Ilustrasi Hikmah Hari ini | Republika

Hikmah

Kisah Inspiratif Kejujuran

Kejujuran akan menciptakan kebaikan.

Oleh HENDRA SUGIANTORO

OLEH HENDRA SUGIANTORO

Sesungguhnya kejujuran merupakan karakter mulia. Dalam kondisi apa pun dan di manapun, kejujuran harus senantiasa ditegakkan. Kejujuran akan menciptakan kebaikan.

Alkisah, Umar bin Khattab mengadakan perjalanan dan bersua dengan seorang anak yang menggembalakan kambing. Umar bin Khattab berkata, “Wahai anak kecil, juallah kambingmu kepadaku satu ekor saja.”

Kata si anak, “Kambing-kambing itu bukan milikku, melainkan milik majikanku.” Umar bin Khattab lantas berkata, “Katakan saja kepada majikanmu, salah satu kambingnya dimakan serigala.”

Si anak berkata, “Jika aku mengatakan kepada majikanku bahwa kambingnya dimakan serigala, lalu apa yang akan aku katakan kepada Tuhanku pada hari kiamat nanti?”

Mendengar jawaban itu, Umar bin Khattab menitikkan air mata dan meminta si anak mengantarkannya ke sang majikan untuk membebaskannya. Umar bin Khattab berkata, “Ucapanmu itu telah membebaskanmu di dunia. Aku berharap Allah membebaskanmu pula di akhirat. Insya Allah.”

Dengan berlaku tidak jujur, seorang penggembala pasti memperoleh keuntungan materi. Dengan membohongi majikan, urusan selesai. Namun, si anak penggembala tidak mau melakukannya, bahkan ingat akan pertanggungjawaban di akhirat kelak. Betapa indahnya kehidupan manakala kita bisa berlaku jujur seperti anak kecil penggembala kambing itu.

Dalam kisah lainnya, pada suatu malam, Umar bin Khattab yang tengah memeriksa kondisi rakyatnya merasa kelelahan. Ia pun bersandar ke dinding sebuah rumah dan tanpa sengaja mendengar suara seorang perempuan yang berkata kepada putrinya, “Wahai anakku, campurlah susu itu dengan air.” Sang putri menjawab, “Wahai ibuku, tidakkah engkau mengetahui apa yang ditekankan Amirul Mukminin?”

Putrinya melanjutkan, “Umar memerintahkan jangan mencampur susu dengan air.” Sang ibu lantas menimpali, “Campurlah susu itu dengan air, sesungguhnya kamu berada di sebuah tempat yang takkan dilihat oleh Umar.” Sang putri menyanggah, “Wahai ibuku, jika Umar tidak tahu, sungguh Tuhan Umar mengetahui. Demi Allah, aku tidak akan menaati-Nya di depan orang banyak, lalu mendurhakai-Nya di kala sendiri.”

Umar bin Khattab yang mendengar itu lantas menyuruh pelayannya menandai rumah si penjual susu. Pagi harinya, Umar bin Khattab mengumpulkan anak laki-lakinya: Abdullah, Abdurrahman, dan Ashim. Di antara ketiga anak ini, Ashim yang belum menikah. Umar bin Khattab pun menikahkan Ashim dengan putri penjual susu itu. Dari pernikahan ini lahirlah anak perempuan. Kelak anak perempuan ini melahirkan Umar bin Abdul Aziz.

Betapa kita harus malu dengan si putri penjual susu itu. Ia menegakkan kejujuran tidak karena pandangan manusia semata. Lebih dari itu, ia takut terhadap Allah SWT yang Maha Mengetahui. Ketaatan kepada Allah SWT tetap harus dinomorsatukan. Tidak ada ketaatan kepada makhluk dalam kemaksiatan kepada Allah SWT.

Kisah penuh hikmah di atas perlu kita jadikan cermin dalam memantapkan keimanan dan membangun akhlak mulia.

Wallahu a’lam.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat