Diduga pelaku pemerasan yang berpura-pura menjadi korban kecelakaan | Youtube

Jakarta

Pemeras Modus Korban Tabrakan di Video Viral Diringkus

Si pemeras memanfaatkan bekas luka di kakinya untuk melancarkan tindak pidana.

 

JAKARTA – Pria yang diduga pelaku pemerasan dengan modus mengaku korban tabrak lari ditangkap polisi dari Polres Metro Jakarta Timur. Sebelumnya, pria itu muncul di sebuah video viral dalam media sosial saat melancarkan aksinya di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

“Iya betul (pria diduga pelaku pemerasan) telah kita tangkap,” ujar Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Budi Sartono saat dikonfirmasi, Ahad (30/1).

Namun, Kombes Budi belum menjelaskan, secara detail mengenai kasus terkait penangkapan diduga pelaku pemerasan tersebut. Dia hanya menyebut pihaknya dalam waktu dekat akan menggelar konferensi pers terkait kasus itu.

Sebelumnya, tindak pidana pemerasan dengan modus korban tabrak lari viral di media sosial. Polisi meminta agar masyarakat tidak mudah terprovokasi dan tidak main hakim sendiri jika ada orang yang menghentikan kendaraan dan mengaku korban tabrak lari.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan, meminta agar masyarakat bersikap responsif jika melihat aksi pemerasan itu dengan melapor ke pihak berwajib. Ia juga meminta agar masyarakat bersikap dewasa dan tidak gampang dihasut oleh pelaku pemerasan tersebut.

“Laporkan kepada polisi apabila mengetahui adanya pelanggaran hukum yang diketahui oleh masyarakat. Percayakan penegakan hukum kepada polisi,” ujar Zulpan saat dihubungi awak media, Sabtu (29/1).

Menurut dia, pelaku pemerasan dengan modus pura-pura korban tabrak lari itu berupaya menghasut masyarakat untuk menakuti korban. Karena itu, Zulpan meminta supaya masyarakat yang berada di lokasi kejadian tidak melakukan penghakiman sendiri.

“Jangan mudah terprovokasi dengan ajakan yang belum diyakini kebenarannya. Jangan main hakim sendiri,” kata Zulpan.

Sebuah video diduga aksi pemerasan modus pura-pura korban tabrak lari viral di media sosial. Diduga, peristiwa itu terjadi di depan PP Plaza, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (26/1). Dalam video itu, terlihat dua pria berboncengan menggunakan sepeda motor berupaya mengejar dan menghentikan kendaraan roda empat.

Kemudian, pria itu turun dan mengadang sembari menunjuk-nunjuk ke mobil yang dituju. Setelah berada di depan mobil yang dikejarnya, tiba-tiba dia terpincang-pincang. Pria itu juga sempat memberitahu warga bahwa dirinya merupakan korban tabrak lari.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by POLRES METRO JAKARTA TIMUR (polresmetrojaktim)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat