Aneka pilihan siniar untuk mengisi Bulan Ramadhan. | Dok Spotify

Inovasi

01 Apr 2022, 20:15 WIB

Kemeriahan Konten Ngabuburit

Semakin banyak orang yang beralih ke konten audio selama Ramadhan.

Bulan puasa tak pernah lepas dari ragam kegiatan ngabuburit. Menyambut bulan suci yang akan segera tiba, pada Selasa (29/3), Spotify mengumumkan deretan koleksi spesial Ramadhan bagi pendengar Indonesia.

Kini, para pelanggan di Indonesia, dapat mencari kata kunci “Ramadan” di Spotify untuk menemukan Ramadan Hub, yang menampilkan playlist lagu dan siniar eksklusif yang sesuai dengan suasana hati.

Tahun ini, Spotify juga memperkenalkan playlist siniar terbaru berjudul ‘Berkah Ramadan” yang berisikan siniar religi terbaik Indonesia. Playlist ini diperuntukkan bagi pendengar yang menjalankan ibadah puasa untuk menemani waktu sahur dan berbuka.

“Sebagai sebuah format, audio memiliki cara tersendiri untuk menginspirasi dan menyentuh hati serta pikiran seseorang yang tidak dimiliki oleh format lainnya. Kini, kami mewujudkannya di Spotify,” kata Carl Zuzarte selaku head of studios, Southeast Asia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Spotify ID (@spotifyid)

Menurutnya, semakin banyak orang yang beralih ke konten audio selama bulan Ramadhan. Tren ini, juga terjadi tahun lalu, dimana Spotify mencatat adanya peningkatan lebih dari 16 persen untuk jumlah streaming, selama Ramadhan di Spotify di Indonesia saja.

“Ramadhan memang menjadi salah satu momen terpenting bagi pendengar kami di Indonesia. Kami sangat bersemangat untuk menghadirkan berbagai konten audio dan pilihan format untuk mendukung momen istimewa di bulan suci ini,” Zuzarte melanjutkan.

Melalui hub Ramadhan, pendengar dapat menemukan beragam pilihan audio lokal dan internasional dari Spotify. Mulai dari, konten religius untuk siraman rohani, hingga sajian hiburan yang ringan dan menyenangkan.

Tahun ini, Spotify juga mengumumkan bahwa pendengar dapat menikmati autobiografi dari sang legenda, Rhoma Irama, dalam Cerita Raja Dangdut: Podcast Eksklusif Rhoma Irama Dari Collab Asia. Selain itu, ada pula serial Ramadhan Kelas Puber musim ketiga yang mengusung cerita horor misteri dengan sentuhan komedi. 

 
Ramadhan memang menjadi salah satu momen terpenting bagi pendengar kami di Indonesia.
 
 

Semarak E-sport

photo
Lokapala Jawara Nusantara - (Dok Telkomsel )

Industri e-sports terbukti memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang pesat. Pada 2020, revenue industri gim mencapai 1,8 miliar dolar Amerika Serikat (AS), kemudian pada 2021 jumlah ini naik menjadi 2,8 miliar dolar AS. 

Terkait dengan sumber daya manusia, studi yang dilakukan oleh Vero dan Decision Lab mengungkap, para pemangku kepentingan industri e-sports Indonesia mencapai 52 juta orang, baik sebagai pemain, pelatih, analis dan lain sebagainya.

Pada Jumat (1/4), turnamen gim “Lokapala Jawara Nusantara” yang diselenggarakan Telkomsel melalui Dunia Games bersama Indico dan Melon Indonesia, telah menobatkan Jeet Capital sebagai pemenang dalam Grand Final “Lokapala Jawara Nusantara” yang berlangsung secara virtual pada 27 Maret 2022. Dalam Grand Final yang mempertandingkan empat tim tersebut, Jeet Capital berhasil mengalahkan Dewa United, yang kemudian dinobatkan sebagai peringkat kedua. 

Sedangkan untuk peringkat tiga dinobatkan kepada Rans ESports yang berhasil mengalahkan Bonafide ESports. Turnamen ini turut didukung Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam menyampaikan, Telkomsel mengapresiasi dukungan, kontribusi serta kolaborasi yang telah terjalin bersama para pemangku kepentingan terutama Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam membangun pengembangan industri gim dan e-sports Tanah Air.

“Semoga ajang ini dapat menjadi salah satu sarana yang mampu membangkitkan rasa cinta dan bangga kita terhadap permainan e-sports buatan lokal yang juga memiliki karakteristik kearifan lokal. Sehingga dapat mendorong lebih banyak lagi munculnya games eSports lokal lainnya dan berkolaborasi bersama pengembnag permainan lokal untuk memperkuat dominasi talenta lokal di industri,” ujarnya. 

Sepanjang penyelenggaraan, turnamen “Lokapala Jawara Nusantara” diikuti oleh 1.075 peserta yang tergabung ke dalam 215 tim. Seluruh peserta berasal dari 43 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dan memperebutkan total hadiah hingga Rp100 juta. 

Rangkaian turnamen ini dilakukan secara virtual melalui platform Dunia Games. Seluruh pertandingan juga dapat disaksikan dengan live streaming melalui platform dan saluran YouTube Dunia Games, dan berhasil menarik animo sepanjang penyelenggaraannya.

Telkomsel sendiri melalui unit bisnis Dunia Games, yang merupakan platform gim dan portal media e-sport di Indonesia, telah memiliki pencapaian monthly visitor lebih dari 15 juta. ';

Gapai Ampunan Ilahi di Bulan Suci Ramadhan

Kebanyakan manusia puasa dari yang halal, tapi tidak puasa dari yang haram.

SELENGKAPNYA

Persiapan Ramadhan Industri Digital

Para operator terus memperkuat jaringannya, untuk memastikan konektivitas tetap terjaga selama Ramadhan.

SELENGKAPNYA

Mengintip Sedikit Kans Italia Bisa Berlaga di Qatar

Italia sudah ditaklukkan Makedonia Utara di semifinal play-off patch C.

SELENGKAPNYA
×