Khabib Nurmagomedov. | X02835

Olahraga

Khabib Nurmagomedov tak Tergoda Rayuan Si Mulut Besar

Khabib Nurmagomedov memberikan tanggapan tentang tantangan Paul dalam acara podcast.

MIAMI -- Sosok Khabib Nurmagomedov masih menjadi daya tarik bagi banyak petarung untuk menjajal kekuatannya. Khabib yang merupakan mantan petarung seni bela diri campuran (MMA) dan mantan juara kelas ringan Ultimate Fighting Championship (UFC) sudah pensiun sejak terakhir kali tampil di atas ring pada 25 Oktober 2020. Pada laga terakhirnya, ia mengalahkan Justin Gaethje dalam pertarungan bertajuk UFC 254.

Masih banyak beberapa petarung yang ingin menantangnya lewat kode-kode atau menyampaikannya secara terbuka. Satu yang terbaru adalah tantangan dari influencer yang kini menjajaki dunia tinju, Jake Paul.

Dalam dunia tinju, Paul sukses menjadi salah satu sosok penghasil uang terbesar. Pada sebuah episode MMA Hour, tantangannya untuk melawan Khabib dalam pertarungan tarung bebas membuat namanya menjadi pembicaraan banyak pihak meski banyak yang menertawakannya.

Khabib memberikan tanggapan tentang tantangan Paul dalam acara podcast. Khabib tak terlalu merespons ajakannya bertarung dengan sosok yang dikenal sebagai si Mulut Besar itu. Pria kelahiran Dagestan, Rusia, tersebut mengatakan Paul tak mempunyai pengalaman di pertarungan MMA.

"Ya. Seperti halnya jika ingin bertarung di MMA karena dia tidak pernah bertarung di MMA, dia tidak memiliki pengalaman, kita bisa memberinya kesempatan. Kita bisa mengontraknya,” kata dia menanggapi tantangan Paul sekaligus menjawab pertanyaan kemungkinan Paul bergabung dengan Eagle FC, sebuah promotor tarung MMA milik Khabib, dilansir dari Low Kick MMA, Ahad (6/2).

photo
Khabib Nurmagomedov saat konferensi pers di Moskow, Rusia, 2 Desember 2020. - (EPA-EFE/Yuri Kochetkov)

Eagle FC melakukan debut promosinya di Miami, AS, pekan lalu. Ia menjelaskan, untuk sementara, Eagle FC dalam beberapa hal merupakan liga pengembangan untuk UFC.

Khabib mengabaikan tantangan Paul. Ia merasa tak mungkin melayani Paul. Namun, ia menegaskan, Eagle FC akan terbuka menandatangani kontrak Jake Paul dan memberinya kesempatan bertarung di oktagon.

Khabib mengaku telah mengikuti perkembangan karier Paul dan melihat video terbaru yang diunggah tentang dia yang sedang menyempurnakan permainannya tinjunya. Jawaban-jawaban Khabib menanggapi tantangan Paul tampak membuat kemungkinan the Eagle akan kembali bertarung sangat tipis.

Kendati demikian, tak ada yang tak mungkin dalam olahraga ini. Pasalnya, sudah ada beberapa kasus bahwa petarung yang menyatakan pensiun kemudian kembali lagi ke ring pertarungan. Conor McGregor salah satu petarung yang kembali bertarung setelah menyatakan pensiun.

Namun, melihat alasan Khabib pensiun, akan sulit untuk membujuknya kembali bertarung. Alasan agar keluarganya tak tertekan dengan pertarungan akan mengokohkan keinginannya untuk pensiun. Bahkan, bujukan Presiden UFC Dana White dengan iming-iming uang besar pada awal Khabib menyatakan pensiun tak dihiraukan oleh sang petarung.

Khabib tercatat sebagai salah satu petarung kelas ringan UFC terbesar. Ia memiliki catatan tak terkalahkan dalam 29 pertarungan dan mampu mempertahankan gelar juara sebanyak tiga kali.

Sementara itu, Jake Paul terus menebar tantangan seusai meraih kemenangan atas Tyron Woodley dalam pertarungan tinju Desember tahun lalu. Seakan membuktikan kekuatan dirinya, ia menantang beberapa legenda, seperti Mike Tyson, Conor McGregor, dan Khabib sendiri. Ia percaya diri bisa menaklukkan MMA seperti ia menaklukkan ring tinju. "Ayo datang kemari dan bertarunglah," kata dia.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat