ENIAC yang merupakan komputer pertama di dunia. | Wikipedia

Inovasi

Balada Mesin Komputasi Pertama

ENIAC adalah bagian penting dari perjalanan perkembangan teknologi komputasi.

Seiring kemajuan teknologi di awal hingga pertengahan 1900-an, kebutuhan akan kecepatan komputasi, terus mengalami pertumbuhan. Menanggapi kebutuhan ini, militer Amerika Serikat (AS) kemudian menginvestasikan setengah juta dolar AS untuk menciptakan mesin komputasi yang ideal.

Dilansir dari ThoughtCo, Selasa (19/4), pada 31 Mei 1943, komisi militer untuk komputer baru tersebut pun dimulai dengan kemitraan antara John Mauchly dan John Presper Eckert. Mauchly, yang pernah bertugas di militer, mendapat kepercayaan sebagai kepala konsultan dan Eckert sebagai chief engineer.   

Sebelumnya, Eckert pernah menjadi mahasiswa pascasarjana di Moore School of Electrical Engineering University of Pennsylvania, dan bertemu Mauchly pada 1943. Tim baru ini, membutuhkan waktu sekitar satu tahun untuk merancang Electrical Numerical Integrator and Calculator (ENIAC).

Namun, ENIAC masih membutuhkan tambahan waktu 18 bulan lagi, ditambah setengah juta dolar AS dari uang pajak untuk menuntaskan pengembangannya.

Mesin itu juga tidak dihidupkan secara resmi sampai November 1945, saat perang usai. Militer menggunakan ENIAC, untuk melakukan perhitungan untuk desain bom hidrogen, prediksi cuaca, studi sinar kosmik, pengapian termal, studi bilangan acak, hingga mendesain terowongan angin.

Setahun kemudian, Mauchly dan Eckert terus mengembangkan fungsi ENIAC lebih jauh lagi. Militer AS juga mensponsori penelitian ini karena memerlukan komputer untuk menghitung tabel penembakan artileri.

Untuk mengukur penembakan artileri yang tepat, memang diperlukan senjata yang berbeda. Terutama ketika berada dalam kondisi yang bervariasi demi akurasi target.

Sebagai cabang militer yang bertanggung jawab menghitung tabel, Ballistics Research Laboratory (BRL) menjadi tertarik, setelah mendengar tentang penelitian Mauchly di Moore School. Mauchly sebelumnya telah menciptakan beberapa mesin hitung dan pada 1942.

Ia kemudian mulai merancang mesin hitung yang lebih baik berdasarkan karya John Atanasoff, seorang penemu yang menggunakan tabung vakum untuk mempercepat perhitungan.

Paten untuk ENIAC pun diajukan pada 1947. Kutipan dari paten, (US#3.120.606) yang diajukan pada 26 Juni di tahun tersebut, berbunyi,”Dengan munculnya penggunaan sehari-hari dari perhitungan yang rumit, kecepatan menjadi sangat penting sedemikian rupa. Sehingga tidak ada mesin di pasar saat ini yang mampu memenuhi permintaan penuh dari metode komputasi modern.”

Menurut penemu sekaligus penulis buku bertemakan teknologi Rocco Leonard Martino, ENIAC adalah salah satu inovasi terbesar dalam sejarah. ENIAC merupakan komputer elektronik serbaguna pertama di dunia.

"Kehadirannya mencakup inovasi radikal, dan revolusioner. ENIAC juga menjadi kakek dari komputer dan transformasi informasi dunia kita saat ini," ujar Rocco, dikutip dari Foreign Policy Research Institute, Selasa (19/4).  Menurutnya, ENIAC juga menjadi mesin pertama yang pernah ditemukan dalam sejarah teknologi, yang lebih berfokus memperkuat pikiran daripada kekuatan fisik.

Kemudahan Komputasi

ENIAC adalah bagian teknologi yang rumit dan terperinci pada masanya. Ia memakan tempat sekitar 40 lemari setinggi 2,74 meter atau sembilan kaki. Mesin ini juga berisi 17.468 tabung vakum bersama dengan 70 ribu resistor, 10 ribu kapasitor, 1.500 relays, 6.000 saklar manual, dan lima juta sambungan solder.

Dimensinya mencapai 167 meter persegi di ruang lantai dan beratnya mencapai 30 ton. Untuk menjalankan ENIAC diperlukan 160 kilowatt daya listrik.

Sementara untuk mendinginkan mesinnya, diperlukan dua kipas  berkekuatan 20 tenaga kuda. Banyaknya energi yang digunakan untuk operasional ENIAC, menyebabkan rumor bahwa menyalakan mesin akan menyebabkan kota Philadelphia mengalami pemadaman listrik.

Tetapi cerita tersebut, yang pertama kali dilaporkan secara tidak benar oleh Philadelphia Bulletin pada 1946, telah diabaikan. Cerita tersebut pun dianggap sebagai mitos urban.

