ILUSTRASI Dalam Alquran disebutkan bahwa umat Islam memiliki sifat moderat, yakni ummatan wasathan. | DOK FLICKR

Khazanah

Watak Umat Islam

Allah menyebut tiga karakteristik umat Islam, yakni pertengahan, penyeimbang, dan terbaik.

OLEH HASANUL RIZQA

Dalam Alquran, sebanyak 64 kata ummah tersebar di 13 surah. Jumlah itu lebih banyak dari kata Islam yang “hanya” disebut delapan kali dalam Kitabullah.

Umat berarti suatu komunitas. Mereka terikat kesamaan identitas, terutama dalam hal agama. Menurut bahasa Arab, kata ummah berasal dari umm, yang berarti ‘ibu'.

Ada pula yang memandang, ummah berakar dari amma. Maknanya, ‘bergerak ke depan'. Dengan demikian, komunitas yang disebut umat idealnya hidup berkemajuan.

Allah menyebut tiga karakteristik umat Islam, yakni pertengahan (ummatan wasathan), penyeimbang (ummatan muqtashidah), dan terbaik (khairu ummah). Ketiga sifat itu dijelaskan berturut-turut pada Alquran surah al-Baqarah ayat 143, al-Maidah ayat 66, dan Ali Imran ayat 110.

Moderat

Ummatan washatan bersikap, berpikiran, dan berperilaku pertengahan. Sifat itu sejalan dengan moderat, adil, dan proporsional. Mereka berada di tengah-tengah, antara meteriel dan spiritual, serta orientasi dunia dan ukhrawi.

Kaum Muslimin meyakini adanya akhirat, tetapi tidak hidup terisolasi dari perkembangan dunia. Mereka berupaya meraih ketenangan jiwa, tanpa mengabaikan kebutuhan jasmani, semisal makan, minum, meneruskan keturunan, dan sebagainya.

Menurut Ibnu Taimiyah, Islam adalah agama jalan tengah. Para nabi, rasul, dan orang-orang saleh dipandang mulia, tetapi tidak lantas dijadikan sesembahan. Sikap moderat juga ditunjukkan dalam mengamalkan syariat. Tidak mengharamkan yang halal. Tidak pula menghalalkan yang haram, seperti yang sering dilakukan kaum Yahudi.

photo
ILUSTRASI Kaum Muslimin seyogianya merawat dan menjaga sifat amar maruf, yakni mengobarkan semangat dan berbuat kebajikan. - (DOK REP Wihdan Hidayat)

Amar Makruf

Sayyid Quthb berpandangan, umat Islam dapat memegang kendali kepemimpinan dunia (al-qiyadah al-basyariyah) apabila benar dari segi akidah, ibadah, serta berdaya dalam politik dan ekonomi. Kondisi ideal itu pernah tercapai pada masa Rasulullah SAW, generasi sahabat, tabiin, dan tabiut tabiin.

Salah satu prasyarat untuk mencapai cita-cita itu ialah amar makruf. Maknanya, mengimbau pada kebajikan. Caranya dengan tetap mengedepankan sopan santun, sikap arif bijaksana, serta sabar.

Sebab, perubahan memerlukan proses. Kehidupan Nabi SAW membuktikan hal itu. Dakwah yang dilakukannya terjadi secara bertahap hingga akhirnya seluruh Jazirah Arab memeluk Islam.

photo
ILUSTRASI Mencegah kemungkaran adalah perangai yang hendaknya dimiliki setiap Muslim. - (DOK PXHERE)

Cegah Kemungkaran

Di samping amar makruf, yang juga menjadi watak kaum Muslimin ialah nahi munkar. Artinya, melakukan pencegahan supaya kemungkaran tidak terjadi atau merebak.

Dalam pengertian modern, nahi munkar sepadan dengan proses liberasi, yakni ikhtiar membebaskan manusia dari kezaliman. Dalam melakukan usaha itu, cara-cara yang ditempuh harus proporsional.

Sebab, dakwah itu mengajak, bukan mengejek. Merangkul, bukan memukul. Menasihati, bukan maki-maki. Dengan begitu, citra Islam sebagai ajaran yang rahmatan lil ‘alamin dapat kian dikenal.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat