Awak bus mengemas barang bawaan penumpang di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta, Kamis (14/4/2022). Berdasarkan hasil survey tentang potensi pemudik pada lebaran tahun 2022 yang dilakukan oleh Badan Litbang Perhubungan (Balitbanghub) tercatat sebanyak | ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Nasional

Menhub Imbau Lalu Lintas Jangan Terhambat pada Mudik 2022

Area peristirahatan di sepanjang jalan tol harus siap menampung pemudik.

JAKARTA — Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau pengelola jalan tol agar memastikan arus lalu lintas berjalan lancar. Dia meminta jangan ada penumpukan kendaraan bermotor di sepanjang ruas jalan tol, termasuk di area peristirahatan (rest areaa).

Pengelola area peristirahatan harus membuat pengelolaan dan pengaturan khusus untuk musim mudik ini agar kendaraan melintas dengan lancar.

"Semakin cepat pergerakan mereka maka tidak akan menimbulkan kemacetan dan penumpukan," ujar Budi Karya Sumadi saat mengunjungi area peristirahatan jalan tol KM 57 pada Jumat (15/4/2022).

Budi Karya memeriksa kesiapan dan ketersediaan sarana dan prasarana di KM 57, termasuk ketersediaan bahan bakar dan toilet untuk para pemudik. Toilet harus selalu bersih dan lebih bagus lagi selalu dalam kondisi kering dan wangi. Hal ini dimaksudkan untuk menambah kenyamanan para pemudik.

Ketika memasuki area peristirahatan, pemudik biasanya dalam kondisi lelah dan membutuhkan rehat. Dalam kondisi demikian, mereka biasanya membersihkan diri di toilet. Jika toilet dalam kondisi bersih, terlebih kering, dan wangi, maka sebagian rasa lelah mereka akan hilang.

Mereka akan merasa nyaman membersihkan diri di sana. Setelah itu pemudik akan melanjutkan perjalanan menuju kampung halamannya.

Menteri Perhubungan juga memastikan kesiapan penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2022 di antaranya dengan mengecek kondisi rest area jalan tol KM 57, di Karawang, Jumat (15/4).

 
Kita dan seluruh pemangku kepentingan harus bersinergi agar penyelenggaraan Angkutan Lebaran ini berjalan baik.
BUDI KARYA SUMADI, Menteri Perhubungan
 

Kemenhub ingin memastikan aspek kelancaran, keselamatan, hingga protokol kesehatan selama masa Angkutan Lebaran 2022. Meski Covid-19 tak lagi mewabah secara masif seperti pada 2020 dan 2021, pemudik tetap harus mengenakan masker untuk melindungi diri mereka dan orang sekitarnya dari paparan virus Corona.

Dalam peninjauan ini, Menhub Budi didampingi Kepala Korlantas Polri Irjen Firman Santyabudi dan Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono.Turut hadir dalam kegiatan ini, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi dan Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati.

Fasilitas istirahat tambahan

Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku pengelola Jalan Layang Mohammed Bin Zayed (MBZ) Hari Pratama menyatakan pihaknya menyiapkan fasilitas istirahat bagi para pemudik yang melintasi jalur tol layang itu.

"Kami berkomitmen untuk menciptakan mudik yang aman dan sehat, sejalan dengan arahan Pemerintah," kata Hari.

Fasilitas istirahat khusus atau parking bay di ruas Jalan Layang MBZ ini ditujukan bagi pengguna jalan yang ingin beristirahat sejenak akibat faktor kelelahan. Ada dua titik parking bay di masing-masing arah atau secara keseluruhan berjumlah empat titik sedangkan pembukaan tempat istirahat ini sesuai diskresi pihak kepolisian.

"Perlu dipersiapkan dan akan dibuka sesuai diskresi kepolisan. Selain itu penambahan fasilitas atau layanan yang akan ditambahkan di ruas MBZ adalah dengan mengadakan toilet darurat," katanya.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengimbau pengguna jalan yang akan melakukan mudik Lebaran diharapkan mempersiapkan kondisi diri dan kendaraan sebelum melakukan perjalanan.

"Untuk menghindari kepadatan kendaraan diharapkan memilih waktu berpergian di luar waktu puncak arus mudik dan arus balik," katanya.

Jasa Marga mempunyai aplikasi bernama Travoy 3.0, asisten digital perjalanan yang menyediakan informasi seputar jalan tol, dilengkapi dengan fitur emergency yang dibutuhkan oleh pengguna jalan untuk memudahkan mengakses informasi.

Jasa Marga juga mengimbau seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan dengan memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, serta mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan.

"Selalu patuhi protokol kesehatan dan persyaratan perjalanan sesuai aturan Pemerintah serta berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan," kata dia.

Pengguna jalan juga dapat mengakses informasi seputar lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 selain aplikasi Travoy 3.0 untuk pengguna iOS dan Android.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Depok (infodepok_id)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat