Ilustrasi wirausaha. | ARI BOWO SUCIPTO/ANTARA FOTO

Bodetabek

Atasi Pengangguran, Disnaker Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Kewirausahaan akan membuka lapangan pekerjaan sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat.

TANGERANG — Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang menjadwalkan untuk menggelar 58 pelatihan kewirausahaan selama 2022. Kepala Disnaker Kota Tangerang Ujang Hendra menjelaskan, terdapat tujuh jenis pelatihan yang ditawarkan kepada masyarakat, yaitu content creator, digital marketing, sablon, reparasi sepeda, pembuatan makanan, hingga packaging produk.

Dia pun mengatakan, total peserta yang ikut dalam pelatihan kewirausahaan bisa mencapai 1.740 orang. Pada pelatihan berbasis kewirausahaan gelombang pertama di kantor LPK Geti, Gedung Great Western Resort, Kelurahan Panunggangan Utara, Kecamatan Pinang, tercatat ada 60 peserta yang ikut serta.

"Peserta terbagi menjadi dua kelompok, yaitu pelatihan digital marketing dan conten creator yang dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 22-24 Maret 2022. Peserta juga tetap bisa melakukan konsultasi yang berkelanjutan sampai peserta berhasil," kata Hendra saat ditemui seusai membuka pelatihan di lokasi, Rabu (23/3).

Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah mendorong peserta mengikuti pelatihan secara maksimal. Dia pun memberikan semangat kepada para peserta agar bisa memanfaatkan dirinya dan lingkungan sekitar untuk memajukan pembangunan di Kota Tangerang. 

"Tujuan kita sama, kita ingin kita sukses, kita ingin kota kita maju dan sejahtera. Untuk itu, dengan keterampilan yang kalian miliki, manfaatkan dengan sebaik-baiknya," katanya.

Arief berharap, program yang dicanangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang bisa untuk memutus jumlah pengangguran baru. Selain itu, ditargetkan peserta juga bisa sukses dalam membuka usaha di bidang yang diminati. Dia pun menekankan semua peserta untuk serius mengikuti pelatihan supaya mendapatkan ilmu bermanfaat.

"Saat ini yang kalian dapatkan baru sebatas pengetahuan, belum sampai ilmu. Ilmu itu nanti kita dapatkan di luar sana, maka agar menjadi orang yang berilmu di luar sana harus dipraktikkan agar mendapatkan kesuksesan," kata Arief.

Virtual job fair

Pemkot Tangerang juga memiliki program lain dalam mengentaskan pengangguran di kalangan masyarakat. Kali ini, Disnaker Kota Tangerang menggelar virtual job fair bulanan yang digelar pada Kamis (24/3). Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kota Tangerang Mualim menyatakan, tersedia ribuan lowongan pekerjaan yang bisa diperebutkan oleh para pencari kerja.

"Ada 2.472 lowongan yang dibuka dengan 79 formasi jabatan dari 25 perusahaan. Kualifikasi pendidikan pada virtual job fair ada 96 lowongan untuk lulusan strata satu, 755 lowongan untuk diploma tiga, 1.611 lowongan untuk SMA/SMK, dan 10 lowongan untuk lulusan SMP," ujar Mualim.

Beberapa formasi jabatan yang ditawarkan, di antaranya supervisor HRD, teknik elektrikal, maintenance workshop, staf PPIC, dan junior chemist. Ada pula operator produksi, account officer, auditor internal, supervisor gudang, serta staf akunting. Mualim pun mendorong masyarakat Kota Tangerang untuk dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dalam memperoleh pekerjaan.

Hal itu seiring dengan berangsur pulihnya kondisi pandemi Covid-19, yang membuat beberapa perusahaan mencari karyawan baru. Secara teknis, Mualim menjelaskan, calon pencari kerja dapat menyaksikan siaran langsung pemaparan 25 perusahaan yang membuka lowongan di channel Youtube Kota Tangerang, dengan terlebih dahulu mengakses aplikasi Tangerang Live. Setelah melakukan registrasi dan tanya jawab, dia menjelaskan, pencari kerja dapat memilih pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi dirinya.

"Pastikan akun Tangerang Live sudah terverifikasi, pastikan CV, kartu kuning, atau portofolio diri Anda juga sudah lengkap," ujar Mualim. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat