Pemudik memeriksa kesehatannya di posko mudik BPJS Kesehatan di Terminal Pulo Gebang, Jakarta, Selasa (26/4/2022). | Republika/Thoudy Badai

Nasional

BPJS Kesehatan Buka Posko Mudik di Tujuh Lokasi

BPJS Kesehatan juga menggencarkan sosialisasi dan edukasi kepada pemudik untuk memanfaatkan berbagai kanal digital yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memudahkan urusan administratif.

JAKARTA – BPJS Kesehatan membuka posko mudik di tujuh titik padat pemudik. Layanan ini guna memastikan peserta JKN-KIS maupun masyarakat luas dapat menjalani mudik lebaran dengan aman dan nyaman. 

Ketujuh titik tersebut, yaitu Terminal Pulogebang Jakarta, rest area atau tempat istirahat Tol Cikampek Km 57, tempat istirahat Tol Ungaran Km 429, Terminal Purabaya Sidoarjo. Kemudian, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, tempat istirahat Banjaratma Km 260B Brebes, dan tempat istirahat Cipali Km 164B Majalengka.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menjelaskan, layanan posko mudik BPJS Kesehatan tersedia selama arus mudik mulai Selasa (26/4) sampai Ahad (1/5) dan arus balik mulai Rabu (4/5) hingga Ahad (8/5). Di posko mudik, pemudik bisa mendapatkan beragam layanan seperti konsultasi kesehatan, pijat relaksasi, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat, pemberian tindakan sederhana yang bersifat emergency, dan pemberian rujukan bila diperlukan. 

photo
Pemudik memeriksa kesehatannya di posko mudik BPJS Kesehatan di Terminal Pulo Gebang, Jakarta, Selasa (26/4/2022). - (Republika/Thoudy Badai)

Selain itu, terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit apabila harus segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut. “Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bisa dinikmati secara gratis, sehingga pemudik tak perlu sungkan memanfaatkannya,” kata Ghufron saat mengunjungi titik posko mudik BPJS Kesehatan di Terminal Pulogebang, Jakarta, Selasa.

Posko mudik BPJS Kesehatan akan beroperasi selama 24 jam. Posko mudik akan menyediakan dua orang petugas BPJS Kesehatan, satu orang dokter, dua orang paramedis, dan satu pengemudi ambulans.

Ghufron menambahkan, BPJS Kesehatan juga menggencarkan sosialisasi dan edukasi kepada pemudik untuk memanfaatkan berbagai kanal digital yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memudahkan urusan administratif. Misalnya, aplikasi seluler JKN, care center 165, chat assistant JKN (CHIKA), dan pelayanan administrasi melalui Whatsapp (Pandawa) Terintegrasi di nomor 08118165165.

photo
Pemudik mencoba fasilitas pijat gratis di posko mudik BPJS Kesehatan di Terminal Pulo Gebang, Jakarta, Selasa (26/4/2022). Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengapresiasi BPJS Kesehatan yang berupaya mengakomodasi kebutuhan pemudik dengan membuka posko mudik di Terminal Pulogebang dan titik padat pemudik lainnya. “Pembukaan Posko Mudik BPJS Kesehatan di Terminal Pulogebang ini sangat tepat waktunya untuk menyambut puncak mudik Lebaran yang diprediksi pemerintah akan terjadi pada 28 April 2022,” kata dia.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mengukur Kekuatan Iman

Iman yang lemah ibarat pohon yang buruk, akarnya hanya merambat di permukaan bumi.

SELENGKAPNYA

Ketentuan tentang Zakat Saham

Ketentuan tentang zakat saham dibedakan sesuai dengan tujuan membeli saham.

SELENGKAPNYA