Ilustrasi Covid-19 varian omikron | Pixabay

Jakarta

24 Jan 2022, 11:07 WIB

Riza: DKI Tetap Berjuang Lawan Omikron

Diperkirakan puncak kasus omikron di DKI Jakarta terjadi pada Maret ini.

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berjanji bersama pemerintah pusat tetap berjuang menghadapi kasus penularan Covid-19 varian omikron di Ibu Kota. Saat ini, kasus omikron di DKI Jakarta sudah mencapai 1.027 kasus. 

"Tentunya ini menjadi perhatian kita bersama, tidak bermaksud menganggap enteng apalagi membiarkannya. Kami bersama-sama pemerintah pusat, satgas pusat, seluruh jajaran, serta masyarakat selalu bersatu dan berjuang menghadapi pandemi Covid-19 khusus varian omikron yang semakin meningkat," kata Riza, akhir pekan lalu.

Dari catatan yang dimiliki, Riza mengatakan, dari 1.027 orang yang terpapar omikron, 747 orang memiliki riwayat perjalanan luar negeri, sedangkan 280 lainnya adalah kasus transmisi lokal. Lebih lanjut, Riza juga menyampaikan Presiden Joko Widodo dan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sudah mengingatkan puncak kasus omikron akan terjadi pada Maret 2022.

"Sudah disampaikan Pak Luhut, Pak Jokowi, BNPB, Pak Gubernur semua memang ada peningkatan sampai dengan pertengahan bahkan di Maret puncaknya. Karenanya untuk menanggulanginya adalah dengan tetap berdiam di rumah," ujar dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pemprov DKI Jakarta (dkijakarta)

Kemudian, penting untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan secara ketat disiplin dan bertanggung jawab. "Mari kita mengajak para orang tua, kakek-nenek kita yang memenuhi syarat, kita dorong (vaksinasi). Kalau perlu, kita ajak, kita antar untuk mendapatkan vaksin di tempat-tempat yang telah disediakan," kata Riza menambahkan.

Berdasarkan data terbaru dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta, untuk vaksinasi booster di Jakarta, hingga 21 Januari 2022, yang tervaksinasi ada 255.868 orang. Untuk jumlah kasus aktif di Jakarta naik sejumlah 834 kasus, sehingga jumlah kasus aktif kini sebanyak 6.476 orang (yang masih dirawat/isolasi).

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia, mengatakan, dari total kasus Covid-19 di DKI yang ada, 5.890 orang atau 75,1 persen merupakan kasus transmisi lokal. Sisanya, kata dia, pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

“Dari 1.825 orang, 1.528 di antaranya (83,7 persen) juga merupakan transmisi lokal," kata Dwi.

Sementara itu, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus bergulir, baik vaksinasi dosis kesatu, dosis kedua, maupun dosis ketiga atau booster. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Tangsel, realisasi vaksinasi Covid-19 dosis satu telah menyasar sebanyak 1,05 juta jiwa atau 97,8 persen dari target sebanyak 1,07 juta jiwa.

Adapun capaian vaksinasi dosis kedua sebanyak 797.824 jiwa atau terealisasi 74,3 persen dari target yang sama. "Sedangkan realisasi vaksinasi ketiga atau booster sebanyak 23.996 jiwa atau 2,3 persen dari target," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Allin Hendalin Mahdaniar.

Allin memastikan, pihaknya terus menggencarkan kegiatan vaksinasi Covid-19. Terlebih Tangsel diketahui menjadi salah satu wilayah penyebaran omikron yang tinggi di Indonesia."Kita harus siap-siap mungkin Februari puncaknya (kasus omicron). Pokoknya yang terus kita gencarkan, selain 3T dan 5M, juga vaksinasi Covid-19," kata dia.

Sedangkan Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menyatakan jumlah warganya yang sudah divaksinasi sudah mencapai 2.116.837 jiwa atau setara 87,55 persen dari total sasaran vaksinasi sebanyak 2.417.794 orang.

"Capaian ini berdasarkan laporan fasilitas kesehatan hingga tadi malam sekaligus menempatkan Kabupaten Bekasi sebagai daerah dengan total suntikan terbanyak se-Jawa Barat dengan capaian 3.750.707 suntikan," kata Wakil Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi Masrikoh, Ahad.

Vaksinasi dosis kedua di Kabupaten Bekasi kini telah menjangkau 1.614.610 jiwa atau setara 66,78 persen dari total sasaran vaksinasi di daerah itu. "Kalau vaksinasi dosis ketiga atau penguat (booster) baru mencapai 19.260 warga," kata Masrikoh.

photo
Warga berolahraga di jalur pedestrian Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Ahad (23/1/2022). Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan selaku Koordinator PPKM Jawa-Bali memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap membatasi aktivitas di luar rumah seiring peningkatan kasus terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron di Indonesia. - (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.)

Antisipasi 

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko menggelar kerja bakti dan penyemprotan disinfektan di lokasi terdampak banjir kawasan Kelurahan Tegal Alur, Kalideres. Hal ini bertujuan untuk menghindari potensi penyebaran berbagai penyakit.

"Kita melakukan kegiatan kerja bakti sekaligus kita melakukan penyemprotan disinfektan baik itu di jalan raya maupun di permukiman. Kami melakukan kegiatan ini dalam rangka mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi pascagenangan yang menumpuk tinggi kemarin," kata Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko.

Dalam kegiatan tersebut, Pemerintah Kota Jakarta Barat juga membawa tim medis untuk memastikan kondisi kesehatan warga yang terdampak banjir. "Sampai saat ini terutama masih ada satu titik yang memang daerahnya ini sama dengan permukaan banjir Kali Semonggol jadi masih ada tergenang sekitar 5-10 sentimeter ya. Pengungsi dari 250 ada sekitar tinggal 70-an orang," ujar dia.


×