BTS XL Axiata di Maumere | Dok XL Axiata

Inovasi

01 Apr 2022, 10:22 WIB

Persiapan Ramadhan Industri Digital

Para operator terus memperkuat jaringannya, untuk memastikan konektivitas tetap terjaga selama Ramadhan.

Bulan Ramadhan yang sudah di depan mata, selalu menjadi momen krusial bagi industri telekomunikasi. Adanya momen mudik yang telah diperbolehkan di Ramadhan kali ini, juga makin menjadi warna pembeda dibanding tahun sebelumnya.

Untuk tahun ini, PT XL Axiata Tbk telah memperkuat jaringan telekomunikasinya guna menghadapi Ramadhan dan Lebaran, terlebih saat libur panjang Lebaran. Apalagi, dengan adanya pelonggaran dari pemerintah seiring menurunnya kasus Covid-19.

Hal ini, dipastikan akan membuat mobilitas masyarakat juga akan meningkat. Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, menjelaskan, mobilitas saat Ramadhan yang diperkirakan akan meningkat, dipastikan juga akan membuat trafik semua layanan telekomunikasi, terutama data, ikut meningkat.

Penguatan jaringan menjadi kebutuhan yang harus kami lakukan, baik di per mukiman maupun di area tujuan mudik. “Secara umum, kami telah menyiapkan kapasitas jaringan yang lebih besar, hingga dua kali lipat dibandingkan hari normal,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Republika, Senin (28/3).

Gede memperkirakan, trafik pada Ramadhan kali ini, akan meningkat hingga 10 persen, dan akan meningkat hingga 15 persen saat masuk di masa libur Lebaran. Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lainnya berupa optimalisasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran.

Untuk tujuan itu pula, sejumlah daerah yang biasanya menjadi tujuan mudik, khususnya di Pulau Jawa, akan menjadi perhatian khusus. Lokasi-lokasi khusus yang menjadi tempat keramaian setiap kali datang masa liburan panjang juga tidak luput dari perhatian.

Mulai dari lokasi wisata, juga pusat perbelanjaan, tempat pemberangkatan penumpang moda transportasi baik darat, udara, maupun laut. Juga tentunya penguatan jaringan di sepanjang jalan raya antar provinsi, baik tol maupun non tol, di Pulau Jawa maupun di luar Jawa.

 
Trafik pada Ramadhan kali ini, akan meningkat hingga 10 persen.
I GEDE DARMAYUSA, Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata
 
 

 

Tingkatkan Pengalaman Digital 

photo
Tahun ni, Telkomsel telah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan pengalaman digital masyarakat makin berkualitas. - (Dok Telkomsel )

Pada momen Ramadhan tahun ini, Telkomsel juga terus berupaya melakukan pengamanan operasional jaringan yang difokuskan di beberapa wilayah dengan potensi lonjakan trafik komunikasi. Telkomsel memperkirakan, akan terjadi pergerakan yang cukup signifikan pada trafik komunikasi di momen Ramadhan dan Idul Fitri (Rafi) tahun ini, jika dibandingkan dengan hari normal. 

Trafik layanan data diprediksi akan tumbuh sebesar 9,4 persen, serta trafik layanan panggilan suara diproyeksi akan mengalami penurunan sebesar 9,3 persen dan SMS tumbuh sekitar 4,1 persen. Sedangkan untuk aktivitas layanan digital masyarakat juga diperkirakan juga akan meningkat, seperti akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekira 7,5 persen, layanan komunikasi, seperti instant messaging dan video conference yang akan melonjak 21,3 persen, layanan streaming video meningkat hingga 15,3 persen, serta akses layanan e-commerce yang juga tumbuh 18,4 persen.

Mengantisipasi hal tersebut, secara keseluruhan proses optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel akan difokuskan di 500 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia. Langkah ini, juga mencakup di antaranya, 104 area residensial, empat rumah sakit utama rujukan Covid-19, 56 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan), dan 299 area spesial seperti pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan. 

“Telkomsel sendiri mulai Maret 2022 telah memastikan proses upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten hingga akhir tahun,” ujar Direktur Network Telkomsel Nugroho, dalam media briefing, Kamis (31/3). 

Menurutnya, hal tersebut, dilakukan guna memastikan aktivitas secara digital masyarakat. Terutama di menyambut momen Ramadan dan Idul Fitri untuk kebutuhan silaturahmi, berbagi kebaikan, hingga kegiatan ibadah secara optimal. 

Secara proaktif Telkomsel juga telah melakukan upaya penguatan kualitas jaringan dengan melakukan peningkatan kapasitas 155 unit BTS 4G/LTE dan melakukan penambahan sebanyak 284 unit BTS 4G/LTE baru, dan mengoperasikan tambahan 60 unit Compact Mobile BTS (Combat) di seluruh wilayah POI RAFI 2022. Hingga Maret 2022 ini, Telkomsel bersama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo berhasil merampungkan pembangunan sekira 2750 BTS USO berteknologi 4G/LTE dari target pembangunan 7.772 BTS Universal Service Obligation (USO) 4G/LTE. 

Paket untuk Silaturahmi

Setelah dua Ramadhan dilalui dengan banyak keterbatasan, tahun ini masyarakat Indonesia memiliki harapan dan kesempatan untuk dapat bertatap muka dan kembali bersilaturahmi. Menyambut momen penuh kerinduan dan kegembiraan ini, IM3 menghadirkan kampanye #KembaliSilaturahmi yang mengajak masyarakat Indonesia khususnya para generasi muda untuk kembali terhubung dengan bertemu orang-orang terdekatnya.

Sebagai jenama yang terus memberikan kemudahan dalam layanan telekomunikasi dan digital, pasa Kamis (31/3) IM3 menghadirkan paket Freedom Internet dengan kuota besar 50GB serta nelpon sepuasnya ke sesama pengguna IM3 dan Tri dengan harga Rp100 ribu, dari harga normal Rp150 ribu, dalam promo Sensasi Ramadan. Paket ini hadir untuk mendukung kegembiraan seluruh pelanggan dalam menjalani kegiatan selama bulan Ramadhan dan menikmati hiburan dengan pengalaman internet yang maksimal.

Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ritesh Kumar Singh, menyampaikan, pada Ramadhan tahun ini, IM3 hadir untuk mendukung para generasi muda di Indonesia bersama merayakan #KembaliSilaturahmi. “Sebagai //brand// untuk anak muda, kami selalu berupaya memenuhi kebutuhan komunikasi digital mereka. Harapannya ini dapat semakin melengkapi kegembiraan yang dirasakan pelanggan saat menikmati momen kembali berkumpul bersama,” ujarnya. 

Untuk memperkuat semangat kampanye #KembaliSilaturahmi, IM3 juga berkolaborasi dengan beberapa musisi muda untuk menghadirkan lagu berjudul ‘Alunan Temu’ yang diciptakan oleh Iga Massardi, Bilal Indrajaya, Vega Antares, dan Enrico Octaviano. Lagu yang dibawakan oleh Isyana Sarasvati, Hindia, dan Bilal Indrajaya ini menuangkan semangat kegembiraan yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia karena akhirnya dapat bertemu lagi untuk menyambung silaturahmi. 

 

 

 


Kemeriahan Konten Ngabuburit

Semakin banyak orang yang beralih ke konten audio selama Ramadhan.

SELENGKAPNYA

Ja'far Sang Bapak Kaum Miskin

Meski hidup dalam tekanan, Ja'far tetap mempertahankan Islam sebagai agamanya.

SELENGKAPNYA
×