Pekerja berada di tribun premium grandstand Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (5/3/2022). Menjelang  perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) 2022, Indonesia | ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/YU

Ekonomi

ITDC: Dampak MotoGP Hingga ke Pulau Bali

ITDC tidak berpuas diri dan akan meneruskan gairah positif pariwisata Lombok.

JAKARTA — PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menyebut, dampak positif ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) 2022 tak hanya terjadi di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), tapi juga di kawasan Nusa Dua, Bali.

ITDC merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika dan Nusa Dua. "Di Mandalika pasti dampaknya langsung, akomodasi penuh semua. (Hotel) Pullman buka 118 kamar yang siap, penuh semua," kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer saat dihubungi Republika di Jakarta, Ahad (27/3).

Abdulbar menyebutkan, seluruh penginapan, baik hotel, homestay, hingga guest house di Lombok juga menikmati peningkatan permintaan selama MotoGP berlangsung. "Okupansi di Mandalika, Praya, hingga Senggigi 100 persen terisi," kata Abdulbar.

Meski begitu, Abdulbar tak menampik jika akomodasi kamar di Lombok tak mampu memenuhi tingginya permintaan. Oleh karena itu, hotel-hotel di Bali, termasuk yang ada di kawasan Nusa Dua juga kebanjiran pengunjung yang hendak menyaksikan MotoGP.

"Okupansi naik signifikan meski masih kita hitung. Yang jelas, saat acara ada hampir 1.000 kamar terpakai dari total 5.000 kamar di Nusa Dua," kata Abdulbar.

Abdulbar menyampaikan, dampak MotoGP juga dirasakan para pelaku usaha lain, mulai dari maskapai, kuliner, oleh-oleh, hingga jasa sewa kendaraan. Abdulbar mengatakan, ITDC tidak berpuas diri dan akan meneruskan gairah positif pariwisata Lombok dengan menyiapkan sejumlah agenda lain.

Abdulbar mengatakan, Mandalika tengah mempersiapkan diri menjadi tuan rumah GT World Challenge Asia 2022 pada Oktober mendatang. Menurut Abdulbar, telah dilakukan homologasi oleh otoritas balap mobil dunia, FIA.

Selain ajang internasional, lanjut Abdulbar, ITDC juga membuka peluang dalam pemanfaatan sirkuit Mandalika untuk ajang balap motor tingkat nasional. Selain agenda balapan, Abdulbar menyebutkan, ITDC juga akan mendorong Mandalika menjadi lokasi untuk sejumlah event lain, mulai dari peluncuran mobil, fashion on the circuit, hingga konser dengan skala besar.

Sementara itu, Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (Persero) atau HIN Iswandi Said mengatakan, ajang MotoGP Mandalika mendorong peningkatan okupansi kamar hotel yang berada di bawah naungan anak usaha HIN, yakni Hotel Indonesia Group (HIG). Ia menyampaikan, HIG yang bertugas sebagai holding hotel BUMN mampu meningkatkan okupansi selama ajang MotoGP Mandalika berlangsung. 

Iswandi menyebutkan, hotel HIG yakni Hotel Merumatta berkapasitas 280 kamar yang berada di kawasan Pantai Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, NTB, mengalami peningkatan okupansi yang sangat signifikan "Alhamdulillah terisi penuh. (Hotel HIG) di Lombok saat hari H itu 100 persen," ujar Iswandi saat dihubungi Republika.

Tak hanya di Lombok, lanjut Iswandi, tujuh hotel HIG di Bali pun mendapat dampak positif. Iswandi mengatakan, Hotel Merusaka berkapasitas 490 kamar di kawasan Nusa Dua, Bali, pun terisi penuh. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ITDC (itdc_id)

Iswandi menambahkan, manajemen Merusaka berhasil menarik minat wisatawan dengan menyediakan paket bundling nonton MotoGP. Selain di Nusa Dua, lanjut Iswandi, hotel-hotel HIG lain di Kuta, Sanur, dan Denpasar pun kebanjiran pengunjung.

"Untuk Lombok, hotel HIG baru satu, dan rencana akan ada satu lagi setelah Lebaran, yakni Truntum Mandalika, bintang empat dengan 14 kamar," kata Iswandi.

Iswandi menilai, akomodasi tempat menginap menjadi perhatian dalam mendorong sektor pariwisata di Pulau Seribu Masjid tersebut. Iswandi mengatakan, penambahan kamar hotel dan resor akan menjadi kebutuhan bagi Lombok dalam menyambut ajang internasional berikutnya.

Iswandi menyampaikan, HIG juga sedang fokus dalam menambah jumlah hotel milik BUMN lain. HIG, ucap Iswandi, menargetkan jumlah hotel BUMN yang bergabung dalam HIG mencapai 50 hotel pada tahun ini. Saat ini, baru tercatat 28 hotel BUMN yang berada di bawah naungan HIG dari total 120 hotel BUMN.

"Tahun ini, diharapkan jadi 50 hotel. Insya Allah bisa tercapai karena dari Patra Jasa saja ada 11 hotel, lalu masih ada juga dari hotel-hotel BUMN karya," kata Iswandi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by INDONESIA TOURISM (inatourism)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

BSI Perkuat Penetrasi ke Pasar Global

Kantor perwakilan BSI Dubai ini menandai kehadiran bank pertama Indonesia di kawasan Timur Tengah.

SELENGKAPNYA

Bulog Siapkan Pengadaan Kedelai

Petani kedelai masih membutuhkan jaminan pasar dan stabilitas harga.

SELENGKAPNYA

IFG Tunggu Izin OJK Gunakan Dana Rp 6,7 Triliun

Total kebutuhan dana IFG Life merestrukturisasi polis eks Jiwasraya mencapai Rp 26,7 triliun. 

SELENGKAPNYA