Terdakwa kasus dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya Benny Tjokrosaputro saat jeda sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (5/8/2020). | Dhemas Reviyanto/ANTARA FOTO

Kisah Dalam Negeri

Saksi Punya Transaksi Efek Seusai Imbalan dari Benny Tjokro

Saksi pernah diimingi uang hingga Rp 10 juta untuk menyerahkan dokumen pribadinya kepada Benny Tjokrosaputro.

OLEH RIZKY SURYARANDIKA

Agus Hendro Cahyono hadir sebagai saksi dalam sidang lanjutan dugaan korupsi PT ASABRI dengan terdakwa Benny Tjokrosaputro pada Selasa (8/2). Agus mengungkapkan pernah diimingi uang hingga Rp 10 juta untuk menyerahkan dokumen pribadinya kepada Benny.

Dalam sidang ini, Agus mengaku mengenal dan punya hubungan keluarga dengan Benny. Okky Irwina Savitri yang merupakan istri Benny ternyata juga sepupu Agus. Selama ini, komunikasi yang terjalin hanya antara Agus dan Okky tanpa melibatkan Benny.

Agus menceritakan pernah ditawarkan Okky untuk membantu usaha Benny. Ia mengetahui Benny sebagai pebisnis sehingga tak ragu. Apalagi ia diimingi uang bila membantu Benny.

"Saya diminta KTP, NPWP. Saya berikan fotokopinya ke mbak Okky. Saya dijanjikan imbalan Rp 10 juta. Bilangnya uang terima kasih," kata Agus dalam persidangan yang berlangsung di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi Jakarta Pusat.

Walau demikian, Agus tak pernah mendapat informasi jelas mengenai bisnis yang dijalankan Benny dari bantuannya itu. Ia hanya mengetahui Benny pernah berbisnis batu bara, tanpa sempat mengkonfirmasi langsung. "Item usahanya apa nggak bilang," lanjut Agus.

Rasa heran baru dialaminya ketika ada surat tagihan dari petugas pajak. Ia bingung mengapa ada tagihan yang harus dibayarkannya walau tak melakukan transaksi yang disebutkan. Ia lantas mengklarifikasinya ke pihak Benny. Benny lalu membayarkan tagihan tersebut.

"Saya diminta datang ke kantor Pak Benny untuk urus pajak. Pak Benny suruh stafnya untuk hitung dan dibayarkan (tagihan pajak)," ujar Agus.

Agus juga baru mengetahui bahwa sudah ada nomor Single Investor Identification (SID) atas namanya. SID merupakan kode tunggal dan khusus yang digunakan nasabah, pemodal, dan atau pihak lain berdasarkan peraturan yang berlaku untuk melakukan kegiatan terkait transaksi efek.

"Saudara saksi pernah buka rekening efek sendiri?" tanya tim JPU.

"Enggak pernah. Tapi ada nomor SID nya," jawab Agus.

"Pak Benny pernah sampaikan gunakan identitas Anda untuk pembukaan rekening?" tanya tim penasihat hukum Benny.

"Hanya bilang untuk bantu usaha Pak Benny. Pajak yang timbul dari transaksi itu dibayarkan Pak Benny," jawab Agus.

photo
Suasana sidang lanjutan kasus korupsi ASABRI dengan terdakwa Heru Hidayat dan Lukman Purnomosidi di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (13/10/2021). - (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Sementara itu, Benny tak banyak menanggapi kesaksian Agus. Ia hanya merespons kesaksian Agus mengenai lini bisnisnya.

"Tidak ada pertanyaan. Saya agak bingung dibilang pengusaha batu bara. Saya ada tambang batu bara satu, tapi nggak produksi," kata Benny.

Benny Tjokrosaputro belum dijatuhi tuntutan dalam kasus korupsi PT ASABRI. Namun, sebelumnya ia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup dalam perkara korupsi PT Jiwasraya yang merugikan keuangan negara sebesar Rp 16,807 triliun. Benny juga diwajibkan membayar uang pengganti Rp 6 triliun.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat