Kendaraan pemudik mengantre saat menunggu giliran untuk melakukan verifikasi tiket online di Pintu Tol Penyeberangan Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (30/4/2022). Sekitar pukul 09.26 WIB, pintu tol penyeberangan mengalami penumpukan kendaraan yang di domina | Republika/Thoudy Badai

Nasional

Jumlah Kecelakaan Mudik Turun

Rekayasa lalu lintas pada masa mudik diberlakukan di sejumlah ruas jalan tol.

JAKARTA -- Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, secara keseluruhan jumlah kecelakaan Lebaran 2022 di tol maupun non-tol sebanyak 2.945 kejadian. Jumlah tersebut mengalami penurunan dibandingkan pada 2021 lalu.

"Terdapat 51 kecelakaan yang terjadi di jalan tol. Sementara, kecelakaan di jalan non-tol terjadi sebanyak 2.894 kejadian. Jika ditotal secara keseluruhan jumlah kecelakaan di tol maupun non-tol sebanyak 2.945. Tetapi, angka itu mengalami penurunan sebanyak satu persen jika dibandingkan tahun 2021 lalu yang di mana adanya larangan mudik bagi masyarakat," kata Dedi, Selasa (3/5).

Dedi melanjutkan, angka kecelakaan tersebut merupakan rekapitulasi dari mulai 23 April sampai 2 Mei 2022. Selain itu, lanjut dia, jumlah korban meninggal dunia dan luka ringan mengalami penurunan. Untuk luka berat, ada peningkatan.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat yang mudik untuk menghindari puncak arus balik yang diperkirakan terjadi pada tanggl 6, 7, dan 8 Mei 2022. "Karena itu, bisa dipertimbangkan oleh warga setelah silaturahim dengan keluarga, bisa dimanfaatkan waktu pulang lebih awal. Kalau memang waktunya cukup bagi yang cuti, bisa pulang setelah tanggal 9 Mei," kata Dedi.

Dalam menghadapi puncak arus balik, polisi juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengurangi potensi kepadatan seperti sistem satu arah atau one way dan contraflow.

Rekayasa lalu lintas dilakukan Jasa Marga di sejumlah ruas tol. Marketing and Communication Department Head Jasamarga Trans-Jawa Tollroad Regional Division Tody Satria mengatakan, Jasa Marga melakukan rekayasa lalin contraflow mulai dari Km 47 sampai dengan Km 65 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek Pada Rabu (4/5) sejak pukul 09.09 WIB.

Kemudian, perpanjangan contraflow kembali diberlakukan pada Km 36+800 sd Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek untuk satu lajur. “Dengan demikian, contraflow saat ini yang diberlakukan sejak pukul 12.50 WIB yaitu contraflow Km 36+800 sampai dengan Km 65 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek,” kata Tody, Rabu.

Kebijakan buka tutup akses masuk Jalan Layang Tol Mohamed Bin Zayed (MBZ) dilakukan secara situasional melalui diskresi kepolisian. Hal tersebut diberlakukan untuk akses masuk portal Jati Bening dan Kalimalang yang telah ditutup sejak pukul 08.25 WIB. Sedangkan, akses masuk Portal Jatiasih sempat dibuka pukul 09.50 WIB dan kembali ditutup pada pukul 10.44 WIB. Rekayasa contraflow juga diberlakukan pada Ruas Tol Semarang-Solo pada Km 427 sampai dengan Km 430.

Pemberlakuan contraflow di jalan Tol Cikampek Km 47 membuat arus lalu lintas menuju Cikampek menjadi ramai lancar. Berdasarkan pantauan pada Rabu, hingga H+1 Lebaran 2022, kondisi arus balik menuju Jakarta terpantau lengang dan terlihat lebih banyak kendaraan yang menuju arah Cikampek.

Terlihat banyak kendaraan roda empat yang menuju arah Cikampek yang didominasi oleh mobil pribadi dan bus. Sistem contraflow ini dimulai dari Km 47 hingga 65. Menurut keterangan dari PT Jasa Marga, contraflow telah diberlakukan sejak pukul 10.17 WIB.

Manajer Transaksi Tol Cikampek Ahmad Zamzuri mengatakan, penerapan sistem contraflow pada Km 47 hingga 65 ini akan terus diberlakukan hingga beberapa hari ke depan. Menurutnya, sistem contraflow ini akan terus diterapkan hingga arus lalu lintas berjalan normal karena pada jalur A saat ini masih mengalami kepadatan.

"Sampai lalu lintas normal waktunya tergantung kondisi belum bisa ditentukan sampai kapan karena lalin jalur A masih padat. Sementara ini, contraflow, dari Km 47 sampai 65 kondisi normal," kata Zamzuri.

Rekayasa contraflow juga diberlakukan di ruas Tol Semarang-Solo yang berlangsung hingga empat jam pada Rabu. Rekayasa ini dilakukan untuk mencairkan kepadatan arus lalu lintas di ruas tol tersebut.

Petugas Pos Tim Urai Kemacetan Ruas Tol Semarang-Solo Ipda Ryan Sitorus yang dikonfirmasi mengatakan, kepadatan arus lalu lintas dari arah Semarang di ruas tol Semarang-Solo terpantau sejak Rabu pagi.

“Puncaknya pada pukul 10.00 WIB, saat ekor antrian kendaraan yang mengalir ke arah Solo (dari pintu Rest Area KM 429A) telah mencapai Km 422 atau dua kilometer setelah Gerbang Tol (GT) Banyumanik, Kota Semarang,” kata Ryan.

Sementara, Polres Sumedang mulai memberlakukan sistem buka tutup di pintu Tol Cisumdawu untuk seksi dua dan tiga menuju arah Tol Cileunyi. Sistem buka tutup ini mulai diberlakukan pada Rabu pukul 14.00 hingga 17.00 WIB.

Kapolres Sumedang Eko Prasetyo Robbyanto mengatakan, keputusan membuka pintu tol tersebut dilakukan setelah jajarannya melakukan monitoring di lapangan sejak pagi tadi. Dari hasil monitoring tersebut, kata dia, kondisi lalin arus balik di perbatasan Majalengka-Sumedang mulai mengalami peningkatan yang signifikan.

“Sehingga kami harus memberikan jalur kepada masyarakat yang ingin kembali ke daerah asal mudik,” ujar Eko.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Tiga Provinsi Alami Bencana

Seorang anak terseret banjir bandang di Sumedang

SELENGKAPNYA

Evaluasi Mudik Tentukan Status Endemi Covid-19

Keberadaan posko vaksin selama mudik lebaran menyumbang penambahan angka vaksinasi Covid-19 nasional.

SELENGKAPNYA

Silaturahim Elite Politik Dinilai Terkait Pilpres

Gerindra sangat diuntungkan mengingat elektabilitas dua kadernya cukup baik.

SELENGKAPNYA