Ilustrasi pohon tumbang. | ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Bodetabek

Tangerang Kerahkan Petugas untuk Bereskan Pepohonan Tumbang

Petugas pemkot Tangerang sudah membereskan batang pohon tumbang di tujuh lokasi.

TANGERANG — Badan Penanggulangan Bencana Daerah serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang di Provinsi Banten mengerahkan petugas untuk membereskan batang pepohonan yang tumbang dan menutupi bagian jalan. Hal itu dilakukan setelah fenomena angin kencang terjadi di beberapa wilayah tersebut.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang Abdul Munir di Tangerang, Ahad (6/3), mengatakan, pada Sabtu (5/3) petugas sudah membereskan batang pepohonan yang tumbang di tujuh lokasi di wilayah Kecamatan Panongan, Tigaraksa, Kelapa Dua, dan Pasar Kemis.

"Penanganan pohon tumbang ini bekerja sama dengan tim dari DLHK Kabupaten Tangerang. BPBD dan DLHK bersama-sama menerjunkan pasukan," katanya.

Menurut dia, petugas antara lain membereskan batang pohon yang tumbang serta menimpa bangunan rumah dan jaringan listrik di Desa Ciakar, Kecamatan Panongan, serta batang pohon tumbang yang menimpa rumah dan menutupi bagian jalan di Kelurahan Kadu Agung dan Desa Matagara, Kecamatan Tigaraksa.

"Selain itu, ada pohon tumbang di Kampung Carang Pulang RT 004/002, samping Perum Golden Stone, Kecamatan Kelapa Dua, yang mengakibatkan kabel listrik PLN menjuntai ke jalan raya," katanya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BPBD Kabupaten Tangerang (bpbd.kabtangerang)

Ia mengatakan, petugas juga mengangkat batang pohon yang tumbang dan menutupi bagian jalan di Kompleks Perum Legok Permai dan Pabuaran Kuta Baru, Kecamatan Pasar Kemis. "Kami juga dalam evakuasi dibantu warga, yang ikut bergotong royong membersihkan pohon tumbang," kata dia.

Fenomena angin kencang yang terjadi pada Sabtu (5/3) siang juga menyebabkan insiden pohon tumbang di Jalan Raya Padjajaran, Kelurahan Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten. Akibatnya, dua kendaraan tertimpa dan satu orang mengalami luka-luka. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tangsel Urip Supriatna mengatakan, kejadian pohon tumbang itu terjadi pada sekitar pukul 12.30 WIB. Insiden itu terjadi seiring dengan adanya angin kencang yang terjadi di wilayah Tangsel. 

"Penyebabnya, yakni hujan dengan intensitas sedang hingga deras disertai angin kencang yang mengakibatkan pohon tidak kuat untuk menahan," kata Urip.

Urip menuturkan, insiden pohon tumbang itu menyebabkan sejumlah kendaraan tertimpa pohon. Selain itu, juga mengakibatkan korban jiwa. "Dampak kejadian, dua unit mobil, yakni satu jenis truk tertimpa pohon yang tumbang dan satu jenis sedan. Jumlah jiwa yang terdampak ada satu jiwa, yakni sopir truk mengalami luka, yang bersangkutan dibawa ke RSUD Tangsel," katanya. 

Urip mengatakan, telah dilakukan penebangan pohon dan pengangkatan barang pohon yang menimpa kendaraan. "Pohon yang tumbang sudah ditebang dan berhasil diangkat dari mobil truk yang tertimpa," kata dia. 

BPBD Kota Tangerang mencatat ada sejumlah dampak yang terjadi akibat angin kencang meliputi pohon tumbang, gapura roboh, hingga atap bangunan rusak. Kepala BPBD Kota Tangerang Deni Koswara mengatakan, hujan petir disertai angin kencang yang terjadi pada sekitar pukul 12.05 WIB itu telah menyebabkan pohon tumbang. Insiden pohon tumbang terjadi di lima titik di Kota Tangerang. 

Titik-titik tersebut, yakni Jalan Veteran, Sukasari (Pos Polisi Tugu Adipura), Jalan Veteran Sukasari (SMK 2 Kota Tangerang, dan Jalan Irigasi Sipon RT/RW 004/006, Buaran Indah, Cipondoh. Juga di Jalan Parung Jaya, RT/RW 001/001, Parung Jaya, Karang Tengah, dan Jalan Villa Mutiara Pluit, Periuk. 

Angin kencang juga menyebabkan sejumlah infrastruktur mengalami kerusakan. Di antaranya billboard atau gapura serta atap rumah warga.

Selain gapura, sejumlah atap bangunan di beberapa titik juga mengalami kerusakan. "Atap bangunan rusak di dua lokasi. Satu, atap Pasar Lembang di Jalan Raden Fatah, Sudimara Selatan, Ciledug. Dua, atap rumah warga di Jalan H Em, Cikokol, Tangerang," ujarnya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat