Menteri Luar Negeri Kamboja Prak Sokhonn (kiri) saat mengunjungi Indonesia pada 2018. | ANTARA FOTO

Internasional

Kamboja: KTT ASEAN-AS Ditunda

Pembicaraan ASEAN banyak menitikberatkan pada isu tentang Myanmar sebagai anggotanya.

PHNOM PENH -- Pertemuan tingkat tinggi (KTT) antara Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan para pemimpin Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) ditunda. KTT ASEAN-AS dijadwalkan bulan ini, namun penyelenggara akan mencari tanggal baru yang pas.

"Penundaan itu terjadi belakangan karena beberapa pemimpin ASEAN tidak dapat menghadiri pertemuan pada tanggal yang diusulkan," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Kamboja Prak Sokhonn pada Rabu (9/3).

Kamboja adalah ketua ASEAN tahun ini. AS telah mengumumkan KTT akan diadakan pada 28 dan 29 Maret dan AS menjadi tuan rumah KTT.

Pembicaraan ASEAN banyak menitikberatkan pada isu tentang Myanmar sebagai anggotanya. Pekan lalu, AS mengatakan, akan mengikuti jejak ASEAN yaitu hanya mengundang perwakilan nonpolitik dari Myanmar ke KTT ASEAN.

photo
Pemimpin Myanmars Senior Jenderal Min Aung Hlaing tiba di Sekretariat ASEAN di Jakarta, Sabtu (24/4/2021). - (AP/Muchlis Jr/Indonesian Presidential Palace)

"Amerika Serikat mendukung keputusan ASEAN untuk mengundang perwakilan non-politik dari Burma ke acara tingkat tinggi ASEAN," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, menyebut Burma untuk Myanmar.

"Kami juga telah memutuskan untuk mengundang perwakilan nonpolitik dari Burma ke KTT itu. Rezim telah gagal membuat kemajuan berarti dalam Konsensus Lima Poin ASEAN dan harus dimintai pertanggungjawaban," kata pejabat itu.

Junta melakukan kudeta pada 1 Februari 2021. Kemudian ASEAN melarang junta yang berkuasa di Myanmar dari pertemuan-pertemuan penting, Alasannya, junta gagal menerapkan rencana yang disepakati dengan blok tersebut untuk mengakhiri konflik di negara itu.

Akhir tahun lalu, ASEAN melarang junta yang berkuasa di Myanmar dari pertemuan-pertemuan penting atas kegagalannya untuk menghormati rencana yang disepakati dengan blok tersebut untuk mengakhiri konflik di negara itu.

Hal ini terjadi sejak para jenderal merebut kekuasaan yang telah menewaskan ratusan warga sipil, membuat lebih dari 300 ribu orang mengungsi, dan memicu eksodus perusahaan asing.

ASEAN sejak itu mengundang perwakilan nonpolitik Myanmar ke pertemuan, tetapi junta menolak dengan alasan bahwa mereka adalah otoritas yang sah. ASEAN belum secara resmi mengakui pemerintahan militer, yang antara lain menjadi sasaran sanksi yang dijatuhkan oleh AS, Inggris, dan Uni Eropa.

KTT Gedung Putih adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan keterlibatan dengan wilayah yang dianggap Washington penting bagi upayanya untuk melawan kekuatan Cina yang sedang tumbuh. Pemerintahan Biden telah menyatakan Indo-Pasifik dan persaingan dengan Cina sebagai fokus kebijakan luar negeri utama, yang ingin dipertahankan meskipun ada invasi Rusia ke Ukraina.

Prak Sokhonn sebagai utusan khusus ASEAN untuk Myanmar sebelumnya telah menetapkan jadwal untuk kunjungan ke Myanmar. Kantornya mengatakan pada Kamis (3/4) bahwa kunjungan Menlu Prak Sokhonn dijadwalkan pada 20-23 Maret.

Kendati begitu, juru bicaranya belum memberikan rincian pertemuan tersebut. ASEAN telah menetapkan konsensus lima poin tentang Myanmar meski hingga kini implementasinya tidak secara jelas terealisasikan. Lima poin konsensus itu menekankan dialog, bantuan kemanusiaan, dan diakhirinya kekerasan serta diizinkannya utusan khusus ASEAN bertemu dengan pihak-pihak terkait di Myanmar.

photo
Pengunjuk rasa antikudeta membawa poster bergambar Aung San Suu Kyi dalam demonstrasi di Yangoon, Myanmar, Selasa (2/3/2021). - (AP/STR)

Namun dewan militer yang berkuasa di Myanmar telah menunda pelaksanaan rencana tersebut, bahkan ketika negara tersebut telah tergelincir ke dalam situasi perang saudara. Satu hal yang mencuat adalah penolakan militer untuk mengizinkan utusan ASEAN bertemu dengan Aung San Suu Kyi, yang telah ditahan sejak pengambilalihan tahun lalu.

Kurangnya kerja sama Myanmar membuat ASEAN tahun lalu melarang pemimpinnya, Jenderal Senior Min Aung Hlaing, menghadiri pertemuan puncak ASEAN. Langkah seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya bagi badan tersebut.

Menurut pejabat Kamboja, militer Myanmar baru-baru ini memberikan izin kepada utusan ASEAN untuk bertemu dengan anggota lain dari partai Liga Nasional untuk Demokrasi pimpinan Aung San Suu Kyi. Namun, hampir semua pemimpin utamanya dipenjara, seperti Aung San Suu Kyi, atau bersembunyi untuk menghindari penangkapan.

Prak Sokhonn menjadi utusan khusus ASEAN setelah Kamboja menjadi ketua tahun ini untuk pengelompokan regional. Perdana Menteri Kamboja Hun Sen telah menyatakan minatnya untuk terlibat lebih dekat dengan para jenderal Myanmar.

Pada Januari ia menjadi kepala pemerintahan pertama yang melakukan kunjungan resmi ke Myanmar sejak tentara merebut kekuasaan. Dalam beberapa pekan terakhir, dia telah menyuarakan pesimisme bahwa krisis di sana dapat diselesaikan dalam waktu dekat.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Perang Rusia-Ukraina: Sisi Muslim (1)

Pemerintah Indonesia seolah gagap merespons invasi Rusia ke Ukraina.

SELENGKAPNYA

AS Larang Impor Minyak dan Gas Rusia

Krisis pasokan LNG ke Eropa menguntungkan segelintir eksportir raksasa, termasuk asal AS.

SELENGKAPNYA

Moeti, Perempuan Pertama Kepalai WHO Afrika

Di Afrika, wanita telah menderita secara tidak proporsional pada masa pandemi.

SELENGKAPNYA