Pimpinan AQL Islamic Center KH Bachtiar Nasir memberikan tausiyah pada acara peringatan 54 tahun pendudukan Al-Aqsha oleh zionis Israel di AQL Islamic Center, Tebet, Jakarta, Senin (7/6). Pada peringatan yang dihadiri oleh tokoh ulama beserta pemuda yang | Republika/Putra M. Akbar

Khazanah

UBN: Serangan Israel Uji Kesabaran Umat Islam

UBN menilai, apa yang dilakukan Israel menyerang Al-Aqsha merupakan pengulangan kebiadaban dan aksi barbarian yang akan terus terjadi.

JAKARTA -- Pimpinan AQL Islamic Center Ustaz Bachtiar Nasir menilai penyerangan Israel ke Masjid al-Aqsha belum lama ini bukan hal baru. Sebab itu sudah Allah jelaskan dalam Alquran surat Al Isra ayat 4-8.

"Pendudukan Zionis Israel yang telah berlangsung 74 tahun jika dihitung dari tahun 1948 maka ini semua menggambarkan apa yang ada di dalam surah Al Isra, khususnya di ayat 4," kata UBN dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (19/04/2022).

Zionis Israel, jelas UBN, adalah mahluk bermental destruktif yang selalu melakukan kerusakan di muka bumi. Dia menjelaskan, apa yang tentara Israel lakukan adalah pengulangan demi pengulangan sejak lama. Mereka memang bermental destruktif yang memiliki kecenderungan merusak tatanan peradaban.

Penyerangan tentara Israel pada bulan Ramadhan ini merupakan ujian kesabaran umat Islam dunia. Mereka ingin merusak ketenangan umat Islam saat beribadah puasa.

"Apa yang mereka lakukan saat ini adalah ingin merusak ketenangan umat Islam di bulan Ramadan," tegas dia.

Zionis Israel, jelas UBN, tidak menginginkan orang Islam itu tenang berpuasa. Mereka tidak rela orang Islam berislam dengan benar. Sebab jika umat Islam berislam dengan benar dengan sendirinya akan anti penjajahan, anti penistaan tempat ibadah dan anti penistaan agama. 

"Umat Islam juga tidak akan mau kongkalikong dengan politik yang dilakukan oleh kelompk moderat sekalipun," ujar alumni Madinah Islamic University.

UBN mengajak umat Islam bersatu dalam menghadapi kepongahan dan kebengisan Zionis Israel. Menghadapi Zionis Israel tidak boleh hanya mengandalkan kekuatan diri sendiri atau ikhtiar kemanusiaan.

Sebab jika dari sisi manusia, Nabi Musa AS pun tidak berhasil membawa Bani Israel ke Baitul Maqdis. Sehingga mereka dihukum oleh Allah terlunta-lunta mendiaspora selama 40 tahun di Padang Tiih.

“Karena itu pelajaran penting, sebagai umat Muhammad Saw agar senantiasa menjadi pengikut yang setia. Membenarkan yang dibawanya, Al-Qur’an. Harus kita tingkatkan keimanan kita,” kata UBN.

Seperti diketahui, 545 pemukim Israel, dibantu oleh pasukan pendudukan, menyerbu Masjid Al-Aqsha pada Ahad (17/4). Serbuan pemukim Israel di hari kedua di bulan Ramadhan ini mengakibatkan 19 orang Palestina cedera.

Kementerian Wakaf dan Urusan Agama Palestina mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa kelompok ekstremis Yahudi menyerang dan memblokir jamaah Muslim di dalam aula sementara, membuka jalan bagi pemukim Israel untuk memasuki situs suci Yerusalem untuk liburan Paskah. Ia menambahkan lusinan orang, termasuk wanita, terjebak di dalam masjid yang tidak dapat dievakuasi.

Polisi Israel memasuki kompleks Masjid Al Aqso saat jamaah berkumpul untuk salat subuh. Pihak berwenang Israel mengatakan mereka memasuki kompleks untuk memfasilitasi kunjungan rutin oleh orang-orang Yahudi sayap kanan ke tempat suci dan bahwa orang-orang Palestina telah menimbun batu dan mendirikan penghalang di kompleks tersebut. 

Polisi mengusir warga Palestina dari halaman terbuka di luar masjid, sementara puluhan orang tetap berada di dalam. 

Dilansir dari Saudi Gazette, Ahad (17/4), Pekerja medis Palestina mengatakan sedikitnya 19 orang terluka. Tiga orang dipindahkan ke rumah sakit setelah dipukuli atau terkena peluru berlapis karet, menurut Palang Merah Palestina. 

Organisasi itu mengatakan mereka dicegah untuk mengakses kompleks itu tetapi berhasil membantu yang terluka di dekat Bab Al-Asbat.

Sembilan orang ditangkap, kata polisi, setelah warga Palestina menghancurkan jendela dua bus yang membawa pengunjung Yahudi ke lokasi, melukai ringan beberapa dari mereka. 

Ketegangan meningkat setelah kelompok sayap kanan Yahudi Return to Temple Mount menawarkan hadiah uang tunai kepada siapa saja yang pergi ke Masjid Al-Aqsa dan mengorbankan seekor kambing, sebuah ritual keagamaan Yahudi yang dilarang di dalam masjid dan itu akan menjadi provokasi lebih lanjut.

Pemerintah Palestina menyalahkan Israel atas konsekuensi dari ketegangan saat ini di Al-Aqso.

"Kami meminta pemerintah AS untuk memecah keheningannya dan menghentikan agresi yang akan mengobarkan seluruh wilayah," kata juru bicara otoritas Nabil Abu Rudeineh dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita negara Wafa.

Kementerian Luar Negeri Palestina juga mengutuk eskalasi Israel di lokasi titik nyala. Sebuah pernyataan kementerian mengatakan eskalasi Israel mencemooh reaksi Arab dan Islam dan merupakan "kelanjutan dari rencana (Israel) untuk melakukan Yudaisasi Masjid Al-Aqsa." 

Sementara itu, Paus Fransiskus menyerukan akses gratis ke tempat-tempat suci di Yerusalem saat ia menyampaikan pidato Paskah tahunannya, yang tahun ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan dan festival Paskah Yahudi. 

photo
Pimpinan AQL, Ustaz Bachtiar Nasir memberikan sambutan dalam acara 10 tahun AQL Islamic Center di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (11/9). Milad AQL ke 10 tahun ini mengambil tema Peace Is Power. Republika/Iman FirmansyahPimpinan AQL, Ustaz Bachtiar Nasir memberikan sambutan dalam acara 10 tahun AQL Islamic Center di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (11/9). Milad AQL ke 10 tahun ini mengambil tema Peace Is Power. Republika/Iman Firmansyah - (Republika/Iman Firmansyah)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat