Pemain PSG Kylian Mbappe mencetak gol dalam sebuah penalti melawan Nice di Stadion Parc des Princes di Paris, Prancis, 31 Januari 2022. | EPA-EFE/YOAN VALAT

Olahraga

Dua Jempol untuk Mbappe

Mbappe mencetak gol tunggal kemenangan 1-0 PSG atas Real Madrid di Parc des Princes.

PARIS -- Sinar Kylian Mbappe benderang saat Paris Saint-Germain (PSG) menghadapi Real Madrid pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions musim 2021/22. Mbappe mencetak gol tunggal kemenangan 1-0 PSG atas El Real di Parc des Princes, Paris, Rabu (16/2) dini hari WIB.

Setelah melakukan gempuran berulang-ulang, pesepak bola 23 tahun itu berhasil merobek jala kubu tamu beberapa detik sebelum duel berakhir. Tepatnya pada menit ke-94. Ia melakukan penetrasi dari kiri, mengacak-acak pertahanan Los Blancos, lalu memperdaya Thibaut Courtois.

Secara keseluruhan, tuan rumah unggul segalanya. Les Parisiens memiliki penguasaan bola mencapai 58 persen. Skuad polesan Mauricio Pochettino melepaskan 21 tembakan dengan delapan di antaranya tepat sasaran, termasuk penalti Lionel Messi yang ditepis Courtois pada menit ke-62. 

Sementara itu, Madrid hanya memiliki tiga peluang tanpa satu pun shot on target. Raksasa Prancis gemilang di segala area. Sorotan kamera lebih tertuju pada Mbappe. Ia konsisten menjadi pahlawan Les Rouge-et-Bleu.

"Kami sangat senang memiliki sedikit keuntungan ini, tetapi masih ada leg kedua yang akan datang,” kata jebolan akademi AS Monaco itu, dikutip dari Sports NDTV.

Ia terlihat menunjukkan ketenangan. Tak ada euforia berlebihan. Ia tetap mewaspadai kebangkitan El Real di Santiago Bernabeu nantinya. Keadaan demikian makin melengkapi kehebatan Mbappe.

Ia menjulang sendirian di klub yang memiliki para pemain kelas dunia seperti Messi, Neymar, Angel di Maria, hingga Marco Verratti. Sejauh musim 2021/22 berjalan, ia sudah mencetak 22 gol dan menyumbang 16 assist

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kylian Mbappé (k.mbappe)

Semua angkat jempol untuk penyerang sayap tim nasional Prancis itu. Mantan bintang Les Bleus Thierry Henry dibuat terpesona. Menurut Henry, kompatriotnya itu salah satu dari sedikit pemain yang membuatnya melompat dari kursi dan berteriak.

Artinya, ia takjub melihat cara Mbappe membuat lini belakang lawan kocar-kacir. Duet bek dilewati, Courtois pun dikolongi. Pada intinya, eks Barcelona itu selalu menyukai striker yang berani melakukan duel satu lawan satu dengan pemain lawan.

"Biarkan dia bermain. Mari kita nikmati, malam yang luar biasa, gol yang luar biasa. Saya yakin ini bukan yang terakhir," ujar Henry, sebagaimana ditulis laporan Daily Mail.

Kiper PSG Gianluigi Donnarumma juga bersuara. Ia seperti kehabisan kata-kata menyaksikan aksi rekan setimnya. Gigio sampai menyamakan penyerang 23 tahun itu dengan makhluk luar angkasa.

"Kylian Mbappe mamma mia. Dia alien, dia luar biasa," ujar mantan penjaga gawang AC Milan ini kepada Sky Sport.

Donnarumma mengaku menikmati penampilan jagoan Les Bleus itu di dalam dan di luar lapangan. Mbappe tak henti-hentinya membuat sensasi positif. Hasil dari perjalanan Les Parisiens musim ini seakan bergantung padanya.

Tak ketinggalan pelatih tim tamu, Carlo Ancelotti, juga bersuara. Ia angkat jempol melihat kreasi bintang tuan rumah tersebut. Mereka kecolongan pada menit terakhir injury time.

"Mbappe tak terbendung. Kami telah mencoba mengendalikannya dengan sangat baik, tapi dia pemain yang selalu menciptakan sesuatu," ujar Ancelotti. Namun, ia tak mau terlarut dalam kekecewaan. Peluang si putih untuk melaju tetap terbuka. Masih ada leg kedua di Bernabeu pada 10 Maret mendatang.

Don Carlo optimistis kubunya mampu membalikkan defisit satu gol. Dukungan publik di Santiago Bernabeu dipastikan menjadi amunisi bagi Madrid. Namun, akankah harapan itu menjadi nyata pada laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kylian Mbappé (k.mbappe)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat