Sejumlah barang bukti diperlihatkan saat konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (11/3/2022). Polda Metro Jaya melakukan pengungkapan kasus kriminal di wilayah hukum Polda Metro Jaya berupa pembegalan terhadap ibu hamil di Bekasi Barat dan t | Republika/Putra M. Akbar

Bodetabek

Begal Sadis Dibekuk Usai Sasar Ojek dan PKL

Korban yang merupakan tukang ojek mengalami luka bacok dan patah tulang

BOGOR— Satuan Reserse Kriminal Polres Bogor berhasil menangkap pelaku begal yang beraksi di Tugu Pancakarsa, Kecamatan Babakan Madang dan Desa Pasir Angin, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Kelompok begal itu melakukan tiga aksi pencurian dengan kekerasan dalam waktu satu malam.

Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin, mengungkapkan, para pelaku melakukan aksinya pada Senin (21/3) dini hari. Tujuh pelaku saat itu melakukan tiga kejahatannya terhadap tiga korban berbeda. Pada Kamis (31/3), empat dari tujuh pelaku berhasil ditangkap, sementara tiga orang lainnya masih dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Kami juga mengamankan dua orang yang menjadi penadah. Sementara tiga orang terduga pelaku masih dalam pengejaran tim Resmob Polres Bogor,” kata Iman kepada awak media di Tugu Pancakarsa, Selasa (5/4).

Iman menjelaskan, tujuh pelaku awalnya melakukan aksi begal terhadap dua tukang ojek yang tengah mangkal di sekitar Tugu Pancakarsa. Tanpa basa basi, pelaku berinisial RB (20 tahun) dan TG (18 tahun) yang masih DPO, menyerang korban dengan senjata tajam.

Setelah korban terluka dan tak berdaya, kata Iman, para pelaku langsung mengambil sepeda motor milik korban. Kemudian, melanjutkan aksinya ke daerah Kecamatan Cileungsi. Di sana, para pelaku berhasil mencuri satu unit gawai milik pedagang pecel lele dan satu unit motor milik warga yang melintas.

“Jadi, dia mengancam penjual pecel lele dan mengambil gawainya. Ada juga korban lain yang datang menggunakan sepeda motor PCX, korban diancam senjata tajam dan kendaraannya diambil pelaku,” ungkap Iman.

Iman menegaskan, saat ini Polres Bogor masih terus melakukan pengejaran terhadap tiga pelaku lain yang masih DPO dengan tujuan agar tidak meresahkan warga Kabupaten Bogor.

Motor kembali

Kasat Reskrim Polres Bogor, AKP Siswo Tarigan, menyebutkan, para pelaku ditangkap di daerah yang berbeda, yakni di Kecamatan Klapanunggal dan Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Selain itu, ada pelaku yang ditangkap di Kota Bekasi.

Dalam kejadian itu, pelaku utama berinisial RB, melukai salah seorang korban menggunakan senjata tajam berkali-kali dengan cara yang sadis. Akibatnya, korban yang merupakan tukang ojek mengalami luka bacok di bagian punggung dan lengan kanan, bahkan patah tulang.

Pascakejadian, kata Siswo, korban dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong selama tiga hari. Namun, saat ini korban tersebut tengah menjalani rawat jalan.

“Dan, karena memang korban mata pencahariannya sebagai ojek, dengan hilangnya motor tersebut tentu berpengaruh pada mata pencaharian korban,” tuturnya.

Akibat perbuatannya, para pelaku disangkakan dengan Pasal 365 KUHP Ayat 2, dengan ancaman pidana 12 tahun. Sementara itu, para penadah dikenakan pasal 480 KUHP dengan ancaman empat tahun penjara.

Sementara itu, korban berinisial EM, berterima kasih kepada jajaran Polres Bogor karena dapat menangkap para pelaku kejahatan yang menyerangnya. Bahkan, sepeda motor Honda Beat yang digunakannya untuk bekerja bisa kembali.

“Saya ucapkan beribu nuhun (terima kasih) atas kembalinya motor saya. Karena ini tanggungan keluarga saya, karena saya cuma bisa //ngojek doang//,” ujarnya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mengenang Kedermawanan Abdurrahman bin Auf

Abdurrahman digambarkan masuk surga dengan merangkak karena sangat dekat dan mudah.

SELENGKAPNYA

Menjadi Manusia Efektif

Sikap lain menghambat untuk menjadi manusia efektif ialah bekerja tanpa niat dan tujuan yang jelas.

SELENGKAPNYA

Cikal Pabrik Robot dari Ciputat

Pada bagian dalam Kampong Robot, sejumlah etalase dipenuhi oleh hasil karya para anak-anak yang berlatih membuat robot.

SELENGKAPNYA