Ilustrasi fasilitas olahraga. Kota Tangerang kini membuka fasilitas olahraga sehingga memudahkan masyarakat menjaga kebugaran. | ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/aww.

Bodetabek

Pemkot Tangerang Buka Kembali Fasilitas Olahraga

Fasilitas olahraga menjadi tempat masyarakat menyegarkan pikiran dan menjaga kebugaran.

TANGERANG — Pemerintah Kota Tangerang melonggarkan pembatasan Covid-19 dengan membuka kembali fasilitas olahraga di Kota Tangerang. Warga Kota Tangerang kini bisa melakukan aktivitas di sejumlah fasilitas olahraga, seperti di Lapangan Ahmad Yani dan gedung gelanggang olahraga.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Kaonang mengatakan, pelonggaran itu sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, 3, dan 2. Kota Tangerang masuk dalam PPKM level 2 dengan sejumlah ketentuan baru, di antaranya fasilitas olahraga dioperasionalkan kembali.

“Pada PPKM kali ini untuk fasilitas publik yang menimbulkan keramaian dan kerumunan diperbolehkan buka dengan total kapasitas 75 persen,” ujar Kaonang dalam keterangannya, dikutip Ahad (13/3).

Dengan kembali dibukanya fasilitas olahraga, penerapan protokol kesehatan yang ketat harus tetap dilakukan. Hal itu di antaranya para pengunjung diwajibkan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

“Hanya pengunjung dengan kategori hijau pada aplikasi PeduliLindungi yang diperbolehkan masuk ke area fasilitas olahraga,” katanya.

photo
Warga berolahraga di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Ahad (13/3/2022). Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro mengungkapkan peralihan pandemi menuju endemi tidak bisa lepas dari dua hal, yaitu jumlah kasus harian dan angka kematian yang rendah, serta tingkat keterisian rumah sakit. - (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Dia menyebut, pihaknya menyiapkan skema masuk dan keluar pengunjung di lokasi fasilitas olahraga. Hal itu terutama berlaku di alun-alun Lapangan Ahmad Yani yang diketahui menjadi lokasi favorit warga untuk berolahraga ringan atau sekadar menikmati akhir pekan.

“Kami hanya sediakan dua pintu, yakni pintu masuk dan keluar. Ini dilakukan agar kita dapat memantau kedatangan pengunjung sehingga tidak ada lagi yang masuk tanpa masuk ke aplikasi PeduliLindungi,” kata dia.

Selain alun-alun Lapangan Ahmad Yani, fasilitas olahraga lainnya yang dibuka, di antaranya Stadion Benteng Reborn, enam stadion mini, Gedung Serbaguna Panunggangan, dan 28 gelanggang olahraga (GOR) serta gedung pemuda Tangerang.

“Fasilitas seperti alun-alun, masyarakat atau pengunjung bisa langsung datang. Namun, jika ingin menggunakan fasilitas lainnya bisa melalui aplikasi Tangerang Live untuk mengajukan peminjaman terlebih dahulu,” ujarnya.

Dengan adanya pelonggaran yang dilakukan terhadap sejumlah fasilitas olahraga, Kaonang mengimbau masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Warga juga diimbau menjaga seluruh fasilitas publik atau fasilitas olahraga yang ada, seperti tidak melakukan vandalisme atau perusakan. 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat