Sejumlah pekerja mengerjakan pengaspalan ulang tikungan ke-17 lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (5/3/2022). | ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.

Kabar Utama

Panitia MotoGP: Aspal dan Tribun Sudah Beres

Perhelatan MotoGP Mandalika ini berdampak luar biasa terhadap okupansi hotel di Lombok dan Bali.

JAKARTA – Beberapa perbaikan yang dikerjakan di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah rampung. Panitia penyelenggara memastikan semua persiapan sudah tuntas dan mereka siap menggelar ajang bergengsi balapan MotoGP seri kedua pada 18-20 Maret 2022 akhir pekan ini.

Wakil Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Cahyadi Wanda mengatakan, pengaspalan ulang berdasarkan evaluasi dan rekomendasi dari hasil tes pramusim MotoGP sudah 100 persen selesai. “Sudah dicek langsung oleh Pak Menteri,” kata dia saat dihubungi Republika, Ahad (13/3).

Selain itu, pembangunan tribun penonton pun sudah selesai, termasuk tempat duduk. Kemudian, jalan penghubung menuju sirkuit hampir selesai. Oleh karena itu, ia mengeklaim persiapan sudah hampir 100 persen menjelang GP Mandalika.

Untuk slot tiket pada 20 Maret atau hari balapan, kata Cahyadi, sudah ludes terjual dengan persentase pembeli 50 persen orang Indonesia dan 50 persen lainnya dari luar negeri. Adapun tiket kualifikasi dan latihan bebas belum terjual habis. Kendati demikian, menurut Cahyadi, tiket tersebut sudah terjual hampir 50 persen. “Jadi, yang datang nanti kemungkinan fifty-fifty,” katanya.

photo
Warga berswafoto dengan pembalap tim Pertamina di SPBU tematik MotoGP MT Haryono, Jakarta, Ahad (13/3/2022). Pertamina mengajak masyarakat berpartisipasi dalam program Kejar Selfie MotoGP yang digelar di setiap SPBU tematik MotoGP dalam rangka menyemarakan gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat pada 18-20 Maret 2022. Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

Cahyadi mengimbau penonton untuk menukarkan tiket sesegera mungkin, mengingat penukaran tiket mulai dibuka pada 16 Maret, demi menghindari antrean panjang. Titik-titik penukaran akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan.

Perhelatan ajang balap motor terbesar di dunia ini memberikan dampak luar biasa terhadap okupansi hotel di Lombok dan Bali. Menurut Cahyadi, banyak calon penonton juga menginap di Bali. Hotel di Lombok juga sudah penuh. Hanya hotel di Gili yang masih cukup banyak tersedia.

Menteri BUMN Erick Thohir mengaku puas melihat hasil perbaikan aspal lintasan Sirkuit Mandalika. Dia menyebut kondisi lintasan menjadi tambah baik dan indah. Akhir pekan kemarin, dengan ditemani Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan jajaran ITDC dan MGPA, Erick Thohir memeriksa detail kondisi aspal yang sepenuhnya sudah selesai diperbaiki pada 10 Maret 2022.

Sejumlah pembalap, termasuk pihak Dorna Sports, pada tes pramusim MotoGP beberapa waktu lalu meminta lintasan sirkuit diperbaiki. Permintaan tersebut pun langsung direspons. Tidak hanya perbaikan, lintasan sirkuit bahkan rutin dibersihkan untuk menghindari adanya material pasir dan debu di lintasan yang dapat mengganggu balapan.

BUMN Konstruksi, PT PP (Persero) Tbk, sebagai kontraktor utama pembangunan Sirkuit Mandalika menyebut telah menuntaskan pekerjaan pengaspalan ulang lebih cepat dari yang ditargetkan. Adapun pengaspalan ulang telah dimulai oleh PP sejak awal Maret dengan melakukan proses resurfacing atau penggantian aspal lapisan atas jenis stone mastic asphalt (SMA) setebal 4,5 sentimeter dengan aspal SMA yang baru sesuai dengan ketentuan dan spesifikasi.

Direktur Utama PT PP Novel Arsyad mengatakan, resurfacing telah dilakukan dari tikungan 16,5 hingga dengan tikungan 5,5 sepanjang 1,602 kilometer. PP telah melakukan resurfacing aspal sebesar 17,5 persen dari total panjang lintasan 4,302 km. Tak hanya tepat waktu, lanjut Novel, PP juga berusaha memberikan hasil dengan kualitas terbaik sesuai standar yang telah ditentukan pihak penyelenggara.

Dari sisi penerbangan, PT Angkasa Pura (AP) I memastikan 2.592 slot penerbangan telah tersedia di Bandara Internasional Lombok untuk mendukung pelaksanaan MotoGP 2022. Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan, sebanyak 609 slot telah terisi. “Masih ada sekitar 1.983 slot penerbangan yang tersedia untuk dapat dimaksimalkan oleh maskapai yang ingin mengajukan extra flight,” kata Faik.

Faik menjelaskan, selama periode 17-22 Maret 2022, Bandara Internasional Lombok diperkirakan melayani hingga 18.800 penumpang per hari. Angka tersebut meningkat lima kali jika dibandingkan rata-rata harian selama pandemi yang hanya 3.500 penumpang per hari.

photo
Truk membawa logistik untuk MotoGP usai bongkar muat dari pesawat kargo Boeing 777 Freighter Qatar Airways di Bandara Internasional Lombok (BIL), Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (9/3/2022). Pesawat dengan nomor penerbangan QR8062 dari Doha tersebut membawa logistik seberat 89.900 kg kargo berupa motor, mesin, dan perangkat lain yang akan digunakan pada MotoGP di Sirkuit Mandalika 18-20 Maret 2022. - (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.)

Untuk itu, Faik memastikan AP I juga akan mempersiapkan skenario operasional dan mitigasi potensi risiko. Langkah itu dilakukan guna memastikan kelancaran pelaksanaan MotoGP 2022 yang akan digelar di Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

Untuk mendukung kelancaran kedatangan seluruh pembalap, kru, official team, dan penonton, AP I menyiagakan 260 personel per giliran (shift). Petugas tersebut terdiri atas pegawai internal, seperti aviation security, terminal service officer, customer service, facility care, dan pihak eksternal, seperti petugas imigrasi, ground handling, bea cukai, KKP, panitia MGPA, dan Satgas Covid-19.

Faik memastikan, AP I dan seluruh stakeholders terkait berkomitmen memastikan kelancaran operasional dan mengantisipasi potensi risiko yang dapat memengaruhi kelangsungan perhelatan MotoGP 2022 yang menjadi area operator bandara. “Ini seperti kemungkinan terjadinya overcapacity, bahkan cuaca buruk yang menyebabkan pesawat tidak dapat mendarat dan lainnya,” kata Faik.

Atur bandara

Konsep mitigasi tersebut adalah one day trip dalam triangle area Bandara Internasional Lombok, Bandara I Gusti Ngurah Rai (Bali), dan Bandara Juanda (Surabaya). Mitigasi mencakup berbagai upaya, seperti seamless operating hours yang beroperasi 24 jam pada waktu pelaksanaan MotoGP.

photo
Pesawat kargo Boeing 777 Freighter Qatar Airways yang membawa logistik MotoGP tiba di Bandara Internasional Lombok (BIL), Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (9/3/2022). - ( ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww)

Pengelola juga akan mereposisi parkir pesawat apabila terjadi overcapacity pada konfigurasi parkir pesawat di apron Bandara Internasional Lombok. Apron yang tersedia di Bandara Internasional Lombok dapat menampung hingga 24 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat narrow body dan enam pesawat wide body.

Bandara I Gusti Ngurah Rai dapat menampung 31 pesawat dengan konfigurasi 20 pesawat small body, 18 pesawat narrow body, dan empat pesawat wide body. Sedangkan, Bandara Juanda dapat menampung 27 pesawat dengan konfigurasi 16 pesawat small body, delapan pesawat narrow body, dan tiga pesawat wide body.

“Bandara I Gusti Ngurah Rai dan Bandara Juanda juga akan berfungsi sebagai alternate aerodrome jika Bandara Internasional Lombok tidak beroperasi akibat cuaca buruk atau hal-hal yang berpotensi menghalangi landas pacu,” ujar Faik.

AP I akan berkoordinasi dengan pihak maskapai jika membutuhkan tambahan jumlah pesawat, fleet management, dan rotasi pesawat. Ia juga menyatakan kesiapan operator ground handling yang melayani rute-rute triangle tersebut. 

photo
Foto udara sejumlah pekerja mengerjakan pengaspalan ulang tikungan ke-17 lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (5/3/2022). - (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.)

AP I dan Kementerian Perhubungan juga menyediakan fasilitas shuttle bus gratis di Bandara Internasional Lombok. Sebanyak 31 bus dengan total kapasitas 925 kursi disiapkan untuk mendukung mobilitas pengguna jasa yang ingin menyaksikan MotoGP 2022 di Mandalika.

Pengamanan dimatangkan 

Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) mematangkan persiapan pengamanan jelang balapan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika akhir pekan ini. Wakil Kepala Polda NTB Brigjen Pol Ruslan Aspan mengatakan, persiapan dilakukan dengan menggelar simulasi Tactical Floor Game (TFG) dalam latihan praoperasional (Latpraops) Mandalika II Rinjani 2022.

“Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat menggelar TFG untuk memantapkan strategi pengamanan saat event internasional MotoGP di Sirkuit Mandalika agar para personel yang terlibat operasi kepolisian ini dapat mengantisipasi sedini mungkin segala potensi kerawanan yang dimungkinkan terjadi,” ujar Brigjen Ruslan, Ahad (13/3).

photo
Serba-serbi Sirkuit Mandalika - (Republika)

Brigjen Ruslan mengatakan, TFG untuk memastikan personel yang terlibat dalam operasi kepolisian ini memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai guna mendukung pengamanan. Sampai saat ini, persiapan terus dimatangkan dan diharapkan selama tiga hari gelaran MotoGP Mandalika semua berjalan lancar.

Polda NTB memprediksi jumlah pengunjung selama gelaran MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret mencapai 100 ribu orang. Puncak tertinggi angka pengunjung diperkirakan pada Ahad (20/3) saat balapan berlangsung. Polri bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyiapkan 3.472 personel untuk memastikan ajang balapan motor internasional aman dan terkendali.

Kepala Bidang Humas Polda NTB Kombes Artanto mengatakan, sejak pekan ini persiapan untuk pengamanan sudah mulai dilakukan. Rekayasa situasi dan lalu lintas pun demikian. Termasuk kerja sama dengan panitia penyelenggara dalam menyiapkan pos-pos pengamanan dan membantu pengunjung dari luar kota, menukarkan tiket masuk ke Sirkuit Mandalika.

“Diperkirakan akan ada 65 ribu hingga 100 ribu penonton yang hadir pada puncak balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika,” ujar Artanto. 

photo
Pembalap MotoGP berlatih start pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). - (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Dia memperkirakan, pengunjung kebanyakan dari luar kota, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum via bandara dan pelabuhan. Artanto menjelaskan, penambahan lokasi penukaran tiket pun sudah ditambah.

Panitia lokal, menurut Artanto, mendirikan pos di Bandara Selaparang dan gedung embarkasi haji Bandara BIZAM. Penukaran tiket hanya dapat dilakukan pada 15-17 Maret. Dari lokasi tersebut, akan disiapkan terminal bus khusus untuk menuju lokasi Sirkuit Mandalika ke Gate 1, 2, dan 3 pada 18-20 Maret.

Para pengunjung juga diprediksi memadati jalur laut via pelabuhan Padang Bai, Bali, dan Pelabuhan Lembar, di Lombok. Dari pintu masuk akses laut ini, menurut Artanto, tim pengamanan dari kepolisian akan mengarahkan para pengunjung ke Parkir Timur dan Parkir Barat Mandalika yang juga menjadi lokasi penukaran tiket.

General Manager PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Lembar, Muhammad Yasin, memperkirakan puncak pengunjung via kapal laut akan terjadi pada 19 Maret. Tercatat saat ini sudah 21.700 orang yang membeli tiket masuk MotoGP Mandalika, tetapi pembelian dilakukan di Bali. Itu artinya, dari data pembelian tiket akan ada sebanyak jumlah yang sama bakal masuk ke Lombok via Pelabuhan Lembar. 

Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Brigjen TNI (Purn) Alexander Ginting menyebutkan, penyelenggaraan dukungan kesehatan untuk MotoGP Mandalika terbagi di beberapa area. Pelaksanaannya akan berada di bawah kendali kepala Dinas Kesehatan NTB.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Kemenkes Pantau Perkembangan Varian Deltakron

Varian deltakron dikonfirmasi melalui pengurutan genom yang dilakukan para ilmuwan.

SELENGKAPNYA

Pelonggaran Aktivitas Bukan Berarti Pelonggaran Prokes

Jangan sampai karena pelonggaran aktivitas sehingga menganggap juga pelonggaran prokes.

SELENGKAPNYA

Jokowi dkk Berkemah di IKN

KSP menegaskan pembangunan Nusantara dirancang berkelanjutan di UU IKN.

SELENGKAPNYA