Pesepak bola timnas Jepang Kaoru Mitoma (kanan) bersorak setelah mencetak gol 1-0 dalam sebuah pertandingan kualifikasi piala dunia melawan Australia di Sydney 24 Maret 2022 | EPA-EFE/JAMES GOURLEY

Olahraga

Kembalinya AS dan Konsistensi El Tri Menuju Piala Dunia

Meksiko sudah delapan kali secara beruntun lolos ke Piala Dunia.

MEXICO CITY -- Konfederasi Sepak Bola Kawasan Amerika Utara, Tengah, dan Kepulauan Karibia (Concacaf) telah merampungkan babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Meksiko dan Amerika Serikat (AS) menjadi dua wakil terakhir Concacaf yang berhak lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2022.

Meksiko dan AS menyusul Kanada, yang telah lebih dulu mengamankan tiket otomatis lolos ke Qatar 2022. Terlepas dari kekalahan 0-1 dari Panama pada laga terakhir, Kamis (31/3) pagi WIB, Kanada mengakhiri babak kualifikasi sebagai pemuncak klasemen akhir.

Alphonso Davies dkk unggul jumlah selisih gol dari Meksiko, yang bertengger di peringkat kedua. El Tri, julukan Meksiko, mengantongi 28 poin hasil dari delapan kemenangan, empat hasil imbang, dan dua kekalahan dalam 14 laga.

Pada laga pamungkas babak kualifikasi, Meksiko sukses membungkam tamunya, El Salvador, 2-0, Kamis (31/3) pagi WIB. Gol Ariel Antuna pada menit ke-17 dan gol penalti Raul Jimenez pada menit ke-43 mengantarkan Meksiko membungkam El Salvador dalam laga di Stadion Azteca, Meksiko City, tersebut.

Sayangnya, dua gol ini tidak cukup untuk membawa El Tri menggeser Kanada di puncak klasemen putaran ketiga babak kualifikasi. Kendati begitu, keberhasilan melangkah ke putaran final Piala Dunia 2022 kian menajamkan dominasi El Tri sebagai negara yang paling sering mewakili Concacaf dalam gelaran putaran final Piala Dunia.

Dalam delapan edisi terakhir Piala Dunia, tepatnya sejak 1994, Meksiko secara konsisten berhasil merumput di putaran final. Secara keseluruhan, Meksiko telah tampil pada 17 putaran final Piala Dunia.

Pelatih Meksiko, Gerardo Martino, menyebut, anak-anak asuhnya telah menyelesaikan satu dari target besar El Tri. Namun, pelatih asal Argentina itu menegaskan, masih ada tantangan besar yang harus dihadapi El Tri pada putaran final Piala Dunia 2022.

Pada delapan partisipasi terakhir, Meksiko tercatat tidak pernah mampu melewati babak 16 besar. Di Piala Dunia 2018, El Tri dipaksa mengakhiri langkah dalam babak 16 besar usai dibekap Brasil, 0-2.

''Kami mungkin sudah mendapatkan tiket lolos. Namun, kami tak bisa berhenti di sini. Besok sudah menjadi hari berbeda. Kami harus mulai berpikir untuk menyiapkan diri dalam turnamen itu. Masih ada ruang bagi kami untuk bisa meningkatkan performa,'' ujar Martino, seperti dikutip Record, Kamis (31/3).

Salah satu sorotan terhadap performa El Tri pada sepanjang kualifikasi adalah soal ketajaman di lini serang. Dari 14 laga di putaran ketiga babak kualifikasi, Meksiko menjadi tim dengan produktivitas gol paling rendah di antara tiga tim teratas, yaitu 17 gol. Bahkan, catatan gol Meksiko ini lebih rendah dibanding Panama, yang finis di peringkat kelima dan gagal tampil di Piala Dunia 2022.

Produktivitas gol, yang menjadi salah satu aspek dalam penghitungan jumlah selisih gol, terbukti krusial dalam perebutan tiket lolos langsung ke Qatar 2022 sebagai wakil Concacaf. Keunggulan jumlah selisih gol ini yang akhirnya membawa AS mengamankan tiket terakhir lolos langsung ke Qatar 2022.

Kendati kalah 0-2 dari Kosta Rica pada laga pamungkas, tim Stars and Stripes berhasil finis di peringkat ketiga klasemen atau posisi terakhir dalam perebutan tiket otomatis tampil di Qatar 2022. Mengoleksi jumlah poin yang sama dengan Kosta Rica, yang duduk di peringkat keempat, 25 poin dari 14 laga, AS unggul jumlah selisih gol atas Kosta Rika.

AS menyerah lewat gol yang masing-masing dicetak Juan Pablo Vargas dan Antonio Contreras saat melawat ke markas Kosta Rika di Stadion Nasional, Kamis (31/3) pagi WIB.

Pelatih AS, Gregg Berhalter, sepertinya tidak ambil pusing dengan kekalahan dari Los Ticos. Keberhasilan melangkah ke putaran final Piala Dunia 2022 sudah cukup menjadi penawar kekecewaan dari kekalahan tersebut. Dengan keberhasilan ini, AS Serikat akhirnya kembali merumput di putaran final Piala Dunia setelah absen di Piala Dunia 2018.

 

Daftar Tim yang Lolos Piala Dunia 2022 (Hingga 31 Maret):

1.  Qatar (tuan rumah)

2.  Jerman

3.  Denmark

4.  Brasil

5.  Belgia

6.  Prancis

7.  Kroasia

8.  Spanyol

9.  Serbia

10. Swiss

11. Inggris

12. Belanda

13. Argentina

14. Iran

15. Korea Selatan

16. Jepang

17. Arab Saudi

18. Ekuador

19. Uruguay

20. Kanada

21. Ghana

22. Senegal

23. Portugal

24. Polandia

25. Tunisia

26. Maroko

27. Kamerun

28. Amerika Serikat

29. Meksiko

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Gapai Ampunan Ilahi di Bulan Suci Ramadhan

Kebanyakan manusia puasa dari yang halal, tapi tidak puasa dari yang haram.

SELENGKAPNYA

Mengintip Sedikit Kans Italia Bisa Berlaga di Qatar

Italia sudah ditaklukkan Makedonia Utara di semifinal play-off patch C.

SELENGKAPNYA

Remaja Masjid Siapkan Program Unggulan pada Ramadhan

Semua kegiatan remaja masjid pada Ramadhan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

SELENGKAPNYA