Pekerja melakukan pekerjaan perbaikan jaringan listrik yang terputus akibat bencana tanah longsor di Klepu, Pringsurat, Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (15/2/2022). Guna melayani kebutuhan listrik masyarakat terdampak bencana tanah longsor PT PLN langsung | ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Ekonomi

PLN akan Bangun PLTB di Banten

Untuk tahap awal, PLN sudah melakukan pra-feasibility study (pra-FS) pembangunan PLTB ini di wilayah Pandeglang.

JAKARTA -- PT PLN (Persero) menggandeng French Development Agency (Agence Française de Développement/AFD) untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) di Banten. Pembangkit listrik dengan energi baru terbarukan (EBT) itu diestimasikan memiliki kapasitas 200 megawatt (MW).

Selain untuk memperkuat keandalan pasokan listrik, proyek pembangkit ramah lingkungan itu juga mendukung pencapaian target bauran EBT sebesar 23 persen pada 2025.

"Ini merupakan salah satu komitmen kami dalam mencapai target bauran energi yang juga sejalan dengan penurunan emisi global. PLTB Banten ini berpotensi menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 540 ribu ton CO2 per tahun" ujar Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo melalui keterangan tertulis, Rabu (16/3).

Darmawan menjelaskan, untuk tahap awal, PLN sudah melakukan pra-feasibility study (pra-FS) pembangunan PLTB ini di wilayah Pandeglang. Potensi angin yang bisa dikelola di wilayah ini mencapai 350 MW. Sebagai tahap pertama, PLN akan membangun PLTB dengan kapasitas 200 MW.

Darmawan mengatakan, pengerjaan proyek akan dimulai pada tahun ini. Dia menargetkan, PLTB sudah bisa beroperasi sepenuhnya pada 2025 mendatang.

"Kami sudah menyelesaikan pra-FS pada 2020. Ini merupakan salah satu pilot project pembangunan PLTB pertama di Jawa-Bali sehingga proyek ini sangat penting," kata Darmawan.

AFD sudah beberapa kali bekerja sama dengan Indonesia dalam mendorong terciptanya energi bersih dan pengurangan emisi karbon. Pada kerja sama dengan PLN kali ini, AFD akan membantu PLN dengan menyediakan bantuan teknis berupa studi kelayakan dan pengembangan kapasitas untuk teknologi yang relatif baru.

Hal itu diwujudkan dalam bentuk perjanjian kemitraan untuk Banten Wind Farm Power Development sebagai salah satu bentuk kontribusi terhadap transisi energi di Indonesia.

"Kerja sama ini tak hanya mempersiapkan PLTB agar berjalan optimal, tetapi juga menyiapkan SDM PLN agar meningkatkan kapasitas dengan transfer knowledge dari AFD," ujar Darmawan.

Hingga 2021, kapasitas terpasang PLTB di Indonesia mencapai 131 MW atau 0,2 persen dari bauran energi. Target pada 2025 mendatang, dengan masuknya PLTB Banten ini, maka tingkat bauran EBT khususnya di sektor pemanfaatan angin bisa meningkat hingga 7,7 persen.

Direktur Jenderal AFD Remy Rioux mengatakan, dukungan terhadap PLN melalui proyek PLTB ini akan disiapkan dengan strategi yang matang. Rioux menekankan akan melakukan mitigasi potensi risiko lingkungan, sosial, dan teknis menggunakan praktik terbaik.

“Studi ini akan menjadi bagian dari persiapan proyek infrastruktur yang sedang dipertimbangkan untuk dibiayai oleh AFD bersama dengan mitra lembaga-lembaga Eropa lainnya jika diperlukan,” ungkap Rioux. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

GoTo Alokasikan Dana IPO untuk Modal Kerja

GoTo harus banyak berinvestasi untuk membangun kekuatan infrastruktur teknologi.

SELENGKAPNYA

Surplus Dagang Berpotensi Mengecil

Impor pada tahun ini masih berpotensi terus meningkat.

SELENGKAPNYA

Antam Raup Laba Bersih Rp 1,86 Triliun 

Di tengah volatilitas pandemi Covid-19, Antam mampu menjaga kesinambungan produksi dan penjualan. 

SELENGKAPNYA