Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kanan) tiba menghadiri acara Erick Thohir Menyapa Srikandi BUMN di Jakarta, Kamis (21/4/2022). Dalam acara yang digelar pada peringatan Hari Kartini 2022 tersebut dilakukan juga peluncuran implementasi Respectful Workplace | ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc.

Ekonomi

Erick Thohir Rombak Direksi Pegadaian

Erick Thohir akan mencopot direksi yang tidak berkomitmen memajukan UMKM.

JAKARTA — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sunarso selaku para pemegang saham melakukan perombakan susunan direksi dan dewan komisaris PT Pegadaian dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar di Kantor Pusat BRl, di Jakarta, Senin (25/04).

“Damar Latri Setiawan ditunjuk menggantikan Kuswiyoto yang sebelumnya menduduki jabatan direktur utama Pegadaian periode 2019-2022,” bunyi pertanyaan resmi Pegadaian yang diterima Republika di Jakarta, Senin (25/4).

Damar bukan nama baru di Pegadaian. Damar mulai bergabung di Pegadaian sejak 1993. Jabatan kariernya dimulai sebagai General Manager Bisnis Emas (2012-2015), Pemimpin Wilayah XI Semarang (2015-2017), Sekretaris Perusahaan (2017-2018), dan Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan (2018-2022).

Sementara itu, Eka Pebriansyah menggantikan posisi direktur jaringan, operasi, dan penjualan yang ditinggalkan Damar. Sedangkan, Elvi Rofiqotul Hidayah menduduki jabatan sebagai direktur pemasaran dan pengembangan produk menggantikan Harianto Widodo yang telah habis masa tugasnya.

Tak hanya itu, RUPS juga memberhentikan dengan hormat Otok Kuswandaru sebagai komisaris dan Muhammad Sulhan Fauzi sebagai komisaris independen. Selanjutnya, mengangkat kembali Umiyatun Hayati Triastuti sebagai komisaris serta Nezar Patria dan Yudi Priambodo P sebagai komisaris independen.

Terkait direksi BUMN, Erick mengatakan, ia bakal mencopot direksi perusahaan BUMN yang tidak memiliki keberpihakan terhadap para pelaku UMKM. “Saya meminta dan memastikan, apalagi sesuai instruksi Bapak Presiden, para direksi BUMN harus menjalankan ini dengan sebaik-baiknya. Mohon maaf tidak ada maksud apa-apa, yang tidak komit boleh dicopot,” ujar Erick.

Erick mengatakan, dukungan BUMN kepada UMKM merupakan salah satu prioritas yang ia lakukan sejak pertama kali menjabat sebagai menteri BUMN. Melalui sejumlah transformasi, Erick mengeluarkan sejumlah inovasi dalam peningkatan sinergitas antara BUMN dan UMKM.

Salah satunya peluncuran platform Pasar Digital (PaDi) UMKM pada 17 Agustus 2020. Dalam platform tersebut, Erick menegaskan seluruh tender proyek BUMN di bawah Rp 400 juta harus diberikan kepada UMKM. “Saya tegaskan dan meminta dengan hormat kepada seluruh direksi BUMN yang memang sudah ditugaskan secara langsung dalam program PaDi UMKM,” kata Erick.

Erick menyampaikan, program PaDi UMKM saat ini sudah diikuti 15 ribu pelaku UMKM dengan nilai transaksi mencapai Rp 20 triliun. Erick optimistis capaian jumlah dan transaksi UMKM akan terus bertumbuh seiring arahan Presiden Joko Widodo agar adanya peningkatan penggunaan produk lokal.

Erick mengatakan, keberpihakan terhadap UMKM merupakan hal yang menjadi keharusan. Menurut dia, UMKM merupakan salah satu tulang punggung perekonomian bangsa, terlebih saat terjadi kondisi krisis seperti pandemi. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Erick Thohir (erickthohir)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Kementerian ESDM Jamin Pasokan BBM Saat Libur Lebaran

Kementerian ESDM memantau pendistribusian BBM di sejumlah SPBU.

SELENGKAPNYA

Pemda Diminta Awasi Distribusi LPG

DEN mendorong distribusi BBM dan LPG bersubsidi dengan skema tertutup.

SELENGKAPNYA

Ummu Saad, Tonggak Hukum Waris dalam Islam

Kematian ayahnya menjadi sebab turunnya hukum waris.

SELENGKAPNYA