-8 Mei 2022. - (ANTARA FOTO/FAUZAN)

Awaluddin menilai, angkutan Lebaran 2022 menjadi tantangan bagi AP II dan pemangku kepentingan. Sebab, dia menambahkan, dua tahun sebelumnya tidak ada penyelenggaraan angkutan Lebaran sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

Meskipun begitu, Awaluddin memastikan AP II dan stakeholder terkait dapat berkolaborasi. Dengan begitu, pelaksanaan arus mudik dapat berjalan dengan lancar dan kini bersiap menyambut arus balik. 

Awaluddin menyebutkan, realisasi dari kolaborasi di antara stakeholder bandara AP II adalah penyesuaian pola operasional bandara dan maskapai. Begitu juga dengan pengaturan slot time penerbangan, optimalisasi pergerakan pesawat di sisi udara bandara, kecepatan, dan ketepatan penanganan penumpang di terminal, serta optimalisasi ground handling

photo
Sejumlah calon penumpang pesawat antre di loket lapor diri Terminal 2 keberangkatan domestik Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (30/4/2022). PT Angkasa Pura II memprediksi puncak arus mudik jalur udara melalui Bandara Soekarno Hatta terjadi pada hari ini. - (ANTARA FOTO/Fauzan)

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menggelar fire briefing kepada ratusan personel di Bandara Soekarno-Hatta guna menyukseskan angkutan Lebaran. “Saya ingin memastikan kita semua harus kembali siap. Siap dalam menghadapi mudik, kita memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan keluarga kita yang akan mudik,” ujar Erick. 

Erick menginginkan semua pihak dapat memberikan pelayanan yang baik pada arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 2022. Upaya bersama mewujudkan kelancaran angkutan Lebaran 2022 di Bandara Soekarno-Hatta juga mendapat apresiasi dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Saat melakukan inspeksi di Bandara Soekarno-Hatta pada arus mudik, Budi menuturkan operator bandara, operator sarana, dan navigasi penerbangan sangat kompak dalam berkolaborasi sehingga mampu memenuhi permintaan. “Dengan jumlah sarana yang lebih sedikit, tetapi bisa menciptakan pergerakan yang banyak,” kata Budi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by soekarnohattaairport (soekarnohattaairport)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Tiga Pasien Meninggal tak Punya Riwayat Hepatitis

Didorong upaya masif pelacakan hepatitis akut bergejala berat di setiap daerah.

SELENGKAPNYA

Israel Siapkan Mikromanajemen Warga Palestina

Aturan itu menyebutkan, warga asing yang hendak menikah atau bertunangan dengan warga Palestina harus melapor ke militer Israel 30 hari sebelum acara dilakukan.

SELENGKAPNYA

WHO: Ada Dua Subvarian Baru Omikron

Menteri Luar Negeri AS dinyatakan positif Covid-19 dengan gejala ringan.

SELENGKAPNYA