Walau ENIAC dikembangkan di era yang belum dipenuhi inovasi seperti saat ini, tapi mesin ini memiliki kemampuan yang tidak kaleng-kaleng. Dikutip dari ZDNet, Selasa ((19/4), Profesor dari  Universitas Pennsylvania, Irving Brainerd memperkirakan, bahwa selama 80.223 jam ENIAC beroperasi, mesin ini telah mengerjakan lebih banyak perhitungan daripada yang dilakukan oleh seluruh umat manusia sejak waktu dimulai. “Pada masanya, memang ada beberapa mesin lain yang juga dapat melakukan komputasi. Namun ENIAC benar-benar futuristik,” Brainerd mengungkapkan.

Hanya dalam satu detik, ENIAC dapat langsung dinyalakan dan melakukan 5.000 penambahan, 357 perkalian, atau 38 pembagian. Penggunaan tabung vakum alih-alih sakelar dan relays juga menghasilkan peningkatan kecepatan. Tetapi ENIAC ternyata tetap memiliki aspek kelambatan, yaitu bukan merupakan mesin yang cepat untuk diprogram ulang.

Perubahan pemrograman pada ENIAC akan memakan waktu hingga beberapa pekan bagi teknisi. Selain itu, mesinnya juga selalu membutuhkan perawatan hingga berjam-jam.

Pada 1948, Dr John Von Neumann membuat beberapa modifikasi pada ENIAC. Di tangan Neumann, ENIAC telah mampu melakukan operasi aritmatika dan transfer secara bersamaan. Hal inilah yang diperkirakan, menjadi penyebab ENIAC lebih sulit untuk diprogram ulang. 

Akhir dari ENIAC

Meskipun memiliki peran yang signifikan dalam komputasi di era 1940-an, masa jabatan ENIAC di industri teknologi terbilang pendek. Pada 2 Oktober 1955 pukul 11:45, listrik akhirnya dimatikan, dan ENIAC dihentikan.

Pada 1996, tepatnya 50 tahun setelah ENIAC diakui secara publik oleh Pemerintah AS, komputer raksasa ini, berpindah tempatnya menjadi bagian dalam sejarah.

Menurut Smithsonian, ENIAC adalah pusat perhatian di kota Philadelphia, AS saat itu. Masyarakat kala itu, juga menyambut kelahirannya sebagai bagian dari sejarah penting pengembangan teknologi komputasi.

Saat ini, ENIAC sudah dibongkar. Sementara, ada beberapa bagian dari mesin besar yang ia miliki, kini menjadi penghuni tetap di kompleks museum Smithsonian, di Washington DC, AS. 

Para Perempuan di Balik Inovasi

Kehadiran ENIAC ternyata tak lepas dari peran enam perempuan yang ikut ambil bagian dalam pengembangannya. Mereka adalah Kay McNulty, Betty Jennings, Betty Snyder, Marlyn Meltzer, Fran Bilas, and Ruth Lichterman. Dikutip dari Odetta.ai, awalnya, keenam perempuan ini, dipekerjakan sebagai 'komputer manusia' yang bertugas menghitung ribuan persamaan.

Mereka kemudian dipilih untuk mengoperasikan ENIAC karena mereka yang paling maju secara matematis dalam kelompok mereka. Hal ini pun terbilang cukup revolusioner.

Tak hanya menghitung, ternyata para perempuan ini juga bertugas menjadi 'operator mesin'- yang mengendalikan sirkuit elektronik komputer. Sirkuit ini memiliki puluhan ribu saklar, kabel, berbagai angka.

Betty Jennings sempat membagikan kenangannya ketika ia pertama kali bergabung dengan tim. “Saya tidak tahu apa pekerjaannya atau apa itu ENIAC. Yang saya tahu adalah bahwa saya mungkin mendapatkan sesuatu yang baru di lantai dasar, dan saya yakin saya bisa belajar dan melakukan apa saja sebaik orang lain," ujarnya.

Bersama para perempuan lainnya, Jennings pun belajar mengoperasikan ENIAC selama lebih kurang enam bulan. Mereka juga membiasakan diri dengan cara kerja mesin.

Untuk makin mengenal cara kerja ENIAC, Jennings mengungkapkan, ia tak jarang harus merangkak ke dalam mesin untuk memperbaiki tabung vakum yang terbakar. Hingga membuat catatan rinci yang berlebihan tentang apa yang mereka perbaiki. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Lelaki Buta yang Mencintai Rasulullah SAW

Meski tidak dianugerahi penglihatan, Ibnu Ummi Maktum mendapat keistimewaan berupa kecintaan terhadap agama meski nyawa taruhannya.

SELENGKAPNYA

Pelabuhan Merak Makin Padat

Sebanyak 1,15 juta kendaraan telah meninggalkan wilayah Jabotabek.

SELENGKAPNYA

Idul Fitri dan Mudik Spiritual

Kesalehan autentik diwujudkan dalam bentuk kesantunan, keberadaban, dan kewelasasihan.

SELENGKAPNYA