Pemain Villarreal Arnaut Danjuma (kanan) merayakan keberhasilan mencetak gol dalam sebuah pertandingan. | AP Photo/Alberto Saiz

Olahraga

Villarreal Ulang Prestasi 16 Tahun Silam

Para penggawa Villarreal menunjukkan kedisiplinan.

VILLARREAL -- Villarreal mengejutkan panggung sepak bola dunia. The Yellow Submarine menyingkirkan Bayern Muenchen di babak delapan besar Liga Champions musim 2021/22.

Dengan demikian, wakil Spanyol itu lolos ke semifinal. Sepanjang sejarah klub tersebut, ini menjadi kali kedua mereka bisa berada di fase ini. Skuad polesan Unai Emery mengulang prestasi 16 tahun silam.

Pasukan Kapal Selam Kuning unggul agregat 2-1 atas Muenchen. Pekan lalu, pada leg pertama, Raul Albiol dan rekan-rekan menang 1-0 di Estadio de la Ceramica. Teranyar, duel di leg kedua yang digelar di Allianz Arena, markas Bayern, Rabu (13/4) dini hari WIB, Villarreal dan tuan rumah berbagi gol 1-1.

"Ini pertandingan besar, tetapi leg pertama sudah mengatakan banyak hal tentang bagaimana kami akan merespons hari ini. Kami sempurna dalam bertahan," kata Emery, dikutip dari laman resmi UEFA, selepas pertandingan.

Emery menyukai kinerja anak asuhnya. Meski terus mendapatkan tekanan lawan, para penggawa Villarreal menunjukkan kedisiplinan. Alhasil, the Yellow Submarine mengulang pencapaian pada musim 2005/06.

Saat itu, secara tak terduga, mereka juga menembus fase semifinal. Sayang, pada tahapan tersebut, pasukan Kapal Selam Kuning tak bisa melewati Arsenal. Dalam dua pertandingan, tim ini cuma kalah agregat 0-1 dari the Gunners.

Kini, kesempatan Villarreal untuk melebihi pencapaian masa lalu terbuka lebar. Pada babak berikutnya, Gerard Moreno dkk bertemu pemenang antara Liverpool vs Benfica. Lagi-lagi bukan partai yang mudah bagi Villarreal. "Kami akan memasuki semifinal dengan menghormati semua lawan kami," ujar Moreno.

Kehadiran pelatih sekelas Emery sangat membantu. Sosok 50 tahun itu memiliki rapor mentereng di panggung Benua Biru. Ia pernah tiga kali membawa Sevilla merajai Liga Europa.

Musim lalu, ia mempersembahkan trofi yang sama untuk penggemar Villarreal. Perjalanan the Yellow Submarine musim ini di panggung Liga Champions juga mengesankan. Sebelum menyingkirkan Muenchen, skuad Kapal Selam Kuning mampu menyudahi perlawanan Juventus di babak 16 besar.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Villarreal CF (villarrealcf)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Lagi-Lagi Benzema

Benzema selalu cemerlang karena menciptakan gol spektakuler.

SELENGKAPNYA

Wapres Dorong Peningkatan Daya Saing Digital UMKM

Wapres menilai banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendukung sektor UMKM.

SELENGKAPNYA

Iftar dengan Cita Rasa Nusantara

Cita rasa Nusantara menggugah selera makan saat iftar.

SELENGKAPNYA