Pemain Villarreal Arnaut Danjuma (kanan) merayakan keberhasilan mencetak gol dalam sebuah pertandingan. | AP Photo/Alberto Saiz

Olahraga

Villarreal di Atas Angin

Juv harus mengerahkan ekstra tenaga menghadapi Villarreal.

VILLARREAL -- Nuansa kesejukan terasa di kamar ganti Villarreal CF. Skuad polesan Unai Emery sedang bagus-bagusnya. Armada the Yellow Submarine tak terkalahkan dalam empat partai terakhir La Liga Spanyol musim 2021/22.

Selama periode tersebut, Daniel Parejo dan rekan-rekan, hanya sekali bermain imbang saat bertemu Real Madrid. Tiga laga lainnya berhasil dimenangkan.

Teranyar, Villarreal menaklukkan tuan rumah Granada, 4-1. Sebuah modal berharga menjelang duel berkelas di depan mata. Emery menegaskan, kubunya siap menghadapi berbagai tantangan.

"Kami berfokus untuk mencoba tampil sebaik mungkin di setiap pertandingan, konsisten, sambil menghormati lawan kami," kata entrenador 50 tahun tersebut, dikutip dari laman resmi klubnya.

Berikutnya, wakil negeri Matador itu menuju Eropa. Pasukan Kapal Selam Kuning akan bertemu Juventus pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions (UCL). Laga akan berlangsung di Estadio de la Ceramica, Rabu (23/2) dini hari WIB.

Villarreal di atas angin. Mereka berpeluang besar berjaya pada partai di depan mata. Pertama, karena anak asuh Emery sedang dalam kepercayaan diri tinggi. Kemudian, Pau Torres dkk tampil di kandang sendiri. Ada puluhan ribu penggemar di belakang mereka. Berikutnya, kubu tamu dipastikan tanpa amunisi terbaik.

Sebelumnya, Juve sudah kehilangan nama-nama berkelas seperti Federico Chiesa, Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci, serta Federico Bernardeschi. Peran Chiesa, Chiellini, dan Bonucci sangat vital dalam permainan Bianconeri. Tak hanya dari sisi teknis, tapi juga mentalitas.

Teranyar, Daniele Rugani dan Paulo Dybala ikut mendekam di ruang perawatan. Rugani maupun Dybala harus beristirahat hingga 10 hari ke depan. Alhasil, itu menjadi keuntungan tersendiri bagi tuan rumah.

Pada saat yang sama, pelatih si Nyonya Tua, Massimiliano Allegri harus memanfaatkan amunisi yang ada. Ia bisa mendorong Juan Cuadrado ke lini depan sebagai pengganti La Joya. Cuadrado mendampingi Alvaro Morata serta Dusan Vlahovic.

Kemudian, di sektor bek tengah, Danilo da Silva bermain di area tersebut. Danilo menemani Matthijs de Ligt. Selanjutnya, Mattia de Sciglio mengisi pos bek kanan. 

"Kami tidak khawatir tentang kondisi cedera yang menimpa tim kami. Ini tim yang kuat. Bahkan, mereka yang jarang tampil dapat melakukan hal-hal baik ketika turun ke lapangan," ujar De Ligt, dikutip dari laman resmi Juve.

Terlihat, palang pintu tim nasional Belanda ini menyuarakan pesan optimisme. Ia yakin semua penggawa Juve memiliki kapabilitas bermain di level tertinggi, tidak hanya pemain-pemain tertentu.

Menarik menantikan bagaimana Bianconeri mengatasi tantangan di depan mata. Jelas, klub tersebut tak ingin mengulang hasil yang sama. Dalam dua musim sebelumnya, langkah pasukan Hitam Putih di UCL terhenti di fase 16 besar.

Namun, Villarreal bukan lawan sembarangan. Pasukan Emery sangat kuat di kandang sendiri. Sejauh musim ini berjalan, hanya ada tiga tim yang bisa berjaya di Estadio de la Ceramica, yakni Osasuna, Manchester United, dan Barcelona.

photo
Pemain Villarreal Etienne Capoue (kanan) merayakan kemenangan setelah mencetak gol saat melawan Young Boys di Stadion Ceramica, Villarreal, Spanyol, Selasa 2 November 2021. - ( AP Photo/Alberto Saiz)

Prediksi Starting XI kedua tim: 

Villarreal (4-4-2):

Kiper: Sergio Asenjo: 

Bek kiri, kanan: Alfonso Pedraza, Juan Foyth

Bek tengah (kiri, kanan): Pau Torres, Raul Albiol

Sayap kiri, kanan: Alberto Moreno, Yeremi Pino

Gelandang tengah (kiri, kanan): Daniel Parejo, Manu Trigueros 

Penyerang kiri, kanan: Boulaye Dia, Arnaut Danjuma

Pelatih: Unai Emery

Juventus (4-3-2-1): 

Kiper: Wojciech Szczesny

Bek kiri, kanan: Alex Sandro, Mattia de Sciglio

Bek tengah (kiri, kanan): Matthijs de Ligt, Danilo da Silva

Gelandang kiri, tengah, kanan: Adrien Rabiot, Denis Zakaria, Manuel Locatelli

Winger kiri, kanan: Alvaro Morata, Juan Cuadrado

Penyerang: Dusan Vlahovic

Pelatih: Massimiliano Allegri

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Villarreal CF (villarrealcf)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat